1, Membuat Rancangan Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Inpres
Kelapa Tiga I
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI/II
Materi
Pembelajaran : Planet sebagai anggota tata
surya
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
Menahamami matahari sebagai pusat tata surya dan
interaksi bum dalam tata surya.
II.
Kompetensi
Dasar
9.1
Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya.
III.
Indikator
o Kognitif
· Produk : - Mengidentifikasi minimal 4 planet.
· Proses : - Mengurutkan
posisi planet-planet dalam tata surya dari yang
terdekat
dari matahari.
o Psikomotor
· Membuat garis lintasan planet-planet.
o Afektif
1. Karakter
· Teliti
· Tanggungjawab
2.
Keterampilan sosial
· Bertanya
· Menyumbang
ide atau pendapat
IV.
Tujuan
Pembelajaran
o Kognitif
· Produk : - Melalui penjelasan guru, siswa dapat
mengidentifikasi minimal 4
planet.
· Proses : - Melalui kerja
kelompok, siswa dapat mengurutkan posisi planet-
planet dalam tata surya dari yang terdekat
dari matahari.
o Psikomotor
· Melalui kerja kelompok, siswa dapat terampil membuat
garis lintasan planet-planet.
o Afektif
1. Karakter
· Teliti,siswa
dapat teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
· Tanggungjawab,
siswa dapat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya baik dalam kelompok
maupun individu.
2.
Keterampilan sosial
· Bertanya,siswa
aktif bertanya mengenai materi yang diberikan.
· Menyumbang
ide atau pendapat, siswa aktif dalam menanggapi pertanyaan dan menyumbangkan
ide saat proses pembelajaran berlangsung.
V.
Materi
pembelajaran
o Planet
sebagai anggota tata surya.
VI.
Model
dan Metode Pembelajaran
o Model
pembelajaran
·
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
o Metode
pembelajaran
·
Ceramah.
·
Tanya-jawab.
·
Pemberian tugas.
VII.
Sumber
dan Media Pembelajaran
o Sumber
belajar
· Buku
IPA SD kelas VI.
o Media
pembelajaran
· Gambar-gambar planet.
· Animasi planet
· KIT IPA Planet
VIII.
Proses
Belajar Mengajar / Skenario Pembelajaran
· Kegiatan
awal
Kegiatan |
waktu |
1.
Guru menyiapkan siswa untuk belajar. 2.
Berdoa. 3.
Guru melakukan absensi. 4.
Guru melakukan apersepsi. 5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. |
± 15 menit |
· Kegiatan
inti
Kegiatan |
waktu |
1.
Membentuk
kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut
prestasi, jenis kelamin, suku, dll).
|
±50 menit |
· Kegiatan
akhir
Kegiatan |
waktu |
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan
pembelajaran. 2.
Guru memberikan pesan-pesan moral. 3.
Menutup pembelajaran. |
±5 menit |
IX.
Penilaian
1. Teknik
penilaian : Tertulis
2. Bentuk
Instrumen : LKS dan Evaluasi
3. Instrumen : lampiran 2
dan 3
4. Kunci
jawaban : lampiran 2 dan 3
5. Pedoman
penskoran : lampiran 2 dan 3
Daftar
Pustaka
Suhartanti,
dwi,dkk.2008.Ilmu pengetahuan alam untuk
kelas VI SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Makassar. Juli
2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Kelas
Hasmidar
Nip.
Lampiran 1
FORMAT
BUKU/ BACAAN SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/
Semester : VI/ II
Hari/
Tanggal :
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Judul : Planet sebagai anggota tata
surya.
B. Tujuan
Pembelajaran
A.
Kognitif
a.
Produk : -
Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi minimal 4 planet.
b.Proses : -
Melalui kerja kelompok, siswa dapat mengurutkan posisi
planet-planet
dalam tata surya dari yang terdekat dari
matahari.
B.
Psikomotor
·
Melalui
kerja kelompok, siswa dapat terampil membuat garis lintasan planet-planet.
1.
Afektif
3.
Karakter
·
Teliti,siswa
dapat teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
·
Tanggungjawab,
siswa dapat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya baik dalam kelompok
maupun individu.
4. Keterampilan sosial
·
Bertanya,siswa
aktif bertanya mengenai materi yang
diberikan.
·
Menyumbang
ide atau pendapat, siswa aktif dalam menanggapi pertanyaan dan menyumbangkan
ide saat proses pembelajaran berlangsung.
C. Uraian
Materi
D. Contoh
soal/latihan
1.
Mengapa
uranus berwarna biru ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Tulislah
nama planet dalam tata surya secara berurutan, mulai dari yang terdekat dengan
matahari ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Jelaskan
mengapa ada kehidupan di bumi ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Jelaskan
penyusun dari cicin planet saturnus?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Mengapa
mars dijuluki sebagai planet merah ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
E. Kunci
jawaban
KUNCI JAWABAN
1.
Atmosfer
uranus terdiri atas metana yang berwarna biru. Akibat gas alam ini, uranus
berwarna biru menakjubkan.
2.
Merkurius,
venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, neptunus.
3.
Karena
bumi memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen dan tersedia cukup air.
Suhu permukaan bumi rata-rata 22 C sehingga memungkinkan adanya makhluk hidup.
4.
Cicin
saturnus diperkirakan terdiri atas debu halus, kerikil, dan butiran-butiran es.
5.
Planet
mars sering disebut sebagai planet merah karena tampak kemerahan. Warna merah
tersebut berasal dari debu yang banyak diterbangkan angin.
F. Pedoman
penskoran
Nomor soal |
Jenis soal |
Skor |
1 s.d. 5 |
Esai |
Skor
3 jika jawaban lengkap dan benar. Skor
2 jika jawaban kurang lengkap dan benar. Skor
1 jika jawaban kurang lengkap dan salah. |
Nilai
X
100
6.
