Monday, March 29, 2021

 

Diskusi m6 kb4

KB 4. Menelaah tes hasil Belajar

UNG Dr  Novri Youla Kandowangko  MP posted Aug 3, 2018 11:18 AM

Subscribe

This page automatically marks posts as read as you scroll.

Adjust automatic marking as read setting

Bapak dan Ibu Guru, silakan menelaah Tes hasil belajar yang terdapat pada lampiran. Selanjutnya berikan pendapat Bapak dan Ibu Guru tentang Tes hasil belajar tersebut. 

Saya akan mencoba menganalisa tes hasil belajar tersebut sesuai kaidah Analisis Kualitas soal secara Teoritis yang terdiri dari:
1). Materi
a. Semua butir soal sesuai dengan indikator yang ditetapkan
b. Dari 10 butir soal masing-masing hanya ada satu jawaban yang benar
c. Semua pengecoh yang diletakkan dalam pilihan pada umunya bersifat homogin dengan jawaban yang tepat

2). Konstruksi
a. Semua pokok soal dituliskan dengan jelas, sehingga diharapkan mudah diinterpretasi peserta didik
b. Semua Rumusan pokok soal dan pilihan tidak berbelit-belit serta mengandung pernyataan-pernyataan yang diperlukan saja.
c. Pokok-pokok soal tidak nampak ada yang member petunjuk ke arah jawaban yang benar
d. Pokok-pokok soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda yang dapat berpotensi membingungkan siswa dalam menelaah soal
e. Pilihan-pilihan jawaban pada umumnya homogen dan logis ditinjau dari segi materi
f. Setiap soal panjang rumusan pilihannya relatif sama
g. Pilihan jawaban yang berbentuk angka dan waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya. Nampak pada soal nomor 1 dan 7.
h. Tidak ada gambar/ grafik/ tabel/ diagram dalam ke sepuluh soal tes hasil belajar ini
i. Setiap urutan soal tidak tergantung pada jawaban sebelumnya.

3). Bahasa
a. Dari sepuluh soal saya melihat semuanya menggunakan bahasa yang sesuai kaidah bahasa Indonesia.
b. Kata-kata yang digunakan umumnya komunikatif dan mudah dimengerti
c. semua pilihan jawaban pada umumnya tidak mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.
d. semua soal menggunakan istilah baku

 

Pendapat saya  tentang tes hasil belajar adalah sebagai berikut:

Dalam menelah tes tersebut saya memperhatikan ketiga aspek yakni materi, konstruksi, dan bahasa.

1. Materi

  • Butir harus sesuai dengan indikator yang ditetapkan

Dalam tes hasil belajar tersebut keseluruh soal telah sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi.

  • Hanya ada satu jawaban yang benar

Keseluruh soal telah sesuai dengan kaidah karena dalam setiap soal hanya mempunyai satu kunci jawaban.

  • Pengecoh homogin, dan berfungsi.

Dalam  beberapa nomor soal pilihan jawabannya berasal dari materi yang sama seperti yang ditanyakan pokok soal dan pilihan jawabannya berfungsi, kecuali pada pilihan jawaban D pada soal nomor 4 yaitu Hayam Wuruk tidak sama dengan materi tentang deklarasi

2. Konstruksi

  • Pokok soal harus dirumuskan secara jelas.

Soal-soal pada tes tersebut mengandung satu persoalan/gagasan sehingga tidak menimbulkan pengertian atau penafsiran berbeda.

  • Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.

Rumusan pokok soal pada tes hasil belajar tersebut tidak terdapat rumusan atau pernyataan yang tidak diperlukan.

  • Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.

Keseluruhan soal tersebut tidak terdapat kata atau kelompok kata, atau ungkapan yang dapat memberikan petunjuk ke arah jawabana yang benar.

  • Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.

Dalam keseluruhan soal tidak terdapat kata yang mengandung arti negatif.

  • Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjaudari segi materi.

Pada pilihan jawaban D (hayam Wuruk) pada soal nomor 4 diatas tidak homogen dengan pokok soal

  • Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama.

Panjang rumusan pilihan jawaban E (Jepang dan Korea) tidak sama dibandingkan pilihan jawaban lain. Hal ini cenderung membuat peserta didik memilih jawaban tersebut sebagai kunci.

  • Pilihan jawaban yang berbentu angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologis waktunya.

Pada soal nomor 1 pilihan jawaban yang berbentuk angka telah disusun berdasarkan besar kecilnya angka, dari nilai angka yang paling kecil berurutan sampai nilai angka yang paling besar.

  • Gambar/grafik/tabel/diagaram dan sejenisnya harus jelas dan berfungsi.

Tidak terdapat soal yang berisi tentang gambar/grafik.tabel dan diagram

  • Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya.

Dalam keseluruhan soal-soal tidak terdapat butir soal yang bergantung dari soal sebelumnya.

3. Bahasa

  • Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indoensia.

Pada tes tersebut menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia

  • Menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dimengerti.

Bahasa yang terdapat dalam soal-soal tersebut menggunakan Bahasa yang komunikatif (mudah dipahami)

  • Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.

Tidak terdapat pengulangan kata dalam soal-soal tersebut

  • Menggunakan istilah baku

Dalam keseluruhan soal tidak terdapat penggunaan Bahasa baku.

