Tugas M3
KB3.2: Teori Belajar Konstruktivistik
Coba tuliskan strategi dan
langkah-langkah pembelajaran yang dapat bapak/ibu lakukan untuk menerapkan
teori belajar konstruktivistik dalam proses pembelajaran?
Tujuan pembelajaran Mempraktekkan penguraian cahaya dengan tepat.
Strategi pembelajaran Inquiry
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal (±10 menit)
a. Orientasi
1) Menyampaikan pokok bahasan dan sub pokok bahasan
2) Menjelaskan tujuan pembelajaran
3) Mengelola pengetahuan awal siswa mengenai materi penguraian cahaya dengan mengajukan pertanyaan (mengkonstruksi pengetahuan awal siswa)
2. Kegiatan inti (±50 menit)
b. Merumuskan Masalah
1) Guru memberi contoh peristiwa secara
langsung terkait masalah yang akan dirumuskan misalnya peristiwa
pelangi.
2) Guru memberi pertanyaan kepada siswa
terkait peristiwa yang dihadirkan atau mengapa pelangi berwarna-warni?,
ada berapa warna pelangi?, dll.
3) Guru merumuskan masalah berdasarkan
jawaban siswa misalnya mengapa pelangi bisa terjadi ? dan mengapa warna
pelangi ada 7 ?
c. Merumuskan Hipotesis
1) Guru memberi pertanyaan-pertanyaan yang relevan terkait masalah yang telah dirumuskan
2) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya
3) Guru memberi penguatan kepada siswa yang berani mengemukakan pendapatnya
d. Mengumpulkan Data
1) Membagi murid menjadi 4 kelompok secara heterogen
2) Membagikan LKS, alat dan bahan yang akan diperlukan dalam melaksanakan lembar kegiatan
3) Guru membimbing murid mengerjakan lembar kegiatan.
e. Menguji Hipotesis
1) Guru memberi kesempatan kepada perwakilan
setiap kelompok membacakan hasil percobaannya
2) Guru mengarahkan kelompok lain untuk
menanggapi hasil percobaan yang dicakan
3) Guru membimbing murid untuk berdiskusi
menentukan hasil percobaan yang disepakati
3. Kegiatan Akhir (±10 menit)
f. Menarik Kesimpulan
1) Guru membimbing murid untuk menyimpulkan
materi
2) Guru memberi kesempatan kepada murid
mengemukakan kesimpulan
3) Guru meluruskan pemahaman murid
g. Guru menutup pembelajaran.
No comments:
Post a Comment