LAPORAN
PENILAIAN PROGRAM
INDUKSI
GURU PEMULA
HASMIDAR, S.Pd
NIP.
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANKOTA MAKASSAR
UPTD PENDIDIKAN KEC. RAPPOCINI
SD INPRES KELAPA TIGA I
Sistematika Laporan PIGP
Laporanhasil pelaksanaan program induksi yang di susun oleh kepala sekolah meliputi:
1.
Data Sekolah dan Waktu
Pelaksanaan Program Induksi:
a.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SD INPRES KELAPA TIGA I |
NSS |
: |
101196004121 |
Status Sekolah |
: |
NEGERI |
Alamat Sekolah |
: |
JL. BAKTI IV NO.51 |
Kecamatan |
: |
RAPPOCINI |
Kabupaten/Kota |
: |
MAKASSAR |
Provinsi |
: |
SULAWESI SELATAN |
Nama Kepala Sekolah |
: |
HJ.SULAIHA NONTJI,S.Pd. |
b.
Waktu Pelaksanaan Program Induksi
No |
Tahap kegiatan |
Waktu Pelaksanaan |
1. |
Persiapan |
JUNI 2015 |
2. |
Perencanaan |
JUNI 2015 |
3. |
Pembimbingan |
JULI 2015– FEBRUARI 2016 |
4. |
Penilaian a.
Penilaian tahap 1 b.
Penilaian tahap 2 |
JULI – SEPTEMBER 2015 SEPTEMBER – FEBRUARI 2015 |
5. |
Pelaporan |
2.
Data Guru Pemula Peserta
Program Induksi
Nama Guru |
: |
HASMIDAR, S.Pd |
NIP |
: |
|
Tempat/Tgl Lahir |
: |
|
Pendidikan Terakhir Program/Jurusan Perguruan Tinggi |
: : : |
S1 PEND. GURU SEKOLAH DASAR UNM MAKASSAR |
Status Pegawai |
: |
CPNS |
Golongan |
: |
III/A |
Guru Bidang Studi |
: |
GURU KELAS |
3.
Deskripsi Pelaksanaan
Pembimbingan Oleh Pembimbing;
Mendeskripsikan proses
pembimbingan oleh pembimbing yang secara reguler dilakukan dari bulan ke-2
sampai bulan ke-9 minimal sebanyak 6 kali, yang meliputi :
a.
Tahap
Persiapan Pembimbingan
Mendeskripsikan
kegiatan yang dilakukan guru pembimbing pada tahap persiapan dilengkapi dengan
dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan, meliputi:
1) Silabus
2) RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3) Program
Tahunan
4) Program
Semester
5) Pelaksanaan
proses pembelajaran
6) Penilaian
hasil pembelajaran
7) Pengawasan
proses pembelajaran
b.
Tahap Proses Observasi Pembelajaran
Mendeskripsikan Proses Observasi Pembelajaran yang dilakukan seminggu
sekali selama 9 bulan (Proses
observasi yang digambarkan meliputi; kegiatan pra
observasi, kegiatan observasi dan
kegiatan pasca observasi). Deskripsi yang yang
diberikan dilengkapi dengan;
·
Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran
Kepala Sekolah danLembar Refleksi Pembelajaran yang digunakan oleh guru pemula sebelum pada kegiatan pra observasi.
·
Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran
Kepala Sekolah danLembar Refleksi Pembelajaran yang digunakan oleh guru pemula sebelum pada kegiatan pra observasi.
·
catatan dan rekomendasi guru
pembimbing pasca observasi
4. Deskripsi Pelaksanaan Pembimbingan Oleh Kepala
Sekolah Dan Pengawas;
a.
Tahap
Persiapan Pembimbingan
Deskripsikan
kegiatan yang dilakukan kepala sekolah pada tahap persiapan dilengkapi dengan
dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan, meliputi:
1) Silabus
2) RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3) Program
Tahunan
4) Program
Semesteran
5) Pelaksanaan
proses pembelajaran
6) Penilaian
hasil pembelajaran
7) Pengawasan
proses pembelajaran
b.
Tahap Proses Observasi Pembelajaran
Deskripsikan tahapan Proses Observasi Pembelajaran yang meliputi; kegiatan pra
observasi, kegiatan observasi dan
kegiatan pasca observasi. Deskripsi yang yang diberikan dilengkapi dengan;
·
Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran
Kepala Sekolah dan Lembar
Refleksi Pembelajaran yang digunakan
oleh guru pemula sebelum pada kegiatan pra observasi.
·
Dokumen Lembar penilaian Observasi
Pembelajaran Kepala Sekolah dan Lembar Refleksi Pembelajaran yang digunakan oleh guru pemula sebelum pada kegiatan pra observasi.
·
catatan dan rekomendasi kepala sekolah/madrasah
pasca observasi
·
persetujuan Kepala sekolah/madrasah dan guru pemula yang dibuktikan dengan
petandatangan persetujuan kedua belah pihak.
5.
Hasil Penilaian Kinerja Guru
Pemula yang menyatakan kategori Nilai Kinerja Guru Pemula(Amat Baik, Baik,
Cukup, Sedang dan Kurang), ditandatangani Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah:
Menyusun draft laporan
penilaian kinerja guru pemula dengan menggunakan format PK-11
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
SEKOLAH
DASAR INPRES KELAPA
TIGA I
Laporan Hasil Penilaian
Kinerja Guru Pemula
Pada Program Induksi Guru Pemula
Nama |
: HASMIDAR, S.Pd |
Sekolah/Madrasah |
: SD INPRES KELAPA TIGA I |
||||||||||
PedidikanTerakhir |
: S1 |
Kabupaten/Kota |
: MAKASSAR |
||||||||||
InstitusiPendidikan |
: UNM |
Provinsi |
: SULAWESI
SELATAN |
||||||||||
Kelas yang
diajar |
: VI (Enam) |
Jumlah jam
per minggu |
: 24 Jam |
||||||||||
Mata
pelajaran yang diampu |
: GURU KELAS |
|
|
||||||||||
A.
