RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Inpres
Kelapa Tiga I
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VI/II
Materi
Pembelajaran : kerjasama negara-negara di
Asia Tenggara.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
Memahami peran Indonesia dalam lingkungan
negara-negara di Asia tenggara.
II.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menjelaskan
pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
III.
Indikator
o Kognitif
· Produk : - Menyebutkan contoh-contoh kerjasama ASEAN.
· Proses : - Mengidentifikasi peran Indonesia dalam pembentukan
ASEAN.
o Psikomotor
· Menunjukkan lambang organisasi ASEAN.
o Afektif
1. Karakter
· Teliti
· Tanggungjawab
2.
Keterampilan sosial
· Bertanya
· Menyumbang
ide atau pendapat
IV.
Tujuan
Pembelajaran
o Kognitif
· Produk : - Melalui penugasan, siswa dapat menyebutkan
minimal 1 contoh
kerjasama ASEAN di bidang politik.
-
Melalui penugasan,
siswa dapat menyebutkan minimal 2 contoh kerjasama ASEAN di bidang ekonomi.
-
Melalui penugasan,
siswa dapat menyebutkan minimal 2 contoh kerjasama ASEAN di bidang sosial.
-
Melalui penugasan,
siswa dapat menyebutkan minimal 3 contoh kerjasama ASEAN di bidang budaya.
· Proses : - Melalui
penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi peran
Indonesia dalam pembentukan ASEAN.
o Psikomotor
· Melalui penjelasan guru, siswa dapat terampil menunjukkan
lambang organsasi ASEAN.
o Afektif
1. Karakter
· Teliti,siswa
dapat teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
· Tanggungjawab,
siswa dapat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya baik dalam kelompok
maupun individu.
2.
Keterampilan sosial
· Bertanya,siswa
aktif bertanya mengenai materi yang diberikan.
· Menyumbang
ide atau pendapat, siswa aktif dalam menanggapi pertanyaan dan menyumbangkan
ide saat proses pembelajaran berlangsung.
V.
Materi
pembelajaran
o Kerjasama negara-negara di Asia tenggara.
VI.
Model
dan Metode Pembelajaran
o Model
pembelajaran
·
Model pembelajaran kooperatif tipe student facilitatori and explaining.
o Metode
pembelajaran
·
Ceramah.
·
Tanya-jawab.
·
Pemberian tugas.
VII.
Sumber
dan Media Pembelajaran
o Sumber
belajar
· Buku
Pendidikan kewarganegaraan SD kelas VI.
o Media
pembelajaran
· Gambar-gambar
· Video Pembelajaran yang terkait dengan Kerjasama
negara-negara di Asia Tenggara
VIII.
Proses
Belajar Mengajar / Skenario Pembelajaran
· Kegiatan
awal
Kegiatan |
waktu |
1.
Guru menyiapkan siswa untuk belajar. 2.
Berdoa. 3.
Guru melakukan absensi. 4.
Guru melakukan apersepsi. 5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. |
± 15 menit |
· Kegiatan
inti
Kegiatan |
waktu |
1.
Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi 2.
Memberikan
kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui
bagan/peta konsep. 3.
Guru
menyimpulkan ide/pendapat dari siswa. 4.
Guru
menerangkan semua materi yang disajikan saat itu sambil sesekali diselipkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi. 5.
Memberikan
LKS
|
±50 menit |
· Kegiatan
akhir
Kegiatan |
waktu |
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan
pembelajaran. 2.
Guru memberikan pesan-pesan moral. 3.
Menutup pembelajaran. |
±5 menit |
IX.
Penilaian
1. Teknik
penilaian : Tertulis
2. Bentuk
Instrumen : LKS dan Evaluasi
3. Instrumen : lampiran 2
dan 3
4. Kunci
jawaban : lampiran 2 dan 3
5. Pedoman
penskoran : lampiran 2 dan 3
Daftar
Pustaka
Sunarso,
Anis Kusumawardani.2008.
Pendidikan
Kewarganegaraan untuk
kelas VI SD/MI. Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Makassar. Juli
2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah Simulator
Nip.
Lampiran 1
FORMAT
BUKU/ BACAAN SISWA
Mata
Pelajaran : Pedidikan Kewarganegaraan
Kelas/
Semester : VI/ II
Hari/
Tanggal :
A. Judul : Kerjasama negara-negara di Asia
tenggara.
