Monday, March 29, 2021

Contoh Laporan Induksi Guru Pemula

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


LAPORAN

 

PENILAIAN PROGRAM INDUKSI

GURU PEMULA

 

 

 

HASMIDAR, S.Pd

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN  DAN KEBUDAYAANKOTA MAKASSAR

UPTD PENDIDIKAN KEC. RAPPOCINI

SD INPRES KELAPA TIGA I


 

Sistematika Laporan PIGP

 

Laporanhasil pelaksanaan program induksi yang di susun oleh kepala sekolah meliputi:

 

1.       Data Sekolah dan Waktu Pelaksanaan Program Induksi:

a.       Identitas Sekolah

Nama Sekolah

:

SD INPRES KELAPA TIGA I

NSS

:

101196004121

Status Sekolah

:

NEGERI

Alamat Sekolah

:

JL. BAKTI IV NO.51

Kecamatan        

:

RAPPOCINI

Kabupaten/Kota

:

MAKASSAR

Provinsi             

:

SULAWESI SELATAN

Nama Kepala Sekolah

:

HJ.SULAIHA NONTJI,S.Pd.

 

b.       Waktu Pelaksanaan Program Induksi

No

Tahap kegiatan

Waktu Pelaksanaan

1.

Persiapan

JUNI 2015

2.

Perencanaan

JUNI 2015

3.

Pembimbingan

JULI 2015– FEBRUARI 2016

4.

Penilaian

a.    Penilaian tahap 1

b.    Penilaian tahap 2

 

JULI – SEPTEMBER 2015

SEPTEMBER –  FEBRUARI 2015

5.

Pelaporan

FEBRUARI 2016

 

2.       Data Guru Pemula Peserta Program Induksi

 

Nama Guru

:

HASMIDAR, S.Pd

NIP

:

 

Tempat/Tgl Lahir

:

 

Pendidikan Terakhir

Program/Jurusan

Perguruan Tinggi

:

:

:

 S1

PEND. GURU SEKOLAH DASAR

UNM  MAKASSAR

Status Pegawai

:

CPNS

Golongan

:

III/A

Guru Bidang Studi

:

GURU KELAS

 


 

3.       Deskripsi Pelaksanaan Pembimbingan Oleh Pembimbing;

Mendeskripsikan proses pembimbingan oleh pembimbing yang secara reguler dilakukan dari bulan ke-2 sampai bulan ke-9 minimal sebanyak 6 kali, yang meliputi :

a.       Tahap  Persiapan Pembimbingan

Mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan guru pembimbing pada tahap persiapan dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan, meliputi:

1)       Silabus

2)       RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

3)       Program Tahunan

4)       Program Semester

5)       Pelaksanaan proses pembelajaran

6)       Penilaian hasil pembelajaran

7)       Pengawasan proses pembelajaran

b.       Tahap Proses Observasi Pembelajaran

Mendeskripsikan Proses Observasi Pembelajaran yang dilakukan seminggu sekali selama 9 bulan (Proses  observasi  yang digambarkan meliputi;  kegiatan pra  observasi,  kegiatan observasi dan kegiatan pasca observasi). Deskripsi yang yang diberikan dilengkapi dengan;

·      Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah danLembar Refleksi Pembelajaran   yang digunakan oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.

·      Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah danLembar Refleksi Pembelajaran   yang digunakan oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.

·      catatan dan rekomendasi guru pembimbing pasca observasi

4.       Deskripsi Pelaksanaan Pembimbingan Oleh Kepala Sekolah Dan Pengawas;

a.       Tahap  Persiapan Pembimbingan

Deskripsikan kegiatan yang dilakukan kepala sekolah pada tahap persiapan dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan, meliputi:

1)       Silabus

2)       RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

3)       Program Tahunan

4)       Program Semesteran

5)       Pelaksanaan proses pembelajaran

6)       Penilaian hasil pembelajaran

7)       Pengawasan proses pembelajaran

b.       Tahap Proses Observasi Pembelajaran

Deskripsikan tahapan Proses Observasi Pembelajaran yang meliputi;  kegiatan pra  observasi,  kegiatan observasi dan kegiatan pasca observasi. Deskripsi yang yang diberikan dilengkapi dengan;

·      Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah dan Lembar Refleksi Pembelajaran   yang digunakan oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.

·      Dokumen Lembar penilaian Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah dan Lembar Refleksi Pembelajaran   yang digunakan oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.

·      catatan dan rekomendasi kepala  sekolah/madrasah pasca observasi

·      persetujuan Kepala sekolah/madrasah dan guru pemula yang dibuktikan dengan petandatangan persetujuan kedua belah pihak.