JikaSkor 4 B. JikaSkor 3 C. JikaSkor 2 D. JikaSkor 1 |
|||||||||||||
Kompetensi |
A |
B |
C |
D |
CatatanPengamat |
||||||||
1.
KompetensiPedagogis |
|||||||||||||
1.1.
Memahami latar belakang siswa |
√ |
|
|
|
Telah menujukkan pemahaman yang baik tentang latar belakang siswa serta teori-teori belajar dan komunikasi diantara siswa pada pembelajaran berjalan efektif. Terampil dalam menyusun rencana pembelajaran yang memfokus keterlibatan siswa pada
proses pembelajaran. Masih perlu melakukan penilaian awal siswa untuk pengembangan rencana pembelajaran. Dia juga perlu sering memberikan masukan kepada siswa secara individual pada proses pembelajaran dan memberikan komentar tertulis pada pekerjaan siswa untuk penilaiannya |
||||||||
1.2.
Memahami teori belajar |
√ |
|
|
|
|||||||||
1.3.
Pengembangan kurikulum |
|
√ |
|
|
|||||||||
1.4.
Aktivitas pengembangan pendidikan |
|
√ |
|
|
|||||||||
1.5.
Peningkatan potensi siswa |
√ |
|
|
|
|||||||||
1.6.
Berkomunikasi dengan siswa |
√ |
|
|
|
|||||||||
1.7.
Penilaian & Evaluasi |
|
√ |
|
|
|||||||||
2.
KompetensiKepribadian |
|||||||||||||
2.1.
Berperilaku sesuai dengan norma,
kebiasaan dan hukum di Indonesia |
√ |
|
|
|
Telah rmenunjukkan rasa bangga dan perilaku sesuai dengan norma masyarakat yang sangat tinngi.
Dia juga berpakaian sesuai sebagai seorang guru dan teladan bagi siswa. |
||||||||
2.2.
Kepribadian matang dan stabil |
√ |
|
|
|
|||||||||
2.3.
Memiliki etika kerja dan komitmen serta
kebanggan menjadi guru |
√ |
|
|
|
|||||||||
3.
KompetensiSosial |
|||||||||||||
3.1.
Berperilakuinklusif, objektif,
dantidakpilihkasih |
√ |
|
|
|
Telah mampu menunjukkan hubungan yang rukun dan komunikatif diantara sesama guru, pembimbing, tenaga kependidikan,
danmasyarakat |
||||||||
3.2.
Komunikasi guru dengan guru, pegawaisekolah/madrasah,
orang tua, dan masyarakat |
√ |
|
|
|
|||||||||
4.
KompetensiProfesional |
|||||||||||||
4.1.
Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur,
isi, dan standar kompetensi mata pelajaran serta tahap-tahap pengajaran |
|
√ |
|
|
Telah menunjukkan penguasaan materi pelajaran. Tugas-tugas mendatang dalam menyusun rancangan pembelajaran memperhatikan usia dan kemampuan siswa. Dia dapat mendiskusikan dan merefleksikan pekerjaan dengan pembimbing. |
||||||||
4.2.
Profesionalisme yang meningkat melalui
refleksi diri |
|
√ |
|
|
|||||||||
Rekomendasi:
Berdasarkan
Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula pada Pembimbingan Tahap 2, dan mempertimbangkan
Penilian Kinerja Guru Pemula pada Pembimbingan Tahap 1, bahwa HASMIDAR, S.Pd memperoleh Nilai Kinerja
|
|||||||||||||
Pengawas Sekolah, Dra. Hj. Harlina Haris, M.Pd Nip. |
Makassar, 3 Maret 2016 KepalaSekolah, HJ. Sulaiha Nontji, S. Pd NIP. |
||||||||||||
Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan
Dinas Pendidikan Kota Makassar
SEKOLAH DASAR INPRES KELAPA TIGA I
LaporanKeberhasilan Guru Pemula dalam PIGP
Nama |
: |
HASMIDAR, S.Pd |
Kabupaten/Kota |
: |
MAKASSAR |
||||
Jenis Guru |
: |
GURU KELAS |
Provinsi |
: |
SULAWESI SELATAN |
||||
|
|||||||||
No |
Komponen Penentu Keberhasilan |
Hasil Analisis |
|||||||
Ya |
Tidak |
||||||||
1. |
Skor setiap indikator kinerja minimal Baik (3) |
√ |
|
||||||
2. |
Nilai Kinerja Konversi 100 minimal Baik (76) |
√ |
|
||||||
3. |
Nilai Kepribadian dan Sosial minimal Baik (76) |
√ |
|
||||||
Berdasarkan analisis hasil laporan penilaian kinerja guru pemula dan
penilaian kepribadian dan sosial guru pemula sebagaimana tercantum di atas,
maka HASMIDAR,
S.Pd
dinyatakan Berhasil dalam Program Induksi Guru Pemula
(PIGP) dan
direkomendasikan untuk diterbitkan Sertifikat PIGP oleh Kepala Dinas
Pendidikan kabupaten/kota/provinsi sesuai kewenangannya. |
|||||||||
Mengetahui: Pengawas Sekolah, Dra. Hj. Harlina Haris, M.Pd Nip. |
Makassar,29 Februari2016 Kepala Sekolah, Hj. Sulaiha Nontji, S. Pd Nip. |
||||||||
BERMUTU PROJECT
PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA
INSTRUMEN KESIAPAN PELAKSANAAN
PETUNJUK: 1.
