Monday, March 29, 2021

 

·  Tugas M3 KB2.1: Analisis Video Kognitif

 

Task: Submit to complete this assignmentDalam video kali ini, teacher Toni menyelesaikan masalah pembelajaran yang terjadi di kelas dengan menggunakan teori kognitif. Coba perhatikan bagaimana teacher Toni menyelesaikan masalahnya.

Setelah bapak ibu melihat video bagaimana teacher Toni menyelesaikan masalah belajar dengan teori Kognitif, cobalah bapak ibu membuat simpulan sebanyak 1 halaman tentang bagaimana cara teacher Toni menerapkan teori Kognitif dalam pembelajaran? Berikan pula komentar bapak/ibu terhadap strategi tersebut!

Pada video tersebut teacher Toni menyelesaikan masalah pembelajaran yang terjadi di kelasnya dengan menggunakan teori kognitif. Masalah yang terjadi di kelas teacher Toni adalah tentang mengajar pembagian panjang, sebagian besar murid-muridnya tidak mengerti konsep dan bagaimana melakukannya. Kemudian diberi solusi menggunakan teori kognitif yiatu teori belajar yang focus pada bagaimana informasi yang diterima terorganisir disimpan dan diambil oleh pikiran  KOgnitif memandang pikiran sebagai suatu prosessor informasi seperti computer. Teori kognitif sering digunakan dalam mengembangkan kelas pelajaran dan membantu siswa belajar keterampilan berpikir tingkat tinggi umum.

Untuk memecahkan masalah teacher Toni dalam menyelesaikan pembagian panjang dengan menggunakan teori kognitif siswa harus mengetahui 1. Dasar pembagian, 2. Dasar perkalian, dan 3. Pengurangan. Kemudian teacher Toni menerapakn cara mnemonic device atau teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu (Dead Monkeys Smell Bad, Divide Multiple Substract Bring down) dalam hal ini mengingat langkah-langkah pembagian panjang.

Agar siswa mudah mengingat langkah-langkah pembagian panjang, teachet Toni memberikan mnemonic device Dead Monkeys Smell Bad dimana huruf awalnya sama dengan Divide Multiple Substract Bring down . Ini menggambarkan langkah-langkah pembagian panjang yaitu membagi,  mengali, dikurangkan, kemudian ditulis dibawah.

Dan teacher Tony juga membuat poster yang menarik tentang langkah-langkah pembagian panjang. Poster ini membantu siswa jika siswa mengalami kendalan dalam menyelesiakan langkah-langkah pemabgian panjang.

Setelah menerapkan teori kognitif tersebut, siswa dapat mengerti langkah-langkah pembagian panjang, mempertahankan pengetahuannya mengenai langkah-langkah pembagian panjang, dan mengingat proses pembagian panjang.

Jadi teori belajar kognitif sangat cocok digunakan untuk mengajarkan konsep yang sulit. Pengaplikasian teori kognitif yang dilakukan oleh teacher Toni sudah sangat benar dan ampuh untuk mengajarkan atau menanamkan konsep pembagian panjang kepada siswa dengan cara yang efektif dan efisien. Dan dengan cara itu siswa dapat memahami konsep pembagian panjang dan tertanam terus dalam pikirannya, artinya susah untuk dilupa.

Hasmidar

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN ๐Ÿ˜Š yang ramah dikantong ๐Ÿ˜  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...