Monday, March 29, 2021

RPP Planet

 

1, Membuat Rancangan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                : SD Inpres Kelapa Tiga I

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester                      : VI/II

Materi Pembelajaran            : Planet sebagai anggota tata surya

 

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit

                                                                                                                                                           

I.             Standar Kompetensi

Menahamami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bum dalam tata surya.

 

II.          Kompetensi Dasar

9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya.

 

III.       Indikator

o Kognitif

·   Produk  : -   Mengidentifikasi minimal 4 planet.

 

·   Proses   : -   Mengurutkan posisi planet-planet dalam tata surya dari yang

                                                terdekat dari matahari.

 

o Psikomotor

·   Membuat garis lintasan planet-planet.

 

o Afektif

1.      Karakter

·   Teliti

·   Tanggungjawab

2.      Keterampilan sosial

·   Bertanya

·   Menyumbang ide atau pendapat

 

IV.       Tujuan Pembelajaran

 

o Kognitif

·   Produk  : -  Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi minimal 4   

      planet.

 

·   Proses   : -   Melalui kerja kelompok, siswa dapat mengurutkan posisi planet-

      planet dalam tata surya dari yang terdekat dari matahari.

 

o Psikomotor

·   Melalui kerja kelompok, siswa dapat terampil membuat garis lintasan planet-planet.

 

o Afektif

1.   Karakter

·   Teliti,siswa dapat teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

·   Tanggungjawab, siswa dapat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya baik dalam kelompok maupun individu.

2.   Keterampilan sosial

·   Bertanya,siswa aktif bertanya mengenai materi yang diberikan.

·   Menyumbang ide atau pendapat, siswa aktif dalam menanggapi pertanyaan dan menyumbangkan ide saat proses pembelajaran berlangsung.

 

V.          Materi pembelajaran

o  Planet sebagai anggota tata surya.

 

VI.       Model dan Metode Pembelajaran

o  Model pembelajaran

·         Model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

 

o  Metode pembelajaran

·         Ceramah.

·         Tanya-jawab.

·         Pemberian tugas.

 

VII.    Sumber dan Media Pembelajaran

o   Sumber belajar

·      Buku IPA SD kelas VI.

o   Media pembelajaran

·      Gambar-gambar planet.

·      Animasi planet

·      KIT IPA Planet

 

VIII. Proses Belajar Mengajar / Skenario Pembelajaran

 

·      Kegiatan awal

Kegiatan

waktu

1.      Guru menyiapkan siswa untuk belajar.

2.      Berdoa.

3.      Guru melakukan absensi.

4.      Guru melakukan apersepsi.

5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

± 15 menit

 

·      Kegiatan inti

Kegiatan

waktu

1.      Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll).

  1. Guru menyajikan pelajaran mengenai topik pembelajaran planet sebagai anggota tata surya.
  2. Disela-sela guru menyajikan bahan ajar sesekali guru melempar pertanyaan kepada murid yang berkaitan dengan materi pelajaran.
  3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
  4. Setelah selesai mengerjakan tugasnya, setiap kelompok disuruh untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
  5. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
  6. Memberi evaluasi.

±50 menit

 

·      Kegiatan akhir

Kegiatan

waktu

1.      Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.

2.      Guru memberikan pesan-pesan moral.

3.      Menutup pembelajaran.

 

±5 menit

 

 

 

IX.       Penilaian

1.   Teknik penilaian              : Tertulis

2.   Bentuk Instrumen            : LKS dan Evaluasi

3.   Instrumen                                    : lampiran 2 dan 3

4.   Kunci jawaban                 : lampiran 2 dan 3

5.   Pedoman penskoran        : lampiran 2 dan 3

               Daftar Pustaka

Suhartanti, dwi,dkk.2008.Ilmu pengetahuan alam untuk kelas VI SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

 

                                                                                                            Makassar.      Juli 2018

Mengetahui,                                                                                                   

Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas

 

 

                                                                                                 Hasmidar

                                                                                                Nip.