Instrumen
ini diisi oleh Kepala Sekolah 2.
Isilah
kolom-kolom data dengan benar 3. |
|||||||||
NO |
PENDATAAN |
||||||||
1 |
DATA
GURU PEMULA |
||||||||
Nama Guru Pemula: |
HASMIDAR, S.Pd |
Jenis Kelamin |
|||||||
NUPTK: |
|
a.
|
|||||||
Alamat Guru Pemula: |
JL. |
||||||||
Jenjang Pendidikan Terakhir: |
a. |
||||||||
Jurusan/Program Studi: |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
||||||||
Mata Ajaran yang diampu/guru kelas: |
a.
|
b. |
|||||||
Nama Institusi Pendidikan Terakhir: |
UNM MAKASSAR |
||||||||
Sekolah Tempat Bertugas: |
Nama |
:SD INP. KELAPA TIGA I |
|||||||
No.Telp |
: - |
||||||||
Kepala Sekolah: |
Nama |
: Hj.Sulaiha Nontji, S.Pd. |
|||||||
No.Telp/HP |
: |
||||||||
Alamat Sekolah Tempat Bertugas: |
JL. BAKTI IV NO.51 |
||||||||
Kecamatan: |
RAPPOCINI |
||||||||
Kabupaten/Kota: |
MAKASSAR |
||||||||
Provinsi: |
SULAWESI SELATAN |
||||||||
2 |
KESIAPAN
SDM |
||||||||
Kepala sekolah mengetahui
proses implementasi Program
Induksi |
|
|
|||||||
Kepala sekolah pernah mengikuti pelatihan/sosialisasi Program Induksi |
|
|
|||||||
Ada guru yang pernah mengikuti pelatihan/sosialisasi Program Induksi |
|
|
|||||||
Ada Guru yang layak untuk menjadi pembimbing |
|
|
|||||||
Menurut Bapak/Ibu Pengawas Sekolah mengetahui proses implementasi Program
Induksi |
|
|
|||||||
Menurut Bapak/Ibu Pengawas Sekolah pernah mengikuti/sosialisasi Program
Induksi |
|
|
|||||||
3 |
DOKUMEN
UTAMA |
||||||||
Ada Panduan Kerja
Program (PK) Induksi
Guru Pemula (12 PK) |
|
|
|||||||
Ada Modul Program Induksi untuk Kepala Sekolah |
|
|
|||||||
Pengawas Sekolah (PS) memiliki Modul Program Induksi untuk Pengawas
Sekolah (konfirmasi dengan PS) |
|
|
|||||||
Ada Modul Program
Induksi untuk Guru
Pembimbing di sekolah |
|
|
|||||||
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) |
|
|
|||||||
Peraturan-peraturan sekolah yang
perlu diketahui guru
pemula |
|
|
|||||||
4 |
DUKUNGAN
SEKOLAH |
||||||||
Sekolah telah menyiapkan rencana
pelaksanaan program induksi |
|
|
|||||||
Sekolah telah mengalokasikan anggaran untuk mendukung pelaksanaan program
induksi |
|
|
|||||||
Sekolah telah melakukan sosialisasi tentang program induksi guru pemula
kepada para guru dan atau karyawan lain di sekolah |
|
|
|||||||
Sekolah telah melakukan sosialisasi tentang program induksi guru pemula
kepada komite sekolah |
|
|
|||||||
Makassar,7 Februari 2016 Kepala Sekolah Hj.Sulaiha Nontji, S.Pd. NIP. |
|||||||||
JADWAL PENDAMPINGAN
SD INPRES KELAPA TIGA I
NO |
WAKTU |
KELAS/MATA
PELAJARAN |
KET |
|||||
I |
II |
III |
IV |
V |
VI |
|||
1 |
07.30 – 08.50 |
- |
- |
- |
BI |
MAT |
MAT |
|
2 |
08.50 – 10.10 |
MAT |
- |
MAT |
MAT |
BI |
IPA |
|
3 |
10.10 – 10.40 |
ISTIRAHAT |
||||||
4 |
10.40 – 12.00 |
|
|
IPA |
IPS |
|
|
|
5 |
12.00 – 13.00 |
ISTIRAHAT |
||||||
6 |
13.00 – 15.00 |
REFLEKSI |
||||||
7 |
14.00 – 17.00 |
DISKUSI/KONSULTASI DENGAN GURU SD INPRES KELAPA
TIGA I |
HASIL
PENILAIAN KINERJA
Analisis Data
Skore/nilai setiap aspek kompetensi guru inti masing-masing diberi bobot sesuai jumlah aspek kompetensi guru kelas/mata pelajaran sebagai berikut:
RANGKUMAN HASIL PENILAIAN KINERJA GURU
TAHUN 2015 / 2016
Nama Sekolah : SD INPRES KELAPA TIGA I
Nama Guru :HASMIDAR, S.Pd
No |
Standar
Kompetensi |
Aspek
Kompetensi Inti Guru |
Skor |
Jml |
Mak |
Skor |
|||
1 |
Kompetensi Pedagogik |
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari
aspek fisik, moral, sosial, cultural, emosional, dan intelektual 2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik 3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan
mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu 4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik 5. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk kepentingan pembelajaran 6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki 7. Berkomunikasi secara efektif, empatik,
dansantun dengan peserta didik 8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar 9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan pembelajaran 10. Melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas pembelajaran |
4 3 6 6 1 2 2 7 4 3 |
|
2 |
Kompetensi
Kepribadian |
1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial,
dan kebudayaan nasional Indonesia 2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur,
berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat 3. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap,
stabil, dewasa, arif, dan berwibawa 4. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri 5. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru |
2 3 2 3 3 |
|
3 |
Kompetensi Sosial |
1. Bersifat inklusif, bertindak obyektif, seta
tidak deskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi
fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi 2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat 3. Beradaptasi ditempat tugas diseluruh wilayah
Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya 4. Berkomunikasi dengan komunitas profesi
sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain |
2 3 2 2 |
|
4 |
Kompetensi
Profesional |
1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuwan yang mendukung mata pelajaran yang diampu 2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu 3. Mengembangkan materi pelajaran yang diampu
secara kreatif 4. Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan melakukan tindakan
reflektif 5. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dan mengembangkan diri |
2 3 2 4 2 |
|
|
|
Jumlah |
92/91 |
|
Nilai Kinerja Guru Kelas = (∑skore Pa) + (∑skore Ke) + (∑skore
So) + (∑skore Pr) X 100
92
Nilai Kinerja Guru Mapel = (∑skore Pa) + (∑skore Ke) +
(∑skore So) + (∑skore Pr) X 100
91
C.8. Kualifikasi