5.       Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula yang menyatakan kategori Nilai Kinerja Guru Pemula(Amat Baik, Baik, Cukup, Sedang dan Kurang), ditandatangani Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah:

Menyusun draft laporan penilaian kinerja guru pemula dengan menggunakan format PK-11

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

SEKOLAH DASAR INPRES KELAPA TIGA I

Laporan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula

Pada Program Induksi Guru Pemula

 

Nama

: HASMIDAR, S.Pd

Sekolah/Madrasah

: SD INPRES KELAPA TIGA I

PedidikanTerakhir

: S1

Kabupaten/Kota

: MAKASSAR

InstitusiPendidikan

: UNM

Provinsi

: SULAWESI SELATAN

Kelas yang diajar

:  VI (Enam)

Jumlah jam per minggu

: 24 Jam

Mata pelajaran yang diampu

: GURU KELAS

 

 

A.       JikaSkor 4               B. JikaSkor 3               C. JikaSkor 2             D. JikaSkor 1

Kompetensi

A

B

C

D

CatatanPengamat

1.        KompetensiPedagogis

1.1.   Memahami latar belakang siswa

 

 

 

Telah menujukkan pemahaman yang baik tentang latar belakang siswa serta teori-teori belajar dan komunikasi diantara siswa pada pembelajaran berjalan efektif. Terampil dalam menyusun rencana pembelajaran yang memfokus keterlibatan siswa pada proses pembelajaran. Masih perlu melakukan penilaian awal siswa untuk pengembangan rencana pembelajaran. Dia juga perlu sering memberikan masukan kepada siswa secara individual pada proses pembelajaran dan memberikan komentar tertulis pada pekerjaan siswa untuk penilaiannya

1.2.   Memahami teori belajar

 

 

 

1.3.   Pengembangan kurikulum

 

 

 

1.4.   Aktivitas pengembangan pendidikan

 

 

 

1.5.   Peningkatan potensi siswa

 

 

 

1.6.   Berkomunikasi dengan siswa

 

 

 

1.7.   Penilaian & Evaluasi

 

 

 

2.        KompetensiKepribadian

2.1.   Berperilaku sesuai dengan norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia

 

 

 

Telah rmenunjukkan rasa bangga dan perilaku sesuai dengan norma masyarakat  yang sangat tinngi. Dia juga berpakaian sesuai sebagai seorang guru dan teladan bagi siswa.

2.2.   Kepribadian matang dan stabil

 

 

 

2.3.   Memiliki etika kerja dan komitmen serta kebanggan menjadi guru

 

 

 

3.        KompetensiSosial

3.1.   Berperilakuinklusif, objektif, dantidakpilihkasih

 

 

 

Telah mampu menunjukkan hubungan yang rukun dan komunikatif diantara sesama guru, pembimbing, tenaga kependidikan, danmasyarakat

3.2.   Komunikasi guru dengan guru, pegawaisekolah/madrasah, orang tua, dan masyarakat

 

 

 

4.        KompetensiProfesional

4.1.   Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi, dan standar kompetensi mata pelajaran serta tahap-tahap pengajaran

 

 

 

Telah menunjukkan penguasaan materi pelajaran. Tugas-tugas mendatang dalam menyusun rancangan pembelajaran memperhatikan usia dan kemampuan siswa. Dia dapat mendiskusikan dan merefleksikan pekerjaan dengan pembimbing.

4.2.   Profesionalisme yang meningkat melalui refleksi diri

 

 

 

Rekomendasi: Berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula pada Pembimbingan Tahap 2, dan mempertimbangkan Penilian Kinerja Guru Pemula pada Pembimbingan Tahap 1, bahwa HASMIDAR, S.Pd memperoleh Nilai Kinerja AmatBaik, Baik, Cukup, Sedang, Kurang.(coret yang tidakperlu)

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

 

Dra. Hj. Harlina Haris, M.Pd                         

Nip.

Makassar, 3 Maret 2016

KepalaSekolah,

 

 

 

 

HJ. Sulaiha Nontji, S. Pd

NIP.



 




























Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan

Dinas Pendidikan Kota Makassar

SEKOLAH DASAR INPRES KELAPA TIGA I

LaporanKeberhasilan Guru Pemula dalam PIGP

 

 

 

Nama

:

HASMIDAR, S.Pd

Kabupaten/Kota

:

MAKASSAR

Jenis Guru

:

GURU KELAS

Provinsi

:

SULAWESI SELATAN

 

No

Komponen Penentu Keberhasilan

Hasil Analisis

Ya

Tidak

1.

Skor setiap indikator kinerja minimal Baik (3)

 

2.

Nilai Kinerja Konversi 100 minimal Baik (76)

 

3.

