Tugas M5
KB1: Model-Model Pembelajaran
Tugas:
1. Identifikasilah berbagai tahapan (syntak) yang dilaksanakan oleh guru pada
kegiatan pembelajaran dalam video tersebut!
Tahapan (syntak) yang dilaksanakan
guru pada kegiatan pembelajaran dalam video tersebut yaitu :
1. Berdoa sebelum memulai pembelajaran.
Penumbuhan karakter dan sikap spiritual.
2. Guru melakukan pembiasaan penumbuhan
karakter kebersihan dan kerapihan.
3. Guru menyampaikan kompetensi dasar
(materi) dan tujuan pembelajaran.
4. Guru melakukan Pre test secara
klasikal atau mengajukan pertanyaan langsung mengenai materi pelajaran
sebelumnya.
5. Guru melakukan pengelompokan siswa
6. Guru menampilkan slide mengenai
materi pelajaran.
7. Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk mengidentifikasi masalah yang
ada pada slide tersebut. (sintak 1)
8. Setelah mengemukakan pendapat, siswa kemudian menetapkan masalah. (sintak 2)
9. Siswa
berdiskusi dan
berkolaborasi mengenai pemecahan masalah atau mengembangkan solusi dengan
mengumpulkan informasi atau pendalaman materi melalui berbagai sumber literasi baik
itu dari buku maupun internet. (sintak 3)
10. Setelah berdiskusi, siswa/kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasilnya dengan melakukan tindakan strategis. (sintak 4)
11. Guru
melihat ulang dan mengevaluasi dengan member kesempatan kepada kelompok lain untuk
menanggapi hasil presentasi kelompok sebelumnya. (sintak 5)
12. Guru bersama siswa menarik suatu kesimpulan.
13. Guru melakukan post test dengan bertanya langsung kepada siswa untuk mengetahui
sejauhmana pengetahuan siswa mengenai materi atau ketercapaian tujuan
pembelajaran.
14. Berdoa setelah selesai pembelajaran.
2. Berdasarkan sintak pembelajaran
yang teridentifikasi, tentukan nama model pembelajaran yang diperagakan atau
diterapkan oleh guru dalam video tersebut.
Nama model pembelajaran yang
diperagakan oleh guru pada video tersebut adalah model pembelajaran Problem Based learning atau Pembelajaran
Berbasis Masalah. Hal ini dapat dilihat dari sintaknya yaitu guru memberikan
suatu masalah kemudian siswa berembuk secara berkelompok untuk mendapat solusi
dari masalah tersebut.
3. Susunlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) suatu tema atau pokok
bahasan tertentu (sesuai bidang tugas mengajar Anda) yang menerapkan (nama)
model pembelajaran pada video yang Anda amati.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Satuan pendidikan : SD Inpres Kelapa Tiga I
Kelas/Semester : IV/I
Tema/Sub Tema : 2. Selalu Berhemat Energi/3. Gaya dan
Gerak
Pembelajaran : 4
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar
IPA
3.3 Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan,
serta mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel
dan grafik
Indikator
Mengidentifikasi tentang gaya gravitasi dalam aktivitas sehari-hari
SBdP
3.5 Mengetahui berbagai alur cara dan pengalahan media karya kreatif
4.14 membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses
pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan
Indikator
Membuat parasut untuk menunjukkan pengaruh gaya gravitasi dalam kehidupan
sehari-hari
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
Menggali informasi tentang
unsur-unsur cerita dari teks cerita
IPS
3.5
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
4.5
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
Indikator
Menjelaskan
cara berinteraksi dengan orang lain di sekolah
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah melakukan percobaan, siswa
mampu menyimpulkan tentang gaya gravitasi dengan benar.
2.
Dengan mengamati langkah-langkah
pengerjaan, siswa dapat membuat parasut sesuai dengan runtutan yang benar.
3.
Setelah bermain parasut, siswa dapat
menceritakan kembali kegiatan bermain mereka dengan memperhatikan unsur-unsur
cerita dalam sebuah karangan.
4.
Dengan membuat refleksi sikap, siswa
dapat menuliskan cara berinteraksi yang baik dengan orang lain.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Gerak dan gaya gravitasi
2.
Membuat mainan parasut
3.
Unsur dari sebuah cerita
4.
Cara berinteraksi dengan orang lain
E. Metode,
Pendekatan, dan Model Pembelajaran
1.
Metode : Diskusi, Tanya jawab
2.