Hasil Penilaian
Nilai Kinerja Guru dikualifikasikan sebagai berikut:
Rentang
Nilai |
Kualifikasi |
Keterangan |
86 – 100 |
A |
Sangat Baik |
71 – 85 |
B |
Baik |
55 – 70 |
C |
Cukup |
41 – 54 |
D |
Kurang |
0 – 42 |
E |
Sangat Kurang |
C.9. Rekomendasi
Hasil Penelitian Kinerja Guru
No |
Rentang Nilai |
Kualifikasi |
Rekomendasi |
Interpretasi Rekomendasi |
1 |
86 – 100 |
A |
R.1 |
1. Guru berkinerja sangat baik 2. Pembinaan karier dioptimalkan |
2 |
71 – 85 |
B |
R.2 |
1. Guru berkinerja baik 2. Pembinaan karier dioptimalkan |
3 |
55 – 70 |
C |
R.3 |
1. Guru berkinerja cukup 2. Perlu pembinaan standar kompetensinya |
4 |
41 – 54 |
D |
R.4 |
1. Guru berkinerja kurang 2. Perlu pembinaan |
5 |
0 – 42 |
E |
R.5 |
1. Guru berkinerja sangat kurang 2. Tidak layak menjadi guru |
DARI HASIL UJI
KOMPETENSI OLEH KEMDIKNAS
REVISI KOMPETENSI
HANYA 2 KOMPETENSI:
STANDAR KOMPETENSI PEDAGOGIK
No |
KOMPETENSI INTI GURU |
KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN |
1 |
Menguasai
karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural,
emosional, dan intelektual |
1.1.Memahami karakteristik peserta didik yang
berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral,
spiritual, dan latar belakang sosial budaya 1.2.Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam
mata pelajran yang diampu 1.3.Mengidentifikasi bekal ajar awal peserta
didik dalam mata pelajaran yang diampu 1.4.Mengidentifikasi kesulitan belajar pserta
didik dalam mata pelajaran yang diampu |
2 |
Menguasai teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik |
2.1.Memahami berbagai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan dengan mata
pelajaran yang diampu 2.2.Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata
pelajaran yang diampu |
3 |
Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu |
3.1.Memahami prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum 3.2.Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu 3.3.Menentukan pengalaman belajar yang sesuai
untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu 3.4.Memilih materi pembelajaran yang diampu yang
terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran 3.5.Menata materi pembelajran secara benar sesuai
dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik 3.6.Mengembangkan indicator dan instrument
penilaian |
4 |
Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik |
4.1.Memahami prinsip-prinsip perancangan
pembelajaran yang mendidik 4.2.Mengembangkan komponen-komponen rancangan
pembelajaran 4.3.Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap,
baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan 4.4.Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di
kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan
yang dipersyaratkan 4.5.Menggunakan media pembelajaran dan sumber
belajar yang relevan dengan
karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang utuh 4.6.Mengambil keputusan transaksional dalam
pembelajaran yang diampu sesuai denga situasi yang berkembang |
5 |
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
5.1.Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam pembelajaran yang diampu |
6 |
Memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki |
6.1.Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal 6.2.Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitas |
7 |
Berkomunikasi secara
efketif,empatik, dan santun dengan peserta didik |
7.1.Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang
efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain 7.2.Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dan interaksi
kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklika; dari (a)
Penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan
melalui bujukan dan contoh, (b) Ajakan kepada pesrta didik untuk ambil
bagian, (c) Respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) Reaksi guru
terhadap respons peserta didik, dan seterusnya |
8 |
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar |
8.1.Memahami prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
yang diampu 8.2.Menentukan aspek-aspek proses dan hasil
belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik
mata pelajaran yang diampu 8.3.Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar 8.4.Membangun instrument penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar 8.5.Mengadministrasikan penilaian proses dan
hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrument 8.6.Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil
belajar untuk berbagai tujuan 8.7.Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar |
9 |
Memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran |
9.1.Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar 9.2.Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan 9.3.Mengkomunikasikan hasilpenilaian dan evaluasi
kepada pemangku kepentingan 9.4.Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pemebelajaran |
10 |
Melakukan tindakan
reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran |
10.1.Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan 10.2.Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan
dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu 10.3.Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu |
STANDAR KOMPETENSI PROFESIONAL
NO |
KOMPETENSI INTI GURU |
KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN |
Kompetensi Profesional |
|
|
20 |
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Bahasa Indonesia 20.1
Memahami hakikat
bahasa dan pemerolehan bahasa. 20.2 Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa
Indonesia. 20.3 Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik
dan benar. 20.4 Memiliki
keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) 20.5 Memahami
teori dan genre sastra Indonesia. 20.6 Mampu
mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif. Matematika 20.7 Menguasai pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika,
aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. 20.8 Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal
untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia
nyata. 20.9 Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan
keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari. 20.10 Mampu
menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, dan piranti lunak
komputer. IPA 20.11 Mampu melakukan
observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung. 20.12 Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum
ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari. 20.13 Memahami
struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antarkonsep,
yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. IPS 20.14 Menguasai materi keilmuan yang meliputi
dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. 20.15 Mengembangkan
materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. 20.16 Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan
prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat
Indonesia dan dinamika kehidupan global. 20.17 Memahami
fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan
global. PKn 20.18 Menguasai materi keilmuan yang meliputi
dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan
pembelajaran PKn. 20.19 Menguasai
konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional
Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. 20.20
Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta
penegakan hukum secara adil dan benar. Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan
norma 20.21 kewarganegaraan Indonesia yang demokratis
dalam konteks kewargaan negara dan dunia. |
21 |
Menguasai standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu |
21.1. Memahami standar kompetensi mata pelajaran
yang diampu 21.2. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang
diampu 21.3. Memahami tujuan pembelajaran yang diampu |
22 |
Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu |
22.1. Memilih materi pembelajaran yang diampu
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik 22.2. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara
kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik |
23 |
Mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
23.1. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri
secara terus menerus 23.2. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
peningkatan keprofesionalan 23.3. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
peningkatan keprofesionalan 23.4. Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari
berbagai sumber |
24 |
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri |
24.1. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam berkomunikasi 24.2. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan diri |
Kerangka Kegiatan dan
Indikator Monitoring Pelaksanaan Pembelajaran
No |
Kompetensi |
Indikator |
1 |
Penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran |
1. Mampu mendeskripsikan kompetensi/tujuan
pembelajaran 2. Mampu memilih/menentukan materi 3. Mampu mengorganisir materi 4. Mampu menentukan strategi/metode pembelajaran 5. Mampu menentukan sumber belajar dan media
pembelajaran 6. Mampu menyusun perangkat penilaian 7. Mampu menentukan teknik penilaian 8. Mampu mengalokasikan waktu |
2 |
Pelaksanaan
Pembelajaran |
1. Mampu membuka pembelajaran (set induction) 2. Mampu mengorganisasi materi pembelajaran 3. Mampu menggunakan metode 4. Mampu memanfaatkan media/alat peraga 5. Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif 6. Mampu memotivasi siswa 7. Mampu mengorganisasi kegiatan 8. Mampu berinterkasi secara komunikatif dengan
siswa 9. Mampu membimbing peserta didik membuat
kesimpulan 10. Mampu memberikan umpan balik 11. Mampu melaksanakan penilaian 12. Mampu mengelola waktu |
3 |
Penilaian Prestasi
Belajar Siswa |
1. Mampu menentukan soal berdasarkan tingkat
kesukaran 2. Mampu menilai soal berdasarkan tingkat
pembeda 3. Mampu menindak lanjuti soal yang tidak valid 4. Mampu memeriksa jawaban 5. Mampu mengklasifikasikan hasil penilaian 6. Mampu mengolah hasil penilaian 7. Mampu menganalisis hasil penilaian 8. Mampu membuat interpretasikan kecendurangan
hasil penilaian 9. Mampu menentukan korelasi antara soal
berdasarkan hasil penilaian 10. Mampu mengedentifikasi tingkat variasi hasil
penilaian 11. Mampu menyimpulkan hasil penilaian secara
jelas dan logis |
4 |
Pelaksanaan
TindakLanjut Pembelajaran |
1. Mampu mengkondisikan peserta didik belajar
secara mandiri 2. Mampu melakukan kesepakatan materi berikutnya |
LEMBAR OBSERVASI LESSON STUDY
1.
Siswa Belajar: (Siswa
yang mana, Saat kapan, apa yang dilakukan, kenapa dia melakukan itu)
Siswa atas nama Amanda, Jumriani, dan
Fardam, mereka menunjukkan sikap antusias dalam mengikuti pembelajaran, ini
nampak ketika guru sedang menjelaskan mereka selalu aktif bertanya. Hal ini
dilakukan karena siswa tersebut sadar bahwa memperhatikan guru, mengikuti
pelajaran dengan sikap disiplin merupakan kunci keberhasilan belajar.
2.
Siswa Tidak
Belajar: (Siswa yang mana, Saat kapan, apa yang dilakukan, kenapa dia
melakukan itu)
Siswa atas nama
Audy dan Alamsyah, Mereka mengganggu teman, kurang memperhatikan guru ketika
sedang menjelaskan, Hal ini dilakukan karena siswa belum menguasai operasi
perkalian dan pembagian serta siswa kurang menyadari pentingnya menyimak proses
pembelajaran.
