Monday, March 29, 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan m6 kb 4

Analisis kualitas perangkat soal tes hasil belajar bentuk objektif dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: analisis secara teoritik (kualitatif) dan analisis secara empiris (kuantitatif). Analisis secara teoritis adalah telaah soal yang difokuskan pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Aspek materi berkaitan dengan substansi keilmuan yang ditanyakan serta tingkat berpikir yang terlibat, aspek konstruksi berkaitan dengan teknik penulisan soal, dan aspek bahasa berkaitan dengan kejelasan hal yang ditanyakan. Analisis empiris adalah telaah soal berdasarkan data lapangan (uji coba).

Secara teoritis, kualitas soal tes bentuk objektif pada aspek materi meliputi: Butir harus sesuai dengan indicator yang ditetapka; Hanya ada satu jawaban yang benar; Pengecoh homogin, dan berfungsi. Pada aspek konstruksi: Pokok soal harus dirumuskan secara jelas; Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja; Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar; Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda; Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjaudari segi materi. Kualits tes pada aspek bahasa antara lain: Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indoensia; Menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dimengerti; Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.

Analisis empiris adalah telaah soal berdasarkan data lapangan (uji coba). Analisis karakteristik butir soal mencakup analisis parameter kuantitatif dan kualitatif butir soal. Parameter kuantitatif berkaitan dengan analisis butir soal berdasarkan atas tingkat kesukaran, daya beda, dan keberfungsian alternative pilihan jawaban. Parameter kualitatif berkaitan dengan analisis butir soal berdasarkan atas pertimbangan ahli (expert judgement). Soal tes hendaknya memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas.

Jika data sudah diolah, langkah selanjutnya adalah menafsirkan data sehingga dapat memberikan makna. Pada prinsipnya nilai akhir suatu mata pelajaran adalah gabungan dari seluruh pencapaian KD yang ditargetkan. Dengan demikian, pendidik harus membuat tabel spesifikasi yang memuat macam KD dan pencapaian hasil setiap KD, termasuk aspek yang dinilai dalam setiap KD. Pendidik juga harus membuat pembobotan atas dasar hasil yang diperoleh sesuai dengan jenis penilaian yang dilakukan. Hasil penilaian yang diperoleh harus diinformasikan langsung kepada peserta didik sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan peserta didik (assessment as learning), pendidik (assessment for learning), dan satuan pendidikan selama proses pembelajaran berlangsung (melalui PH/pengamatan harian) maupun setelah beberapa kali program pembelajaran (PTS), atau setelah selesai program pembelajaran selama satu semester.

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...