Nilai Kepribadian dan Sosial minimal Baik (76)

 

Berdasarkan analisis hasil  laporan penilaian kinerja guru pemula dan penilaian kepribadian dan sosial guru pemula sebagaimana tercantum di atas, maka HASMIDAR, S.Pd dinyatakan Berhasil dalam Program Induksi Guru Pemula (PIGP) dan direkomendasikan untuk diterbitkan Sertifikat PIGP oleh Kepala Dinas Pendidikan kabupaten/kota/provinsi sesuai kewenangannya.

 

Mengetahui:

Pengawas Sekolah,

 

 

 

    Dra. Hj. Harlina Haris, M.Pd                         

Nip.

 

Makassar,29 Februari2016

Kepala Sekolah,

 

 

 

Hj. Sulaiha Nontji, S. Pd

Nip.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERMUTU PROJECT

PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA

 

INSTRUMEN KESIAPAN PELAKSANAAN

PETUNJUK:

1.      Instrumen ini diisi oleh Kepala Sekolah

2.      Isilah kolom-kolom data dengan benar

3.      Berilah tanda cek (√) pada kotak cek (    ) yang tersedia

 

NO

PENDATAAN

1

DATA GURU PEMULA

Nama Guru Pemula:

HASMIDAR, S.Pd

Jenis Kelamin

NUPTK:

 

a.    

 

Laki-laki (     )  b. Perempuan (    )

Alamat Guru Pemula:

JL.

Jenjang Pendidikan Terakhir:

 

a.    Diploma           b. S1/D4       c. S2         d. Lainnya (tuliskan):

Jurusan/Program Studi:

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mata Ajaran yang diampu/guru kelas:

a.          …………………..

b.          Guru Kelas

Nama Institusi Pendidikan Terakhir:

UNM  MAKASSAR

Sekolah Tempat Bertugas:

Nama

:SD INP. KELAPA TIGA I

No.Telp

: -

Kepala Sekolah:

Nama

: Hj.Sulaiha Nontji, S.Pd.

No.Telp/HP

:

Alamat Sekolah Tempat Bertugas:

JL. BAKTI IV NO.51

Kecamatan:

RAPPOCINI

Kabupaten/Kota:

MAKASSAR

Provinsi:

SULAWESI SELATAN

2

KESIAPAN SDM

Kepala  sekolah   mengetahui  proses  implementasi  Program  Induksi

 

 

Ya

 

Tidak

Kepala sekolah pernah mengikuti pelatihan/sosialisasi Program Induksi

 

Ya

 

Tidak

Ada guru yang pernah mengikuti pelatihan/sosialisasi Program Induksi

 

Ya

 

Tidak

Ada Guru yang layak untuk menjadi pembimbing

Ya

Tidak

Menurut Bapak/Ibu Pengawas Sekolah mengetahui proses implementasi Program Induksi

Ya

Tidak

Menurut Bapak/Ibu Pengawas Sekolah pernah mengikuti/sosialisasi Program Induksi

 

Ya

 

Tidak

3

DOKUMEN UTAMA

Ada  Panduan  Kerja  Program  (PK)  Induksi  Guru  Pemula          (12 PK)

Ada lengkap

 Ada tidak lengkap

Tidak

Ada Modul Program Induksi untuk Kepala Sekolah

Ya

Tidak

Pengawas Sekolah (PS) memiliki Modul Program Induksi untuk Pengawas Sekolah (konfirmasi dengan PS)

 

Ya

 

Tidak

Ada  Modul  Program  Induksi  untuk  Guru  Pembimbing  di          sekolah

 

Ya

 

Tidak

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Ya

Tidak

Peraturan-peraturan    sekolah   yang   perlu   diketahui   guru   pemula

 

Ya

 

Tidak

4

DUKUNGAN SEKOLAH

Sekolah   telah   menyiapkan   rencana   pelaksanaan   program  induksi

 

Ya

 

Tidak

Sekolah telah mengalokasikan anggaran untuk mendukung pelaksanaan program induksi

 

Ya

 

Tidak

Sekolah telah melakukan sosialisasi tentang program induksi guru pemula kepada para guru dan atau karyawan lain di sekolah

 

Ya

 

Tidak

Sekolah telah melakukan sosialisasi tentang program induksi guru pemula kepada komite sekolah

 

Ya

 

Tidak

 

Makassar,7 Februari 2016

 

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

Hj.Sulaiha Nontji, S.Pd.