3.
Manfaat Apa yang
dapat diambil dari pengamatan pembelajaran ini:
Manfaat yang
kami peroleh dari pengamatan ini ialah bertambah ilmu kami (guru pemula)
tentang adanya berbagai macam perbedaan karakater yang ada pada setiap peserta
didik, motivasi belajar, dan kesadaran akan pentingnya belajar. Kedua menjadi
bekal bagi kami (guru pemula) kedepannya untuk lebih mendalami lagi dan
mengoptimalkan pelayanan pembelajaran dan pendidikan yang diberikan kepada
peserta didik.
NAMA OBSERVER : HASMIDAR, S.Pd
GURU BID. STUDI : Guru Kelas
NAMA GURU MODEL : Muh. Kasim, S.Pd
MATA PELAJARAN : Matematika
TEMPAT OPEN CLASS : Kelas V SD INPRES KELAPA TIGA I
LEMBAR OBSERVASI LESSON STUDY
KEGIATAN PENDAHULUAN:
A. Bagaimana kesiapan belajar siswa (respon siswa, ketika guru melakukan persiapan pembelajaran)
Siswa terlihat sangat antusias untuk
belajar, hal ini terlihat ketika guru mempersiapkan media pembelajaran, siswa
bertanya-tanya.
B. Bagaimana kondisi/respon siswa ketika guru menyampaikan kegiatan apersepsi/motivasi/pemanasan berpikir?
Respon siswa ketika guru melakukan pemanasan berfikir ialah siswa terlihat semangat mengikuti pembelajaran, hal ini terlihat ketika guru melemparkan (pertanyaan-pertanyaan bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa tentang materi yang akan dibawakan) beberapa pertanyaan, siswa berebutan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
KEGIATAN INTI:
A. Bagaimana interaksi yang terjadi dalam pembelajaran: antara siswa-siswa, siswa dengan guru.
Interaksi antara siswa-siswi (kapan terjadi interaksi dan sampai kapan terjadi)
Interaksi terjadi pada waktu siswa dibagi
kedalam kelompok-kelompok kecil, yang mana setiap anggota kelompok melakukan
diskusi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Interaksi berakhir ketika siswa
sudah duduk secara individual untuk mengikuti tes penilaian belajar.
Interaksi antara siswa dengan guru (kapan terjadi interaksi dan sampai kapan terjadi)
Interaksi terjadi pada waktu awal pembukaan
pembelajaran hingga tahap akhir pembelajaran.
B. Siswa mana yang tidak bisa mengikuti pembelajaran (harus berdasarkan fakta, nama/no.absen)?
Audy Firmansyah dan Nur Alamsyah.
C. Mengapa siswa tersebut tidak dapat belajar dengan baik dan penyebabnya?
Karena ketika siswa tersebut masih malu
untuk berbicara baik teman maupun guru, kurang percaya diri, mengganggu teman,
serta kurang menyimak ketika guru sedang menjelaskan pelajaran. Penyebabnya
kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, penggunaan media yang kurang
maksimal.
D. Bagaimana cara guru mengatasi siswa yang tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik?
Caranya lebih banyak menekankan pelibatan
siswa dalam kegiatan belajar, memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil
kedepan, memaksimalkan penggunaan media, dan penggunaan ICT.
E. Menurut anda, alternatif apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar tersebut?
Alternatif yang dilakukan yang pertama yaitu
mendiagnosis masalah yang ada pada siswa tersebut.Kedua memberikan
obat/penanggulangan yang sesuai dengan masalah yang dialami anak tersebut.
F. Bagaimana usaha guru dalam mendorong siswa yang tidak aktif.
Memberikan lebih banyak kesempatan terhadap
siswa tersebut, memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mudah, memberikan
dorongan atau motivasi untuk lebih percaya diri bahwa dalam kelas ini kita
semua belajar dan jangan takut salah, serta lebih memberanikan diri untuk
tampil didepan kelas.
KEGIATAN PENUTUP
A. Bagaimana keterlibatan siswa dalam kegiatan penutup (merangkum, merefleksi, dan sebagainya)
Siswa dengan bimbingan guru diberikan
kesempatan untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dilaksanakan.
B. Bagaimana respon siswa ketika guru menyampaikan tindak lanjut (memberi arahan, memberi tugas sebagai bagian dari remedi)
Siswa melakukan tugas tindak lanjut yang
diberikan oleh guru dengan penuh tanggung jawab untuk menyelesaikan.
MANFAAT YANG DAPAT DIAMBIL DARI PEMBELAJARAN:
Pelajaran berharga apa yang dapat anda petik setelah mengikuti observasi dan diskusi ini?
1. Mengarahkan kepada guru menjalankan tugas
dengan penuh rasa tanggung jawab.
2. Menjadi wahana silaturahmi dan pengenalan
antara guru pemula dengan guru-guru lainnya serta perangkat yang ada di
dalamnya, baik siswa maupun orang tua siswa dalam hal ini adalah masyarakat
sekitar.
3. Menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana
merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan didalam
kelas.
4. Membagi/sharing ilmu yang diperoleh kepada
guru maupun masyarakat pada umumnya.
5. Menjadi tempat untuk menelaah dan
mengidentifikasi kemampuan guru pemula melalui penilaian atas kinerja awal demi
perbaikan lebih lanjut
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
SEKOLAH DASAR INPRES KELAPA TIGA I
Lembar Rekapitulasi Hasil Observasi
Pembelajaran Guru Kelas Pemula
a.
