Tugas M3 KB2.2:
Teori Belajar Kognitif
Kegagalan pembelajaran di
sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi dewasa ini lebih banyak terjadi pada
proses (interaksi) pembelajaran. Setujukah bapak/ibu dengan pernyataan
tersebut? Coba lengkapi jawaban bapak/ibu dengan penjelasan argumentatif.
Saya setuju dengan pernyataan tersebut
, menurut saya kegagalan pembelajaran di sekolah-sekolah dan diperguruan tinggi
dewasa ini banyak terjadi pada proses (interaksi ) pembelajaran karena bebagai
factor, bisa dari segi guru maupun siswa.
1. Dari segi guru
sebagaimana
yang kita ketahui, proses (interaksi) pembelajaran sangat membutuhkan guru yang
memiliki kompetensi pedagogic. Hal ini disebabkan proses pembelajaran
membutuhkan persiapan yang sangat baik, bukan hanya sebatas materi pelajaran
namun lebih dari itu. Seperti : Pemahaman
guru terhadap peserta didik, Guru harus mampu memahami karakteristik setiap
peserta didik selama proses pembelajaran, salah satunya adalah memahami bahwa
anak memiliki aspek kognitif yang memperhatikan proses asimilasi dan akomodasi
dalam proses pembelajaran. Bagaimana mungkin seorang peserta didik akan merasa
siap belajar, ketika guru tidak memahami aspek kognitif anak anak. Anak anak
akan menjadi abai dan malas untuk menerima informasi atau pengalaman baru yang
tidak cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyainya. Perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, Tanpa perancangan yang
baik, maka sudah bisa dipastikan bahwa guru akan sulit menentukan starategi
pembelajaran berdasarkan karaktertik dan latar belakang siswa. Sehingga
interaksi selama pembelajaran akan terkesan mengabaikan karakteristik siswa itu
sendiri.
2.
Dari
segi siswa
Siswa juga merupakan factor penentu dari keberhasilan suatu
proses pembelajaran. Jika kita mengingingkan pembelajaran yang efektif dan
efisien ini juga harus didukung oleh siswa yang benar-benar ingin belajar,
siswa yang berpikir kritis, dan siswa yang mau mencari tahu infirmasi mengenai
pembelajaran bukan hanya dari gurunya saja, apalagi di zaman digital sekarang
kita dimudahkan dalam mencari informasi. Sebab percuma jika gurunya sudah
memepersiapkan semua starategi pembelalajaran yang sedemikian rupa , jika
siswanya tidak koperatif, tidak mau mengembangkan potensinya sendiri yah akan
susah.
3.
Sarana
dan prasarana
Sarana dan prasarana yang mendukung juga diperlukan dalam
keberhasilan proses pembelajaran.
4.
Orang
tua
Keberhasilan proses pembelajaran juga harus didukung oleh
orang tua yang koopertif, yang bisa diajak komunikasi terkait perkembangan
belajar anaknya.
Hasmidar
No comments:
Post a Comment