Pendekatan : Scientifik (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar,
dan mengomunikasikan)
3.
Model : Problem based
learning
F. Media,
Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media : Mainan Parasut, Cerita
Pengalaman Siswa
2.
Alat : Kertas HVS,
Bulpoin, Kelereng, Kapas, Bahan-bahan Mainan Parasut
3.
Sumber Belajar : Buku Siswa
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.
Guru mengawali pembelajaran dengan mengucap salam dan mengajak siswa berdo’a.
2.
Guru menanyakan kabar dan megecek kehadiran siswa.
3.
Guru mengulas materi pelajaran sebelumnya dan menyambungkannya dengan sebuah
motivasi untuk siswa.
Orientasi siswa kepada masalah
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
5.
Guru menyampaikan masalah untuk dipecahkan siswa: “Mengapa benda kalau jatuh
selalu ke bawah?”
6.
Siswa secara aktif menjawab dari permasalahan tersebut
Kegiatan
inti (60 menit)
1.
Guru menyuruh siswa untuk membaca teks yang ada di buku siswa, dan siswa
diminta untuk menggarisbawahi informasi-informasi penting yang ada.
2.
Guru menyuruh siswa melakukan percobaan untuk mengetahui gaya gravitasi dengan
menggunakan benda-benda yang ada di kelas.
Mengorganisasikan
siswa
3.
Guru menyuruh siswanya untuk berkelompok dengan teman sebangkunya
4.
Setiap kelompok melakukan percobaan sebagai berikut:
a.
Percobaan pertama dengan menggunakan 2 lembar kertas HVS. 1 lembar kertas diremas
dan kertas yang satunya masih utuh. Lalu kedua kertas tersebut dijatuhkan
secara bersamaan dari ketinggian yang sama.
b.
Percobaan kedua dengan menggunakan 2 buah bulpoin yang sama, lalu
menjatuhkannya dari ketinggian yang berbeda.
c.
Percobaan ketiga dengan menggunakan kelereng dan kapas, kemudian menjatuhkannya
secara bersama-sama dari ketinggian yang sama.
5.
Dari ketiga percobaan tersebut siswa disuruh mengamati gerak jatuh dari benda
tersebut, dan benda manakah yang jatuh ke tanah terlebih dahulu!
Membimbing
penyelidikan
6.
Guru mengawasi kegiatan belajar siswa
7.
Siswa mengisi tabel pengamatan dan menjawab pertanyaan yang ada di selembar
kertas yang telah diberikan oleh guru dan mengumpulkannya di meja guru. (Penilaian)
8.
Guru menyuruh siswa untuk membuat mainan parasut dengan alat dan bahan yang
sudah disiapkan oleh guru dengan teman sebangkunya.
9.
Guru memastikan bahwa siswa dapat memahami instruksi yang ada di buku siswa. (Penilaian)
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
10. Guru menyuruh
siswanya untuk berdiskusi tentang hubungan permainan perasut dengan gaya
gravitasi.
11. Siswa diminta
untuk menceritakan pengalamannya bermain parasut dengan memperhatikan bahasa
Indonesia yang baik dan benar dan memperhatikan unsur-unsur ceritanya.
12. Dalam kegiatan
bercerita, siswa juga menjelaskan tentang sikap yang harus ditunjukan saat
bermain parasut dan manfaat yang diperoleh dari mempraktikkan sikap itu. (Penilaian)
Kegiatan penutup (15 menit)
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai pembelajaran hari ini
2.
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dengan cara menjawab permasalahan yang
ada diawal pembelajaran
3. Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat (refleksi) yang
berhubungan dengan pembelajaran yang diikuti
4.
Siswa diminta untuk mengerjakan soal evaluasi
5. Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati perbedaan karakteristik temannya
6.
Guru menutup pembelajaran dengan doa bersama dan salam penutup.
I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap :
percaya diri, disiplin, teliti dan peduli lingkungan
b. Unjuk kerja :
melakukan percobaan, menceritakan pengalaman
c. Penilaian pengetahuan : mengisi tabel pengamatan dan menjawab
pertanyaan
berdasarkan
percobaan yang dilakukan siswa,
mengerjakan soal evaluasi
2. Bentuk Instrumen Penilaian : Format pengamatan, isian
Makassar, 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Hj. Nahidha Mallapiang, S.Pd Hasmidar
Nip. Nip.
No comments:
Post a Comment