Identitas |
||||||||||||||||
Nama |
: |
HASMIDAR, S.Pd |
Sekolah |
:SD INPRES KELAPA TIGA I |
||||||||||||
PendidikanTerakhir |
: |
S1 |
Kabupaten/Kota |
: MAKASSAR |
||||||||||||
InstitusiPendidikan |
: |
UNM
MAKASSAR |
Provinsi |
: SULAWESI SELATAN |
||||||||||||
Kelas |
: |
VI (ENAM) |
Jumlah jam/minggu |
: 24 Jam |
||||||||||||
Mata
Pelajaran |
: |
GURU KELAS |
|
|
||||||||||||
|
||||||||||||||||
b.
HasilPenilaian |
||||||||||||||||
Kompetensi / Sub Kompetensi |
Penilaian |
|||||||||||||||
Tahap 1 |
Tahap 2 (rerata) |
NilaiAkhir |
||||||||||||||
Pembimbing |
KS (rerata) |
PS (rerata) |
||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
|
|
||||||||
1.
Kompetensi Pedagogis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.1 |
Memahami latar belakang
siswa |
3 |
4 |
|
|
|
|
3 |
3 |
3,25 |
||||||
1.2 |
Memahami teori belajar |
|
|
2 |
4 |
|
|
3 |
3 |
3,00 |
||||||
1.3 |
Pengembangan kurikulum |
|
|
|
|
3 |
4 |
4 |
4 |
3,75 |
||||||
1.4 |
Aktivitas pengembangan
pendidikan |
|
|
3 |
|
|
4 |
4 |
4 |
3,75 |
||||||
1.5 |
Peningkatan potensi
siswa |
|
|
|
3 |
|
4 |
3 |
3 |
3,25 |
||||||
1.6 |
Berkomunikasi dengan
siswa |
3 |
4 |
|
|
|
|
3 |
3 |
3,25 |
||||||
1.7 |
Penilaian & Evaluasi |
|
|
|
3 |
4 |
|
4 |
3 |
3,50 |
||||||
2.
Kompetensi Kepribadian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.1 |
Berperilaku sesuai
dengan norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia |
3 |
|
|
|
4 |
|
3 |
4 |
3,50 |
||||||
2.2 |
Kepribadian matang dan
stabil |
|
|
3 |
3 |
3 |
4 |
3 |
3 |
3,17 |
||||||
2.3 |
Memiliki etika kerja dan
komitmen serta kebanggan menjadi guru |
|
|
|
3 |
|
4 |
3 |
3 |
3,25 |
||||||
3.
Kompetensi Sosial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
3.1 |
Berperilaku inklusif,
objektif, dan tidak pilih kasih |
3 |
3 |
|
|
|
|
3 |
3 |
3,00 |
||||||
3.2 |
Komunikasi guru dengan
guru, pegawai sekolah/madrasah, orang tua, dan masyarakat |
|
|
3 |
|
|
|
3 |
3 |
3,00 |
||||||
4.
Kompetensi Profesional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
3.1 |
Pengetahuan dan
pemahaman tentang struktur, isi, dan standar kompetensi mata pelajaran serta
tahap-tahap pengajaran |
3 |
4 |
|
|
|
|
3 |
3 |
3,25 |
||||||
3.2 |
Profesionalisme yang
meningkat melalui refleksi diri |
|
|
3 |
|
3 |
4 |
3 |
3 |
3,20 |
||||||
Jumlah |
|
|
|
46,12 |
||||||||||||
Rekomendasi: Berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula pada
Pembimbingan Tahap 2, dan mempertimbangkan Penilian Kinerja Guru Pemula pada pembimbingan(PenilaianTahap 1), bahwa HASMIDAR, S.Pd, memperoleh Nilai Kinerja
|
||||||||||||||||
Pengawas Sekolah, Dra. Hj. Harlina Haris,
M.Pd Nip. |
Kepala Sekolah, Hj.Sulaiha Nontji ,S.Pd. NIP. |
Makassar,29 Februari 2016 Pembimbing, Muh. kasim, S.Pd NIP. |
||||||||||||||
* ** |
Berhak
memperoleh Sertifikat Program Induksi yang diterbitkan oleh Kepala Dinas
Pendidikan/Kepala Kantor Kementerian Agama yang berwenang atas usulan Kepala
Sekolah yang bersangkutan. Berhak
mengikuti perpanjangan program induksi bagi guru pemula yang baru mengikuti
program induksi tahun pertama, atau berhak diberitugas mengajar
tanpa jabatan fungsional guru, bagi guru pemula yang telah mengikuti
perpanjangan program induksi. |
|||||||||||||||
Asli untuk guru pemula |
Salinan untuk
pengawas sekolah/madrasah |
|||||||||||||||
Salinan untuk kepala sekolah/madrasah |
Salinan
untuk dinas pendidikan |
|||||||||||||||
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
SD INPRES KELAPA TIGA I
Laporan Hasil Penilaian
Kinerja Guru Pemula
Pada Program Induksi Guru Pemula
Nama |
:HASMIDAR, S.Pd |
Sekolah/Madrasah |
: SD INPRES KELAPA
TIGA I |
||||||||||
Pedidikan Terakhir |
: S1 |
Kabupaten/Kota |
: MAKASSAR |
||||||||||
Institusi
Pendidikan |
:UNM |
Provinsi |
: SULAWESI
SELATAN |
||||||||||
Kelas yang
diajar |
: VI (ENAM) |
Jumlah jam
per minggu |
: 24 Jam |
||||||||||
Mata
pelajaran yang diampu |
: GURU KELAS |
|
|
||||||||||
B.