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL PENDAMPINGAN

SD INPRES KELAPA TIGA I

 

NO

WAKTU

KELAS/MATA PELAJARAN

KET

I

II

III

IV

V

VI

1

07.30 – 08.50

-

-

-

BI

MAT

MAT

 

2

08.50 – 10.10

MAT

-

MAT

MAT

BI

IPA

 

3

10.10 – 10.40

ISTIRAHAT

4

10.40 – 12.00

 

 

IPA

IPS

 

 

 

5

12.00 – 13.00

ISTIRAHAT

6

13.00 – 15.00

REFLEKSI

7

14.00 – 17.00

DISKUSI/KONSULTASI DENGAN GURU SD INPRES KELAPA TIGA I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HASIL PENILAIAN KINERJA

Analisis Data

Skore/nilai setiap aspek kompetensi guru inti masing-masing diberi bobot sesuai jumlah aspek kompetensi guru kelas/mata pelajaran sebagai berikut:

RANGKUMAN HASIL PENILAIAN KINERJA GURU

TAHUN 2015 / 2016

Nama Sekolah : SD INPRES KELAPA TIGA I

Nama Guru     :HASMIDAR, S.Pd

No

Standar Kompetensi

Aspek Kompetensi Inti Guru

Skor

Jml

Mak

Skor

1

Kompetensi Pedagogik

1.      Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, cultural, emosional, dan intelektual

2.      Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

3.      Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu

4.      Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

5.      Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran

6.      Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki

7.      Berkomunikasi secara efektif, empatik, dansantun dengan peserta didik

8.      Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

9.      Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran

10.  Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

4

 

3

 

6

 

6

1

 

2

 

2

 

7

 

4

 

3

 

2

Kompetensi Kepribadian

1.      Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia

2.      Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat

3.      Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa

4.      Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri

5.      Menjunjung tinggi kode etik profesi guru

2

 

3

 

2

 

3

 

3

 

3

Kompetensi Sosial

1.      Bersifat inklusif, bertindak obyektif, seta tidak deskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi

2.      Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat

3.      Beradaptasi ditempat tugas diseluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya

4.      Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain

2

 

 

 

3

 

 

2

 

2

 

 

4

Kompetensi Profesional

1.      Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuwan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

2.      Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu

3.      Mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara kreatif

4.      Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan  reflektif

5.      Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan mengembangkan diri

2

 

3

 

2

 

4

 

2

 

 

 

Jumlah

92/91

 

 

Nilai Kinerja Guru Kelas = (∑skore Pa) + (∑skore Ke) + (∑skore So) + (∑skore Pr) X 100

                                                                                    92

 

Nilai Kinerja Guru Mapel = (∑skore Pa) + (∑skore Ke) + (∑skore So) + (∑skore Pr) X 100

                                                                                    91

 

 

C.8. Kualifikasi Hasil Penilaian

 

Nilai Kinerja Guru dikualifikasikan sebagai berikut:

 

Rentang Nilai

Kualifikasi

Keterangan

86 – 100

A

Sangat Baik

71 – 85

B

Baik

55 – 70

C

Cukup

41 – 54

D

Kurang

0 – 42

E

Sangat Kurang

 

C.9. Rekomendasi Hasil Penelitian Kinerja Guru

No

Rentang Nilai

Kualifikasi

Rekomendasi

Interpretasi Rekomendasi

1

86 – 100

A

R.1

1.      Guru berkinerja sangat baik

2.      Pembinaan karier dioptimalkan

2

71 – 85

B

R.2

1.      Guru berkinerja baik

2.      Pembinaan karier dioptimalkan

3

55 – 70

C

R.3

1.      Guru berkinerja cukup

2.      Perlu pembinaan standar kompetensinya

4

41 – 54

D

R.4

1.      Guru berkinerja kurang

2.      Perlu pembinaan

5

0 – 42

E

R.5

1.      Guru berkinerja sangat kurang

2.      Tidak layak menjadi guru

 

 

 

 

 

 

 

DARI HASIL UJI KOMPETENSI OLEH KEMDIKNAS

REVISI KOMPETENSI HANYA 2 KOMPETENSI:

 

STANDAR KOMPETENSI PEDAGOGIK

No

KOMPETENSI INTI GURU

KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN

1

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual

1.1.Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya

1.2.Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajran yang diampu

1.3.Mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu

1.4.Mengidentifikasi kesulitan belajar pserta didik dalam mata pelajaran yang diampu

2

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

2.1.Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan dengan mata pelajaran yang diampu

2.2.Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu

3

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu

3.1.Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum

3.2.Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu

3.3.Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu

3.4.Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran

3.5.Menata materi pembelajran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik

3.6.Mengembangkan indicator dan instrument penilaian

4

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

4.1.Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik

4.2.Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran

4.3.Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan

4.4.Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan

4.5.Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar  yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang utuh

4.6.Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai denga situasi yang berkembang

5

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran

5.1.Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu

 

6

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki

6.1.Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal

6.2.Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitas

7

Berkomunikasi secara efketif,empatik, dan santun dengan peserta didik

7.1.Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain

7.2.Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dan interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklika; dari (a) Penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) Ajakan kepada pesrta didik untuk ambil bagian, (c) Respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) Reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya

8

Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

8.1.Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu

8.2.Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu

8.3.Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

8.4.Membangun instrument penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

8.5.Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrument

8.6.Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan

8.7.Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar

9

Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran

9.1.Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar

9.2.Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan

9.3.Mengkomunikasikan hasilpenilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan

9.4.Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pemebelajaran

10

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

10.1.Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan

10.2.Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu

10.3.Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu

 

STANDAR KOMPETENSI PROFESIONAL

NO

KOMPETENSI INTI GURU

KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN

Kompetensi Profesional

 

20

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Bahasa Indonesia

20.1  Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan  bahasa.