Daftar pustaka
Suhartanti, dwi,dkk.2008.Ilmu pengetahuan alam untuk kelas VI SD/MI.
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Lampiran
2
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
pelajaran :
Ilmu pengetahuan Alam
Kelas/semester : VI/II
Hari/tanggal :
Alokasi
waktu : 15 menit
Nama
kelompok :
Nama
anggota kelompok :
1.
……………………………
2.
……………………………
3.
……………………………
4.
……………………………
5.
……………………………
Kunci jawaban
1. Venus
2. Merkurius
3. Neptunus
4. Merkurius
Pedoman penskoran
Nomor soal |
Jenis soal |
skor |
1 s/d 4 |
Jawaban singkat |
Skor
3 jika jawaban lengkap dan benar. Skor
2 jika jawaban kurang lengkap dan benar. Skor
1 jika jawaban kurang lengkap dan salah. |
Nilai
X
100
Lampiran 3
EVALUASI
Jawablah pertanyaan berikut !
1.
Mengapa uranus berwarna biru ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
2.
Tulislah nama planet dalam tata
surya secara berurutan, mulai dari yang terdekat dengan matahari ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
3.
Jelaskan mengapa ada kehidupan di
bumi ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
4.
Jelaskan penyusun dari cicin
planet saturnus?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Mengapa mars dijuluki sebagai planet merah ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
KUNCI
JAWABAN
6.
Atmosfer uranus terdiri atas metana yang
berwarna biru. Akibat gas alam ini, uranus berwarna biru menakjubkan.
7.
Merkurius, venus, bumi, mars, yupiter,
saturnus, uranus, neptunus.
8.
Karena bumi memiliki atmosfer yang mengandung
banyak oksigen dan tersedia cukup air. Suhu permukaan bumi rata-rata 22 C
sehingga memungkinkan adanya makhluk hidup.
9.
Cicin saturnus diperkirakan terdiri atas debu
halus, kerikil, dan butiran-butiran es.
10.
Planet mars sering disebut sebagai planet
merah karena tampak kemerahan. Warna merah tersebut berasal dari debu yang
banyak diterbangkan angin.
Pedoman penskoran
Nomor soal |
Jenis soal |
Skor |
1 s.d. 5 |
Esai |
Skor 3 jika jawaban lengkap dan benar. Skor 2 jika jawaban kurang lengkap dan benar. Skor 1 jika jawaban kurang lengkap dan salah. |
Nilai X 100
Lampiran 4
· Tabel penilaian psikomotor
No |
Nama kelompok/individu |
Aspek yang dinilai |
Skor |
keterangan |
||
1 |
2 |
3 |
||||
1. 2. 3. 4. dst |
|
Melalui kerja kelompok, siswa dapat
terampil membuat garis lintasan planet-planet. |
|
|
|
|
Dengan kategori
1 : baik sekali
2 : baik
3 : cukup baik
· Tabel penilaian afektif
No |
Nama kelompok/individu |
Karakter |
Keterampilan sosial |
||||||||||
Teliti |
bertanggungjawab |
Bertanya |
Menyumbang ide atau pendapat |
||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 : baik sekali
2 : baik
3 : cukup
TABEL
SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN
Ranah |
Indikator |
LP dan butir soal |
Kunci LP dan butir soal |
Kognitif |
Produk : Mengidentifikasi minimal 4 planet. |
LP 3 |
LP 3 |
Proses : Mengurutkan posisi planet-planet
dalam tata surya dari yang terdekat dari matahari. |
LP 2 |
LP 2 |
|
Psikomotor |
Membuat garis lintasan
planet-planet. |
LP 4 |
|
Afektif |
Karakter - Teliti - Bertanggungjawab |
LP 4 |
|
Keterampilan
sosial - bertanya - menyumbang idea
tau pendapat |
LP 4 |
|
2.
Penilaian
pembelajaran abad 21
Menurut saya penilaian
pembelajaran pada abad 21 ini harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut :
1.
Autentik
Penilaian autentik meminta siswa untuk menggunakan proses yang sesuai dengan isi materi dan keterampilan yang sedang dipelajari dan digunakan siswa pada dunia nyata. Penilaian autentik dapat diterapkan pada sebagian besar kinerja atau produk yang dikembangkan siswa untuk didemonstrasikan. Bentuk penilaian autentik yang paling sering digunakan adalah penilain autentik dengan menggunakan daftar ceklist, skala sikap, daftar periksa peringkat produk, dan rubrik.
2. Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio digunakan untuk menilai produk yang berwujud seperti prestasi dalam hal analisis, sintaksis, dan evaluasi. Kunci utama dari penilaian portofolio adalah permintaan untuk siswa merefleksi diri sendiri pada pembelajaran demonstrasi yang sudah dilakukan pada produk portofolio. Untuk menggunakan penilaian portofolio, kita harus menentukan apakah akan menggunakan portofolio tradisional atau portofolio elektronik. Portofolio tradisional berwujud koleksi fisik dari hasil karya siswa, sedangkan portofolio elektronik berisi pekerjaan menggunakan karya digital.
3. Penilaian Tradisional
Ketika guru
membutuhkan informasi terkait pengetahuan dan keterampilan khusus yang dimiliki
siswa, maka penilaian tradisional digunakan untuk mendemonstrasikan tingkat
pengetahuan siswa tersebut. Penilaian tradisional meliputi soal pilihan ganda,
mengisi bagian yang kosong, isian singkat, benar salah, dan isian singkat.
Penilaian tradisional menggunakan standar tes yang sudah ditentukan sebelumnya
untuk mengetahui progres belajar siswa.
No comments:
Post a Comment