B. Tujuan
Pembelajaran
A.
Kognitif
a.
Produk : -
Melalui penugasan, siswa dapat menyebutkan minimal 1 contoh
kerjasama ASEAN di bidang politik.
- Melalui
penugasan, siswa dapat menyebutkan minimal 2 contoh kerjasama ASEAN di bidang
ekonomi.
- Melalui
penugasan, siswa dapat menyebutkan minimal 2 contoh kerjasama ASEAN di bidang
sosial.
- Melalui
penugasan, siswa dapat menyebutkan minimal 3 contoh kerjasama ASEAN di bidang
budaya.
b.
Proses : -
Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi peran
Indonesia dalam pembentukan ASEAN.
B.
Psikomotor
·
Melalui penjelasan
guru, siswa dapat terampil menunjukkan lambang organsasi ASEAN.
1.
Afektif
3.
Karakter
·
Teliti,siswa
dapat teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
·
Tanggungjawab,
siswa dapat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya baik dalam kelompok
maupun individu.
4. Keterampilan sosial
·
Bertanya,siswa
aktif bertanya mengenai materi yang
diberikan.
·
Menyumbang
ide atau pendapat, siswa aktif dalam menanggapi pertanyaan dan menyumbangkan
ide saat proses pembelajaran berlangsung.
C. Uraian
Materi
D. Contoh
soal/latihan
1.
Tuliskan
satu contoh kerjasama antar negara ASEAN pada bidang politik ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Tuliskan
dua contoh kerjasama antar negara ASEAN pada bidang ekonomi ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Tuliskan
dua contoh kerjasama antar negara ASEAN pada bidang sosial ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Tuliskan
tiga contoh kerjasama antar negara ASEAN pada bidang budaya ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Jelaskan
peran Indonesia pada Pembentukan ASEAN ?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
E. Kunci
jawaban
KUNCI JAWABAN
1.
ASEAN
sepakat untuk menjadikan kawasan Asia tenggara sebagai kawasan bebas senjata
nuklir.
2.
A.
Membuka pusat promosi asean untuk perdagangan, investasi, dan pariwisata di
tokyo.
B.
Menyediakan cadangan makanan terutama beras.
3.
A.
Pencegahan narkoba dan pengobatannya.
B.
Penaggulngan bencana alam.
4.
A.Tukar-menukar
pelajar dan mahasiswa.
B.Pemberantasan
buta huruf.
C. Festival
lagua ASEAN.
5.
Peran
Indonesia pada pembentukan ASEAN yaitu Indonesia merupakan salah satu negara
perintis berdirinya organisasi ASEAN yang pada saat itu diwakili oleh Adam
malik.
F. Pedoman
penskoran
Nomor soal |
Jenis soal |
Skor |
1 2 dan 3 4 dan 5 |
Esai |
Skor
3 jika jawaban lengkap dan benar. Skor
2 jika jawaban kurang lengkap dan benar. Skor
1 jika jawaban kurang lengkap dan salah. Skor
4 jika jawaban lengkap dan benar. Skor
3 jika jawaban kurang lengkap dan benar. Skor
2 jika jawaban kurang lengkap dan salah. Skor
5 jika jawaban lengkap dan benar. Skor
4 jika jawaban kurang lengkap dan benar. Skor
2 jika jawaban kurang lengkap dan salah. |
Nilai
G. Daftar
pustaka
Sunarso,
Anis Kusumawardani.2008. Pendidikan
Kewarganegaraan untuk kelas VI SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
Lampiran
2
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
pelajaran :
Ilmu pengetahuan Alam
Kelas/semester : VI/II
Hari/tanggal :
Alokasi
waktu : 15 menit
Nama
keompok :
Nama
anggota kelompok :
1.
……………………………
2.
……………………………
3.
……………………………
4.
……………………………
5.
……………………………
Langkah-langkah
kegiatan :
1.
Duduklah
secara berkelompok !
2.
Jawablah
soal di bawah ini dengan benar !
3.
Diskusikanlah
jawabannya dengan teman kelompokmu !
4.
Setelah
selesai kumpulkan kepada guru !
Soal
1.