20.2  Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.

20.3  Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

20.4 Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)

20.5 Memahami teori dan genre sastra Indonesia.

20.6 Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.

Matematika

20.7 Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

20.8  Mampu menggunakan matematisasi   horizontal dan vertikal untuk  menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.

 20.9 Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 

20.10 Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat  hitung, dan piranti lunak komputer.

IPA

20.11 Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.

20.12 Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

20.13 Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antarkonsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.

IPS

20.14 Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.

20.15 Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.

20.16 Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.

20.17 Memahami fenomena interaksi perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global.

PKn

20.18 Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. 

20.19 Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.

20.20 Menguasai konsep dan prinsip  perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma

20.21 kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.

21

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu

21.1.  Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu

21.2.  Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu

21.3.  Memahami tujuan pembelajaran yang diampu

22

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu

22.1.  Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik

22.2.  Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik

23

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

23.1.  Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus

23.2.  Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan

23.3.  Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan

23.4.  Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber

24

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri

24.1.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi

24.2.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kerangka Kegiatan dan Indikator Monitoring Pelaksanaan Pembelajaran

No

Kompetensi

Indikator

1

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1.      Mampu mendeskripsikan kompetensi/tujuan pembelajaran

2.      Mampu memilih/menentukan materi

3.      Mampu mengorganisir materi

4.      Mampu menentukan strategi/metode pembelajaran

5.      Mampu menentukan sumber belajar dan media pembelajaran

6.      Mampu menyusun perangkat penilaian

7.      Mampu menentukan teknik penilaian

8.      Mampu mengalokasikan waktu

2

Pelaksanaan Pembelajaran

1.      Mampu membuka pembelajaran (set induction)

2.      Mampu mengorganisasi materi pembelajaran

3.      Mampu menggunakan metode

4.      Mampu memanfaatkan media/alat peraga

5.      Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif

6.      Mampu memotivasi siswa

7.      Mampu mengorganisasi kegiatan

8.      Mampu berinterkasi secara komunikatif dengan siswa

9.      Mampu membimbing peserta didik membuat kesimpulan

10.  Mampu memberikan umpan balik

11.  Mampu melaksanakan penilaian

12.  Mampu mengelola waktu

3

Penilaian Prestasi Belajar Siswa

1.      Mampu menentukan soal berdasarkan tingkat kesukaran

2.      Mampu menilai soal berdasarkan tingkat pembeda

3.      Mampu menindak lanjuti soal yang tidak valid

4.      Mampu memeriksa jawaban

5.      Mampu mengklasifikasikan hasil penilaian

6.      Mampu mengolah hasil penilaian

7.      Mampu menganalisis hasil penilaian

8.      Mampu membuat interpretasikan kecendurangan hasil penilaian

9.      Mampu menentukan korelasi antara soal berdasarkan hasil penilaian

10.  Mampu mengedentifikasi tingkat variasi hasil penilaian

11.  Mampu menyimpulkan hasil penilaian secara jelas dan logis

4

Pelaksanaan TindakLanjut Pembelajaran

1.      Mampu mengkondisikan peserta didik belajar secara mandiri

2.      Mampu melakukan kesepakatan materi berikutnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR OBSERVASI LESSON STUDY

1.      Siswa Belajar: (Siswa yang mana, Saat kapan, apa yang dilakukan, kenapa dia melakukan itu)

Siswa atas nama Amanda, Jumriani, dan Fardam, mereka menunjukkan sikap antusias dalam mengikuti pembelajaran, ini nampak ketika guru sedang menjelaskan mereka selalu aktif bertanya. Hal ini dilakukan karena siswa tersebut sadar bahwa memperhatikan guru, mengikuti pelajaran dengan sikap disiplin merupakan kunci keberhasilan belajar.

 

2.      Siswa Tidak Belajar: (Siswa yang mana, Saat kapan, apa yang dilakukan, kenapa dia melakukan itu)

Siswa atas nama Audy dan Alamsyah, Mereka mengganggu teman, kurang memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan, Hal ini dilakukan karena siswa belum menguasai operasi perkalian dan pembagian serta siswa kurang menyadari pentingnya menyimak proses pembelajaran.