Jika Skor 4 B. Jika Skor 3 C. Jika Skor 2 D. Jika Skor 1 |
|||||||||||||
Kompetensi |
A |
B |
C |
D |
Catatan Pengamat |
||||||||
5.
Kompetensi Pedagogis |
|||||||||||||
5.1.
Memahami latar belakang siswa |
√ |
|
|
|
Telah menujukkan pemahaman yang baik
tentang latar belakang siswa serta teori-teori belajar dan komunikasi
diantara siswa pada pembelajaran berjalan efektif. Terampil dalam menyusun
rencana pembelajaran yang memfokus keterlibatan siswa pada proses
pembelajaran. Guru perlu melakukan penilaian awal
siswa untuk pengembangan rencana pembelajaran. Dia juga perlu sering
memberikan masukan kepada siswa secara individual pada proses pembelajaran
dan memberikan komentar tertulis pada pekerjaan siswa untuk penilaiannya |
||||||||
5.2.
Memahami teori belajar |
√ |
|
|
|
|||||||||
5.3.
Pengembangan kurikulum |
|
√ |
|
|
|||||||||
5.4.
Aktivitas pengembangan pendidikan |
|
√ |
|
|
|||||||||
5.5.
Peningkatan potensi siswa |
|
√ |
|
|
|||||||||
5.6.
Berkomunikasi dengan siswa |
√ |
|
|
|
|||||||||
5.7.
Penilaian & Evaluasi |
|
√ |
|
|
|||||||||
6.
Kompetensi
Kepribadian |
|||||||||||||
6.1.
Berperilaku sesuai dengan norma,
kebiasaan dan hukum di Indonesia |
√ |
|
|
|
Telah menunjukkan rasa bangga dan
perilaku sesuai dengan norma masyarakat yang sangat tinngi. Dia juga
berpakaian sesuai sebagai seorang guru dan teladan bagi siswa. |
||||||||
6.2.
Kepribadian matang dan stabil |
|
√ |
|
|
|||||||||
6.3.
Memiliki etika kerja dan komitmen
serta kebanggan menjadi guru |
√ |
|
|
|
|||||||||
7.
Kompetensi Sosial |
|||||||||||||
7.1.
Berperilaku inklusif, objektif, dan
tidak pilih kasih |
√ |
|
|
|
Telah mampu menunjukkan hubungan
yang rukun dan komunikatif diantara sesama guru, pembimbing, tenaga
kependidikan, dan masyarakat |
||||||||
7.2.
Komunikasi guru dengan guru, pegawai
sekolah/madrasah, orang tua, dan masyarakat |
√ |
|
|
|
|||||||||
8.
Kompetensi Profesional |
|||||||||||||
8.1.
Pengetahuan dan pemahaman tentang
struktur, isi, dan standar kompetensi mata pelajaran serta tahap-tahap
pengajaran |
|
√ |
|
|
Telah menunjukkan penguasaan
materi pelajaran. Tugas-tugas mendatang dalam menyusun rancangan pembelajaran
memperhatikan usia dan kemampuan siswa.. Dia adalah guru yang dapat
mendiskusikan dan merefleksikan pekerjaan dengan pembimbing |
||||||||
8.2.
Profesionalisme yang meningkat
melalui refleksi diri |
|
√ |
|
|
|||||||||
Rekomendasi: Berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja Guru
Pemula pada Pembimbingan Tahap 2, dan mempertimbangkan Penilian Kinerja Guru
Pemula pada Pembimbingan Tahap 1, bahwa HASMIDAR,
S.Pd memperoleh Nilai Kinerja |
|||||||||||||
Pengawas Sekolah, Dra.
Hj. Harlina Haris, M.Pd Nip. |
Makassar, 29 Februari2016 Kepala Sekolah, Hj.Sulaiha Nontji ,S.Pd. NIP.
|
||||||||||||
Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan
Dinas Pendidikan Kota Makassar
SD INPRES KELAPA TIGA I
Laporan Keberhasilan Guru Pemula dalam PIGP
Nama |
: |
HASMIDAR,S.Pd |
Kabupaten/Kota |
: |
MAKASSAR |
||||
Jenis Guru |
: |
GURU KELAS |
Provinsi |
: |
SULAWESI SELATAN |
||||
|
|||||||||
No |
Komponen Penentu Keberhasilan |
Hasil Analisis |
|||||||
Ya |
Tidak |
||||||||
1. |
Skor setiap indikator kinerja minimal Baik (3) |
√ |
|
||||||
2. |
Nilai Kinerja Konversi 100 minimal Baik (76) |
√ |
|
||||||
3. |
Nilai Kepribadian dan Sosial minimal Baik (76) |
√ |
|
||||||
Berdasarkan analisis hasil laporan penilaian kinerja guru pemula dan
penilaian kepribadian dan sosial guru pemula sebagaimana tercantum di atas,
maka HASMIDAR, S.Pd dinyatakan Berhasil dalam Program Induksi Guru Pemula (PIGP) dan direkomendasikan untuk diterbitkan
Sertifiklat PIGP oleh Kepala Dinas Pendidikan kabupaten/kota/provinsi sesuai
kewenangannya. |
|||||||||
Mengetahui: Pengawas Sekolah, Dra. Hj. Harlina Haris, M.Pd Nip. |
Makassar, 29
Februari 2016 Kepala Sekolah, Hj.Sulaiha Nontji ,S.Pd. NIP.
|
||||||||
No comments:
Post a Comment