Jelaskan
makna dari lambang ASEAN berikut !
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
2.
Jelaskan
menurut kata-katamu sendiri peran indonesia pada ASEAN !
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
Kunci jawaban
1.
a.
Ikatan sepuluh batang padi menggambarkan sepuluh anggota ASEAN.
b.
Lingkaran menggambarkan persatuan ASEAN.
c.
Warna biru menggambarkan perdamaian dan persahabatan.
d.
Warna dasar merah menggambarkan keberanian dan kedinamisan.
e.
Warna putih menggambarkan kesucian.
f. Warna kuning menggambarkan kemakmuran.
2.
Peran
Indonesia pada pembentukan ASEAN yaitu Indonesia merupakan salah satu negara
perintis berdirinya organisasi ASEAN yang pada saat itu diwakili oleh Adam
malik.
Pedoman penskoran
Soal no. 1 :
Skor 10 jika jawaban
lengkap dan benar.
Skor 5 jika jawaban
kurang lengkap dan benar.
Skor 1 jika jawaban
kurang lengkap dan salah.
Soal no. 2 :
Skor 3 jika jawaban lengkap
dan benar.
Skor 2 jika jawaban
kurang lengkap dan benar.
Skor 1 jika jawaban
kurang lengkap dan salah.
Nilai
Lampiran 3
EVALUASI
Jawablah pertanyaan berikut !
1.
Mengapa uranus berwarna biru ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
2.
Tulislah nama planet dalam tata
surya secara berurutan, mulai dari yang terdekat dengan matahari ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
3.
Jelaskan mengapa ada kehidupan di
bumi ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
4.
Jelaskan penyusun dari cicin
planet saturnus?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Mengapa mars dijuluki sebagai planet merah ?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………….
KUNCI
JAWABAN
6.
Atmosfer uranus terdiri atas metana yang
berwarna biru. Akibat gas alam ini, uranus berwarna biru menakjubkan.
7.
Merkurius, venus, bumi, mars, yupiter,
saturnus, uranus, neptunus.
8.
Karena bumi memiliki atmosfer yang mengandung
banyak oksigen dan tersedia cukup air. Suhu permukaan bumi rata-rata 22 C
sehingga memungkinkan adanya makhluk hidup.
9.
Cicin saturnus diperkirakan terdiri atas debu
halus, kerikil, dan butiran-butiran es.
10.
Planet mars sering disebut sebagai planet
merah karena tampak kemerahan. Warna merah tersebut berasal dari debu yang
banyak diterbangkan angin.
Pedoman penskoran
Nomor soal |
Jenis soal |
Skor |
1 s.d. 5 |
Esai |
Skor 3 jika jawaban lengkap dan benar. Skor 2 jika jawaban kurang lengkap dan benar. Skor 1 jika jawaban kurang lengkap dan salah. |
Nilai
Lampiran 4
· Tabel penilaian psikomotor
No |
Nama kelompok/individu |
Aspek yang dinilai |
Skor |
keterangan |
||
1 |
2 |
3 |
||||
1. 2. 3. 4. dst |
|
Melalui kerja kelompok, siswa dapat
terampil membuat garis lintasan planet-planet. |
|
|
|
|
Dengan kategori
1 : baik sekali
2 : baik
3 : cukup baik
· Tabel penilaian afektif
No |
Nama kelompok/individu |
Karakter |
Keterampilan sosial |
||||||||||
Teliti |
bertanggungjawab |
Bertanya |
Menyumbang ide atau pendapat |
||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 : baik sekali
2 : baik
3 : cukup
TABEL
SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN
Ranah |
Indikator |
LP dan butir soal |
Kunci LP dan butir soal |
Kognitif |
Produk : Mengidentifikasi minimal 4 planet. |
LP 3 |
LP 3 |
Proses : Mengurutkan posisi planet-planet
dalam tata surya dari yang terdekat dari matahari. |
LP 2 |
LP 2 |
|
Psikomotor |
Membuat garis lintasan
planet-planet. |
LP 4 |
|
Afektif |
Karakter - Teliti - Bertanggungjawab |
LP 4 |
|
Keterampilan
sosial - bertanya - menyumbang idea
tau pendapat |
LP 4 |
|
No comments:
Post a Comment