 

3.      Manfaat Apa yang dapat diambil dari pengamatan pembelajaran ini:

Manfaat yang kami peroleh dari pengamatan ini ialah bertambah ilmu kami (guru pemula) tentang adanya berbagai macam perbedaan karakater yang ada pada setiap peserta didik, motivasi belajar, dan kesadaran akan pentingnya belajar. Kedua menjadi bekal bagi kami (guru pemula) kedepannya untuk lebih mendalami lagi dan mengoptimalkan pelayanan pembelajaran dan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik.

 

 

NAMA OBSERVER       : HASMIDAR, S.Pd

GURU BID. STUDI        : Guru Kelas

NAMA GURU MODEL : Muh. Kasim, S.Pd

MATA PELAJARAN      : Matematika

TEMPAT OPEN CLASS : Kelas V SD INPRES KELAPA TIGA I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR OBSERVASI LESSON STUDY

 

KEGIATAN PENDAHULUAN:

A.    Bagaimana kesiapan belajar siswa (respon siswa, ketika guru melakukan persiapan pembelajaran)

Siswa terlihat sangat antusias untuk belajar, hal ini terlihat ketika guru mempersiapkan media pembelajaran, siswa bertanya-tanya.

B.     Bagaimana kondisi/respon siswa ketika guru menyampaikan kegiatan apersepsi/motivasi/pemanasan berpikir?

Respon siswa ketika guru melakukan pemanasan berfikir ialah siswa terlihat semangat mengikuti pembelajaran, hal ini terlihat ketika guru melemparkan (pertanyaan-pertanyaan bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa tentang materi yang akan dibawakan) beberapa pertanyaan, siswa berebutan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.

KEGIATAN INTI:

A.    Bagaimana interaksi yang terjadi dalam pembelajaran: antara siswa-siswa, siswa dengan guru.

Interaksi antara siswa-siswi (kapan terjadi interaksi dan sampai kapan terjadi)

Interaksi terjadi pada waktu siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil, yang mana setiap anggota kelompok melakukan diskusi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Interaksi berakhir ketika siswa sudah duduk secara individual untuk mengikuti tes penilaian belajar.

Interaksi antara siswa dengan guru (kapan terjadi interaksi dan sampai kapan terjadi)

Interaksi terjadi pada waktu awal pembukaan pembelajaran hingga tahap akhir pembelajaran.

B.     Siswa mana yang tidak bisa mengikuti pembelajaran (harus berdasarkan fakta, nama/no.absen)?

Audy Firmansyah dan Nur Alamsyah.

C.     Mengapa siswa tersebut tidak dapat belajar dengan baik dan penyebabnya?

Karena ketika siswa tersebut masih malu untuk berbicara baik teman maupun guru, kurang percaya diri, mengganggu teman, serta kurang menyimak ketika guru sedang menjelaskan pelajaran. Penyebabnya kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, penggunaan media yang kurang maksimal.

D.    Bagaimana cara guru mengatasi siswa yang tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik?

Caranya lebih banyak menekankan pelibatan siswa dalam kegiatan belajar, memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil kedepan, memaksimalkan penggunaan media, dan penggunaan ICT.

E.     Menurut anda, alternatif apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar tersebut?

Alternatif yang dilakukan yang pertama yaitu mendiagnosis masalah yang ada pada siswa tersebut.Kedua memberikan obat/penanggulangan yang sesuai dengan masalah yang dialami anak tersebut.

F.      Bagaimana usaha guru dalam mendorong siswa yang tidak aktif.

Memberikan lebih banyak kesempatan terhadap siswa tersebut, memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mudah, memberikan dorongan atau motivasi untuk lebih percaya diri bahwa dalam kelas ini kita semua belajar dan jangan takut salah, serta lebih memberanikan diri untuk tampil didepan kelas.

KEGIATAN PENUTUP

A.    Bagaimana keterlibatan siswa dalam kegiatan penutup (merangkum, merefleksi, dan sebagainya)

Siswa dengan bimbingan guru diberikan kesempatan untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dilaksanakan.

B.     Bagaimana respon siswa ketika guru menyampaikan tindak lanjut (memberi arahan, memberi tugas sebagai bagian dari remedi)

Siswa melakukan tugas tindak lanjut yang diberikan oleh guru dengan penuh tanggung jawab untuk menyelesaikan.

 

MANFAAT YANG DAPAT DIAMBIL DARI PEMBELAJARAN:

Pelajaran berharga apa yang dapat anda petik setelah mengikuti observasi dan diskusi ini?

1.       Mengarahkan kepada guru menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

2.      Menjadi wahana silaturahmi dan pengenalan antara guru pemula dengan guru-guru lainnya serta perangkat yang ada di dalamnya, baik siswa maupun orang tua siswa dalam hal ini adalah masyarakat sekitar.