 

 

Lampiran 1

FORMAT BUKU/ BACAAN SISWA

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/ Semester          : VI/ II

Hari/ Tanggal :

Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

 

A.     Judul               : Planet sebagai anggota tata surya.

B.     Tujuan Pembelajaran

A.     Kognitif

a. Produk : -  Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi minimal 4 planet.

 

b.Proses  : -   Melalui kerja kelompok, siswa dapat mengurutkan posisi planet-planet    

                                          dalam tata surya dari yang terdekat dari matahari.

B.     Psikomotor

·      Melalui kerja kelompok, siswa dapat terampil membuat garis lintasan planet-planet.

 

1.      Afektif

3.     Karakter

·   Teliti,siswa dapat teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

·   Tanggungjawab, siswa dapat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya baik dalam kelompok maupun individu.

4.   Keterampilan sosial

·   Bertanya,siswa aktif  bertanya mengenai materi yang diberikan.

·   Menyumbang ide atau pendapat, siswa aktif dalam menanggapi pertanyaan dan menyumbangkan ide saat proses pembelajaran berlangsung.

 

 

 

C.     Uraian Materi

D.     Contoh soal/latihan

1.      Mengapa uranus berwarna biru ?

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.      Tulislah nama planet dalam tata surya secara berurutan, mulai dari yang terdekat dengan matahari ?

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.      Jelaskan mengapa ada kehidupan di bumi ?

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.      Jelaskan penyusun dari cicin planet saturnus?

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5.      Mengapa mars dijuluki sebagai planet merah ?

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

E.     Kunci jawaban

KUNCI JAWABAN

1.      Atmosfer uranus terdiri atas metana yang berwarna biru. Akibat gas alam ini, uranus berwarna biru menakjubkan.

2.      Merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, neptunus.

3.      Karena bumi memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen dan tersedia cukup air. Suhu permukaan bumi rata-rata 22 C sehingga memungkinkan adanya makhluk hidup.

4.      Cicin saturnus diperkirakan terdiri atas debu halus, kerikil, dan butiran-butiran es.

5.      Planet mars sering disebut sebagai planet merah karena tampak kemerahan. Warna merah tersebut berasal dari debu yang banyak diterbangkan angin.

 

 

 

 

F.      Pedoman penskoran

 

Nomor soal

Jenis soal

Skor

1 s.d. 5

Esai

Skor 3 jika jawaban lengkap dan benar.

Skor 2 jika jawaban kurang lengkap dan benar.

Skor 1 jika jawaban kurang lengkap dan salah.

 

Nilai   X 100

 

6.      Daftar pustaka

Suhartanti, dwi,dkk.2008.Ilmu pengetahuan alam untuk kelas VI SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2

LEMBAR KERJA SISWA

Mata pelajaran                                     : Ilmu pengetahuan Alam

Kelas/semester                         : VI/II

Hari/tanggal                             :

Alokasi waktu                          : 15 menit

Nama kelompok                      :

Nama anggota kelompok         :

1.      ……………………………

2.       ……………………………

3.      ……………………………

4.       ……………………………

5.      ……………………………

Kunci jawaban

 

1.      Venus

2.      Merkurius

3.      Neptunus

4.      Merkurius

Pedoman penskoran

Nomor soal

Jenis soal

skor

1 s/d 4

Jawaban singkat

Skor 3 jika jawaban lengkap dan benar.

Skor 2 jika jawaban kurang lengkap dan benar.

Skor 1 jika jawaban kurang lengkap dan salah.

 

 

Nilai   X 100

Lampiran 3

EVALUASI

Jawablah pertanyaan berikut !

1.       Mengapa uranus berwarna biru ?

Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….

2.       Tulislah nama planet dalam tata surya secara berurutan, mulai dari yang terdekat dengan matahari ?

Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….

3.       Jelaskan mengapa ada kehidupan di bumi ?

Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….

4.       Jelaskan penyusun dari cicin planet saturnus?

Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….

5.       Mengapa mars dijuluki sebagai planet merah ?

Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

 

KUNCI JAWABAN

6.       Atmosfer uranus terdiri atas metana yang berwarna biru. Akibat gas alam ini, uranus berwarna biru menakjubkan.

7.       Merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, neptunus.

8.       Karena bumi memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen dan tersedia cukup air. Suhu permukaan bumi rata-rata 22 C sehingga memungkinkan adanya makhluk hidup.

