Monday, March 29, 2021

 

Tugas M5 KB1: Model-Model Pembelajaran

Tugas:
1. Identifikasilah berbagai tahapan (syntak) yang dilaksanakan oleh guru pada kegiatan pembelajaran dalam video tersebut!

Tahapan (syntak) yang dilaksanakan guru pada kegiatan pembelajaran dalam video tersebut yaitu :

1.      Berdoa sebelum memulai pembelajaran. Penumbuhan karakter dan sikap spiritual.

2.      Guru melakukan pembiasaan penumbuhan karakter kebersihan dan kerapihan.

3.      Guru menyampaikan kompetensi dasar (materi) dan tujuan pembelajaran.

4.      Guru melakukan Pre test secara klasikal atau mengajukan pertanyaan langsung mengenai materi pelajaran sebelumnya.

5.      Guru melakukan pengelompokan siswa

6.      Guru menampilkan slide mengenai materi pelajaran.

7.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi masalah yang ada pada slide tersebut. (sintak 1)

8.      Setelah mengemukakan pendapat,  siswa kemudian menetapkan masalah. (sintak 2)

9.      Siswa berdiskusi dan berkolaborasi  mengenai pemecahan masalah atau mengembangkan solusi dengan mengumpulkan informasi atau pendalaman materi melalui berbagai sumber literasi baik itu dari buku maupun internet. (sintak 3)

10.  Setelah berdiskusi, siswa/kelompok  diberi kesempatan untuk mempresentasikan  hasilnya dengan melakukan tindakan strategis. (sintak 4)

11.  Guru melihat ulang dan mengevaluasi dengan member kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi kelompok sebelumnya. (sintak 5)

12.  Guru bersama siswa menarik suatu kesimpulan.

13.  Guru melakukan post test dengan bertanya langsung kepada siswa untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan siswa mengenai materi atau ketercapaian tujuan pembelajaran.

14.  Berdoa setelah selesai pembelajaran.

2. Berdasarkan sintak pembelajaran yang teridentifikasi, tentukan nama model pembelajaran yang diperagakan atau diterapkan oleh guru dalam video tersebut.

Nama model pembelajaran yang diperagakan oleh guru pada video tersebut adalah model pembelajaran Problem Based learning atau Pembelajaran Berbasis Masalah. Hal ini dapat dilihat dari sintaknya yaitu guru memberikan suatu masalah kemudian siswa berembuk secara berkelompok untuk mendapat solusi dari masalah tersebut.


3. Susunlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) suatu tema atau pokok bahasan tertentu (sesuai bidang tugas mengajar Anda) yang menerapkan (nama) model pembelajaran pada video yang Anda amati.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK

 

Satuan pendidikan    : SD Inpres Kelapa Tiga I

Kelas/Semester          : IV/I

Tema/Sub Tema        : 2. Selalu Berhemat Energi/3. Gaya dan Gerak

Pembelajaran                        : 4

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

 

A.    Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati  (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar (KD)  dan Indikator

Kompetensi Dasar

IPA

3.3 Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik

Indikator

Mengidentifikasi tentang gaya gravitasi dalam aktivitas sehari-hari

SBdP

3.5 Mengetahui berbagai alur cara dan pengalahan media karya kreatif

4.14 membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan

 

Indikator

Membuat parasut untuk menunjukkan pengaruh gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari

Bahasa Indonesia

3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:

Menggali informasi tentang unsur-unsur cerita dari teks cerita

IPS

3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

Indikator

Menjelaskan cara berinteraksi dengan orang lain di sekolah

 

C.    Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyimpulkan tentang gaya gravitasi dengan benar.

2.      Dengan mengamati langkah-langkah pengerjaan, siswa dapat membuat parasut sesuai dengan runtutan yang benar.

3.      Setelah bermain parasut, siswa dapat menceritakan kembali kegiatan bermain mereka dengan memperhatikan unsur-unsur cerita dalam sebuah karangan.