3.      Menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan didalam kelas.

4.      Membagi/sharing ilmu yang diperoleh kepada guru maupun masyarakat pada umumnya.

5.      Menjadi tempat untuk menelaah dan mengidentifikasi kemampuan guru pemula melalui penilaian atas kinerja awal demi perbaikan lebih lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

SEKOLAH DASAR INPRES KELAPA TIGA I

 Lembar Rekapitulasi Hasil Observasi Pembelajaran Guru Kelas Pemula

 

a.      Identitas

Nama

:

HASMIDAR, S.Pd

Sekolah

:SD INPRES KELAPA TIGA I

PendidikanTerakhir

:

S1

Kabupaten/Kota

: MAKASSAR

InstitusiPendidikan

:

UNM   MAKASSAR

Provinsi

: SULAWESI SELATAN

Kelas

:

VI (ENAM)

Jumlah jam/minggu

: 24 Jam

Mata Pelajaran

:

GURU KELAS

 

 

 

b.        HasilPenilaian

Kompetensi / Sub Kompetensi

Penilaian

 

Tahap 1

 

Tahap 2

(rerata)

NilaiAkhir

Pembimbing

KS (rerata)

PS

(rerata)

1

2

3

4

5

6

 

 

 

1.        Kompetensi Pedagogis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1

Memahami latar belakang siswa

3

4

 

 

 

 

3

3

3,25

1.2

Memahami teori belajar

 

 

2

4

 

 

3

3

3,00

1.3

Pengembangan kurikulum

 

 

 

 

3

4

4

4

3,75

1.4

Aktivitas pengembangan pendidikan

 

 

3

 

 

4

4

4

3,75

1.5

Peningkatan potensi siswa

 

 

 

3

 

4

3

3

3,25

1.6

Berkomunikasi dengan siswa

3

4

 

 

 

 

3

3

3,25

1.7

Penilaian & Evaluasi

 

 

 

3

4

 

4

3

3,50

2.        Kompetensi Kepribadian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1

Berperilaku sesuai dengan norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia

3

 

 

 

4

 

3

4

3,50

2.2

Kepribadian matang dan stabil

 

 

3

3

3

4

3

3

3,17

2.3

Memiliki etika kerja dan komitmen serta kebanggan menjadi guru

 

 

 

3

 

4

3

3

3,25

3.        Kompetensi Sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.1

Berperilaku inklusif, objektif, dan tidak pilih kasih

3

3

 

 

 

 

3

3

3,00

3.2

Komunikasi guru dengan guru, pegawai sekolah/madrasah, orang tua, dan masyarakat

 

 

3

 

 

 

3

3

3,00

4.        Kompetensi Profesional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.1

Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi, dan standar kompetensi mata pelajaran serta tahap-tahap pengajaran

3

4

 

 

 

 

3

3

3,25

3.2

Profesionalisme yang meningkat melalui refleksi diri

 

 

3

 

3

4

3

3

3,20

Jumlah

 

 

 

46,12

Rekomendasi: Berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula pada Pembimbingan Tahap 2, dan mempertimbangkan Penilian Kinerja Guru Pemula pada pembimbingan(PenilaianTahap 1), bahwa HASMIDAR, S.Pd,   memperoleh Nilai Kinerja AmatBaik*,Baik*, Cukup**, Sedang**, Kurang**.

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

Dra. Hj. Harlina Haris, M.Pd                         

Nip.

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

Hj.Sulaiha Nontji ,S.Pd.

NIP.

Makassar,29 Februari 2016

Pembimbing,

 

 

 

Muh. kasim, S.Pd

NIP.

*

 

**

Berhak memperoleh Sertifikat Program Induksi yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Pendidikan/Kepala Kantor Kementerian Agama yang berwenang atas usulan Kepala Sekolah yang bersangkutan.

Berhak mengikuti perpanjangan program induksi bagi guru pemula yang baru mengikuti program induksi tahun pertama, atau berhak diberitugas

mengajar tanpa jabatan fungsional guru, bagi guru pemula yang telah mengikuti perpanjangan program induksi.

Asli untuk guru pemula

Salinan untuk pengawas sekolah/madrasah

Salinan untuk kepala sekolah/madrasah

Salinan untuk  dinas pendidikan

 

 

 

 

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

SD INPRES KELAPA TIGA I

Laporan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula

Pada Program Induksi Guru Pemula

 

Nama

:HASMIDAR, S.Pd

Sekolah/Madrasah

: SD INPRES KELAPA TIGA I

Pedidikan Terakhir

: S1

Kabupaten/Kota

: MAKASSAR

Institusi Pendidikan

:UNM

Provinsi

: SULAWESI SELATAN

Kelas yang diajar

:  VI (ENAM)

Jumlah jam per minggu

: 24 Jam

Mata pelajaran yang diampu

: GURU KELAS

 

 

B.       Jika Skor 4               B. Jika  Skor 3               C. Jika  Skor 2             D. Jika Skor 1

Kompetensi

A

B

C

D

Catatan Pengamat

5.        Kompetensi  Pedagogis

5.1.   Memahami latar belakang siswa

 

 

 

Telah menujukkan pemahaman yang baik tentang latar belakang siswa serta teori-teori belajar dan komunikasi diantara siswa pada pembelajaran berjalan efektif. Terampil dalam menyusun rencana pembelajaran yang memfokus keterlibatan siswa pada proses pembelajaran.