9.       Cicin saturnus diperkirakan terdiri atas debu halus, kerikil, dan butiran-butiran es.

10.   Planet mars sering disebut sebagai planet merah karena tampak kemerahan. Warna merah tersebut berasal dari debu yang banyak diterbangkan angin.

 

 

Pedoman penskoran

 

Nomor soal

Jenis soal

Skor

1 s.d. 5

Esai

Skor 3 jika jawaban lengkap dan benar.

Skor 2 jika jawaban kurang lengkap dan benar.

Skor 1 jika jawaban kurang lengkap dan salah.

 

Nilai   X 100

 

 

 

 

Lampiran 4

·         Tabel  penilaian psikomotor

No

Nama kelompok/individu

Aspek yang dinilai

Skor

 

keterangan

1

2

3

1.

2.

3.

4.

dst

 

Melalui kerja kelompok, siswa dapat terampil membuat garis lintasan planet-planet.

 

 

 

 

 

 

Dengan kategori

1 : baik sekali

2 : baik

3 : cukup baik

 

·         Tabel penilaian afektif

No

Nama kelompok/individu

Karakter

Keterampilan sosial

 

Teliti

bertanggungjawab

Bertanya

Menyumbang ide atau pendapat

1

2

3

1

2

3

1

2

3

1

2

3

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

1 : baik sekali

2 : baik

3 : cukup

 

 

TABEL SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN

Ranah

Indikator

LP dan butir soal

Kunci LP dan butir soal

Kognitif

 

 

 

 

Produk :

Mengidentifikasi minimal 4 planet.

LP 3

LP 3

Proses :

Mengurutkan posisi planet-planet dalam tata surya dari yang terdekat

dari matahari.

 

LP 2

LP 2

Psikomotor

Membuat garis lintasan planet-planet.

 

LP 4

 

Afektif

Karakter

-  Teliti

-  Bertanggungjawab

 

LP 4

 

Keterampilan sosial

-  bertanya

-  menyumbang idea tau  

   pendapat

 

LP 4

 

 

 

 

 

 

2.      Penilaian pembelajaran abad 21

Menurut saya penilaian pembelajaran pada abad 21 ini harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut :

1.      Autentik

Penilaian autentik meminta siswa untuk menggunakan proses yang sesuai dengan isi materi dan keterampilan yang sedang dipelajari dan digunakan siswa pada dunia nyata. Penilaian autentik dapat diterapkan pada sebagian besar kinerja atau produk yang dikembangkan siswa untuk didemonstrasikan. Bentuk penilaian autentik yang paling sering digunakan adalah penilain autentik dengan menggunakan daftar ceklist, skala sikap, daftar periksa peringkat produk, dan rubrik.

 

2.      Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio digunakan untuk menilai produk yang berwujud seperti prestasi dalam hal analisis, sintaksis, dan evaluasi. Kunci utama dari penilaian portofolio adalah permintaan untuk siswa merefleksi diri sendiri pada pembelajaran demonstrasi yang sudah dilakukan pada produk portofolio. Untuk menggunakan penilaian portofolio, kita harus menentukan apakah akan menggunakan portofolio tradisional atau portofolio elektronik. Portofolio tradisional berwujud koleksi fisik dari hasil karya siswa, sedangkan portofolio elektronik berisi pekerjaan menggunakan karya digital.

 

3.      Penilaian Tradisional

Ketika guru membutuhkan informasi terkait pengetahuan dan keterampilan khusus yang dimiliki siswa, maka penilaian tradisional digunakan untuk mendemonstrasikan tingkat pengetahuan siswa tersebut. Penilaian tradisional meliputi soal pilihan ganda, mengisi bagian yang kosong, isian singkat, benar salah, dan isian singkat. Penilaian tradisional menggunakan standar tes yang sudah ditentukan sebelumnya untuk mengetahui progres belajar siswa.

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...