4.      Dengan membuat refleksi sikap, siswa dapat menuliskan cara berinteraksi yang baik dengan orang lain.

D.    Materi Pembelajaran

1.      Gerak dan gaya gravitasi

2.      Membuat mainan parasut

3.      Unsur dari sebuah cerita

4.      Cara berinteraksi dengan orang lain

E.     Metode, Pendekatan, dan Model Pembelajaran

1.      Metode               : Diskusi, Tanya jawab

2.      Pendekatan        : Scientifik (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan)

3.      Model                 : Problem based learning

F.     Media, Alat, dan Sumber Belajar

1.      Media                 : Mainan Parasut, Cerita Pengalaman Siswa

2.      Alat                    : Kertas HVS, Bulpoin, Kelereng, Kapas, Bahan-bahan Mainan Parasut

3.      Sumber Belajar   : Buku Siswa

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru mengawali pembelajaran dengan mengucap salam dan mengajak siswa berdo’a.

2.      Guru menanyakan kabar dan megecek kehadiran siswa.

3.      Guru mengulas materi pelajaran sebelumnya dan menyambungkannya dengan sebuah motivasi untuk siswa.

Orientasi siswa kepada masalah

4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

5.      Guru menyampaikan masalah untuk dipecahkan siswa: “Mengapa benda kalau jatuh selalu ke bawah?”

6.      Siswa secara aktif menjawab dari permasalahan tersebut

 

Kegiatan inti (60 menit)

 

1.        Guru menyuruh siswa untuk membaca teks yang ada di buku siswa, dan siswa diminta untuk menggarisbawahi informasi-informasi penting yang ada.

2.        Guru menyuruh siswa melakukan percobaan untuk mengetahui gaya gravitasi dengan menggunakan benda-benda yang ada di kelas.

Mengorganisasikan siswa

3.        Guru menyuruh siswanya untuk berkelompok dengan teman sebangkunya

4.        Setiap kelompok melakukan percobaan sebagai berikut:

a.       Percobaan pertama dengan menggunakan 2 lembar kertas HVS. 1 lembar kertas diremas dan kertas yang satunya masih utuh. Lalu kedua kertas tersebut dijatuhkan secara bersamaan dari ketinggian yang sama.

b.      Percobaan kedua dengan menggunakan 2 buah bulpoin yang sama, lalu menjatuhkannya dari ketinggian yang berbeda.

c.       Percobaan ketiga dengan menggunakan kelereng dan kapas, kemudian menjatuhkannya secara bersama-sama dari ketinggian yang sama.

5.        Dari ketiga percobaan tersebut siswa disuruh mengamati gerak jatuh dari benda tersebut, dan benda manakah yang jatuh ke tanah terlebih dahulu!

Membimbing penyelidikan

6.        Guru mengawasi kegiatan belajar siswa

7.        Siswa mengisi tabel pengamatan dan menjawab pertanyaan yang ada di selembar kertas yang telah diberikan oleh guru dan mengumpulkannya di meja guru. (Penilaian)

8.        Guru menyuruh siswa untuk membuat mainan parasut dengan alat dan bahan yang sudah disiapkan oleh guru dengan teman sebangkunya.

9.        Guru memastikan bahwa siswa dapat memahami instruksi yang ada di buku siswa. (Penilaian)

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

10.    Guru menyuruh siswanya untuk berdiskusi tentang hubungan permainan perasut dengan gaya gravitasi.

11.   Siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya bermain parasut dengan memperhatikan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan memperhatikan unsur-unsur ceritanya.

12.    Dalam kegiatan bercerita, siswa juga menjelaskan tentang sikap yang harus ditunjukan saat bermain parasut dan manfaat yang diperoleh dari mempraktikkan sikap itu. (Penilaian)

 

Kegiatan penutup (15 menit)

Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

1.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai pembelajaran hari ini

2.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan dengan cara menjawab permasalahan yang ada diawal pembelajaran

3.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat (refleksi) yang berhubungan dengan pembelajaran yang diikuti

4.      Siswa diminta untuk mengerjakan soal evaluasi

5.      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati perbedaan karakteristik temannya

6.      Guru menutup pembelajaran dengan doa bersama dan salam penutup.

 

I. Penilaian

1. Teknik Penilaian

a. Penilaian sikap                     : percaya diri, disiplin, teliti dan peduli lingkungan

b. Unjuk kerja                         : melakukan percobaan, menceritakan pengalaman

c. Penilaian pengetahuan         : mengisi tabel pengamatan dan menjawab pertanyaan

berdasarkan  percobaan yang dilakukan siswa, mengerjakan soal evaluasi

2. Bentuk Instrumen Penilaian : Format pengamatan, isian

 

                                                                                                Makassar,     2018

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas

 

Hj. Nahidha Mallapiang, S.Pd                                                Hasmidar

Nip.                                                                                         Nip.

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...