Guru perlu melakukan penilaian awal siswa untuk pengembangan rencana pembelajaran. Dia juga perlu sering memberikan masukan kepada siswa secara individual pada proses pembelajaran dan memberikan komentar tertulis pada pekerjaan siswa untuk penilaiannya

5.2.   Memahami teori belajar

 

 

 

5.3.   Pengembangan kurikulum

 

 

 

5.4.   Aktivitas pengembangan pendidikan

 

 

 

5.5.   Peningkatan potensi siswa

 

 

 

5.6.   Berkomunikasi dengan siswa

 

 

 

5.7.   Penilaian & Evaluasi

 

 

 

6.        Kompetensi Kepribadian

6.1.   Berperilaku sesuai dengan norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia

 

 

 

Telah menunjukkan rasa bangga dan perilaku sesuai dengan norma masyarakat yang sangat tinngi. Dia juga berpakaian sesuai sebagai seorang guru dan teladan bagi siswa.

6.2.   Kepribadian matang dan stabil

 

 

 

6.3.   Memiliki etika kerja dan komitmen serta kebanggan menjadi guru

 

 

 

7.        Kompetensi Sosial

7.1.   Berperilaku inklusif, objektif, dan tidak pilih kasih

 

 

 

Telah mampu menunjukkan hubungan yang rukun dan komunikatif diantara sesama guru, pembimbing, tenaga kependidikan, dan masyarakat

7.2.   Komunikasi guru dengan guru, pegawai sekolah/madrasah, orang tua, dan masyarakat

 

 

 

8.        Kompetensi Profesional

8.1.   Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi, dan standar kompetensi mata pelajaran serta tahap-tahap pengajaran

 

 

 

Telah menunjukkan penguasaan materi pelajaran. Tugas-tugas mendatang dalam menyusun rancangan pembelajaran memperhatikan usia dan kemampuan siswa.. Dia adalah guru yang dapat mendiskusikan dan merefleksikan pekerjaan dengan pembimbing

8.2.   Profesionalisme yang meningkat melalui refleksi diri

 

 

 

Rekomendasi:  Berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula pada Pembimbingan Tahap 2, dan mempertimbangkan Penilian Kinerja Guru Pemula pada Pembimbingan Tahap 1, bahwa HASMIDAR, S.Pd memperoleh Nilai Kinerja  Amat Baik, Baik, Cukup, Sedang, Kurang.(coret yang tidak perlu)

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

 

Dra. Hj. Harlina Haris, M.Pd                         

Nip.

Makassar, 29 Februari2016

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

Hj.Sulaiha Nontji ,S.Pd.

NIP.


 




























Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan

Dinas Pendidikan Kota Makassar

SD INPRES KELAPA TIGA I

Laporan Keberhasilan Guru Pemula dalam PIGP

 

 

 

Nama

:

HASMIDAR,S.Pd

Kabupaten/Kota

:

MAKASSAR

Jenis Guru

:

GURU KELAS

Provinsi

:

SULAWESI SELATAN

 

No

Komponen Penentu Keberhasilan

Hasil Analisis

Ya

Tidak

1.

Skor setiap indikator kinerja minimal Baik (3)

 

2.

Nilai Kinerja Konversi 100 minimal Baik (76)

 

3.

Nilai Kepribadian dan Sosial minimal Baik (76)

 

Berdasarkan analisis hasil  laporan penilaian kinerja guru pemula dan penilaian kepribadian dan sosial guru pemula sebagaimana tercantum di atas, maka HASMIDAR, S.Pd dinyatakan Berhasil dalam Program Induksi Guru Pemula (PIGP) dan direkomendasikan untuk diterbitkan Sertifiklat PIGP oleh Kepala Dinas Pendidikan kabupaten/kota/provinsi sesuai kewenangannya.

 

Mengetahui:

Pengawas Sekolah,

 

 

 

Dra. Hj. Harlina Haris, M.Pd                         

Nip.

 

Makassar, 29 Februari 2016

Kepala Sekolah,

 

 

 

Hj.Sulaiha Nontji ,S.Pd.

NIP.

 


No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...