·
Tugas M3 KB2.1: Analisis Video Kognitif
Dalam video kali ini, teacher Toni menyelesaikan masalah
pembelajaran yang terjadi di kelas dengan menggunakan teori kognitif. Coba
perhatikan bagaimana teacher Toni menyelesaikan masalahnya.
Setelah
bapak ibu melihat video bagaimana teacher Toni menyelesaikan masalah belajar
dengan teori Kognitif, cobalah bapak ibu membuat simpulan sebanyak 1 halaman
tentang bagaimana cara teacher Toni menerapkan teori Kognitif dalam
pembelajaran? Berikan pula komentar bapak/ibu terhadap strategi tersebut!
Pada
video tersebut teacher Toni menyelesaikan masalah pembelajaran yang terjadi di
kelasnya dengan menggunakan teori kognitif. Masalah yang terjadi di kelas
teacher Toni adalah tentang mengajar pembagian panjang, sebagian besar
murid-muridnya tidak mengerti konsep dan bagaimana melakukannya. Kemudian
diberi solusi menggunakan teori kognitif yiatu teori belajar yang focus pada
bagaimana informasi yang diterima terorganisir disimpan dan diambil oleh
pikiran KOgnitif memandang pikiran
sebagai suatu prosessor informasi seperti computer. Teori kognitif sering
digunakan dalam mengembangkan kelas pelajaran dan membantu siswa belajar
keterampilan berpikir tingkat tinggi umum.
Untuk
memecahkan masalah teacher Toni dalam menyelesaikan pembagian panjang dengan
menggunakan teori kognitif siswa harus mengetahui 1. Dasar pembagian, 2. Dasar
perkalian, dan 3. Pengurangan. Kemudian teacher Toni menerapakn cara mnemonic
device atau teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu (Dead Monkeys Smell Bad, Divide Multiple Substract Bring down) dalam
hal ini mengingat langkah-langkah pembagian panjang.
Agar
siswa mudah mengingat langkah-langkah pembagian panjang, teachet Toni
memberikan mnemonic device Dead Monkeys Smell Bad dimana huruf
awalnya sama dengan Divide Multiple Substract Bring down .
Ini menggambarkan langkah-langkah pembagian panjang yaitu membagi, mengali, dikurangkan, kemudian ditulis
dibawah.
Dan
teacher Tony juga membuat poster yang menarik tentang langkah-langkah pembagian
panjang. Poster ini membantu siswa jika siswa mengalami kendalan dalam
menyelesiakan langkah-langkah pemabgian panjang.
Setelah
menerapkan teori kognitif tersebut, siswa dapat mengerti langkah-langkah
pembagian panjang, mempertahankan pengetahuannya mengenai langkah-langkah
pembagian panjang, dan mengingat proses pembagian panjang.
Jadi
teori belajar kognitif sangat cocok digunakan untuk mengajarkan konsep yang
sulit. Pengaplikasian teori kognitif yang dilakukan oleh teacher Toni sudah
sangat benar dan ampuh untuk mengajarkan atau menanamkan konsep pembagian
panjang kepada siswa dengan cara yang efektif dan efisien. Dan dengan cara itu
siswa dapat memahami konsep pembagian panjang dan tertanam terus dalam
pikirannya, artinya susah untuk dilupa.
Hasmidar
No comments:
Post a Comment