 

Ditinjau dari segi Level Kognitifnya, yaitu :

            Dalam penyusunan Kisi-kisi tersebut, level kognitif yang paling banyak digunakan yaitu Level 1, yang mana peserta pada level ini memiliki kemampuan yang standar minimum dalam menguasai pelajaran (pengetahuan). Hal ini terlihat dari 10 soal yang disusun, terdapat 9 nomor yang semuanya pada tingkatan kognitif level 1. Nomor tersebut yaitu nomor 1, nomor 2, nomor 4, nomor 5, nomor 6, nomor 7, nomor 8, dan nomor 9.

Adapun pada tingkatan kognitif level 2 (penerapan) hanya terdapat 1 nomor saja yaitu pada nomor 2.

 

Berikut ini hasil telaah saya terhadap tes hasil belajar yang terdapat pada lampiran, berdasarkan  3 aspek analisis yakni :

 Analisis Kualitas Soal Secara Teoritis

  1. Materi
    a. Butir harus sesuai dengan indikator yang ditetapkan

Hasil à Pada soal tes hasil belajar yang disajikan semua soal sudah sesuai dengan indikator yang tercantum dalam kisi- kisi penulisan soal

       b. Hanya ada satu jawaban yang benar

Hasil à Pada setiap butir soal pilhan ganda tersebut semua soal hanya memiliki satu opsi jawaban yang paling tepat
       c. Pengecoh homogen, dan berfungsi.

Hasil à Pada soal tes hasil belajar tersebut terdapat soal yang meiliki opsi jawaban tidak homogen yakni pada soal nomor 4, opsi hayam wuruk tidak termasuk salah satu jenis deklarasi semntara untuk soal lain opsi pengecohnya sudah berfungsi dengan baik

    2). Konstruksi
         a. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas.

Hasil à Pada soal tes hasil belajar tersebut, nomor 6 pokok soalnya tidak dirumuskan secara jelas

    b. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.

Hasil à Pada soal nomor dua terdapat rumusan soal yang tidak berfungsi uraian nama-nama provinsi yang dicantumkan pada soal tidak berfungsi dan tidak diperlukan.

       c. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.

Hasil à Pada soal tes tersebut pokok soal tidak memberikan petunjuk sama sekali kea rah jawaban

      d. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.

Hasil à Dalam soal tes tersebut tidak ada soal yang mengandung pernytaan yang bersifat negative ganda

     e. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjaudari segi materi.

Hasil à Pada soal tes hasil belajar tersebut terdapat soal yang meiliki opsi jawaban tidak homogen yakni pada soal nomor 4, opsi hayam wuruk tidak termasuk salah satu jenis deklarasi

     f. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama.

Hasil à Pada soal nomor 10 panjang opsi jawaban memiliki perbedaan dari yang lain yakni opsi E berbeda dengan opsi A sampai D yang relative sama sedangkan opsi E menyajikan lebih dari satu pilihan

    g. Pilihan jawaban yang berbentu angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologis waktunya.

Hasil à Pilihan jawaban yang berbentuk angka pada soal nomor 1 sudah disusun berdasarkan besar kecilnya angka, tidak tercaka dan tersusun dengan baik sesuai kaidah

    h. Gambar/grafik/tabel/diagaram dan sejenisnya harusn jelas dan berfungsi.

Hasil à Dalam soal tes hasil belajar tersebut pada soal nomor 2 terdapat daftar Negara, namun daftar tersebut tidak berfungsi.

    i. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya.

Hasil à Pada soal tes hasil belajar tes tersebut, sudah tidak ada soal yang tergantung pada jawaban sebelumnya.

 (3). Bahasa

Hasil à Dalam soal tes tersebut, terdapat beberapa butir soal yang menggunakan bahasa yang kurang baku seperti pada soal 4 dan 5 kata ‘adalah’ sebaiknya diganti dengan kata ‘disebut’

Analisis Penskoran

Penskoran yang digunakan dalam soal tes tersebut adalah penskoran dengan butir beda bobot yaitu pemberian skor dengan memberikan bobot berbeda pada sekelompok butir soal. Biasanya bobot butir soal menyesuaikan dengan tingkatan kognitif (pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi) yang telah dikontrak guru.

Analisis Level Kognitif Soal

L1 (pengetahuan dan pemahaman)  menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah yang meliputi pengetahuan dan pemahaman

  • Jumlah soal 9 butir soal, yakni nomor 1, nomor 3, nomor 4, nomor 5, nomor 6, nomor 7, nomor 8, nomor 9, dan nomor 10

L2  (aplikasi) menunjukkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi yang meliputi penerapan

  • Jumlah 1 butir soal, yakni nomor 2

L3  (penalaran) menunjukkan tingkat kemampuan tinggi yang meliputi penalaran

  • Tidak ada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS M 6 KB. 4

MENELAAH TES HASIL BELAJAR.

 

KISI – KISI PENULISAN SOAL.

                                                                Jenis Pendidikan              : Sekolah Dasar.

                                                                Mata Pelajaran                 : IPS.

                                                                Kurikulum                           : 2016 (KTSP)

                                                                Bentuk Soal                        : Objektif Pilihan Ganda

                                                                Tahun Pelajaran               : 2018/2019

 

No.

Kompetensi Dasar.

Kls / Sem.

Materi pelajaran

indikator

Level kognitif

No soal

Bentuk soal.

1.

1.1. Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia.

VI/I

·   Perkembangan jumlah provinsi di Indonesia dari awal kemerdekaan sampai sekarang.

 

 

 

 

 

 

·   Perubahan wilayah laut territorial Indonesia.

Ø Peserta didik dapat menyebutkan jumlah provinsi di Indonesia pada awal kemerdekaan.

Ø Disajikan beberapa nama provinsi di Indonesia, peserta didik dapat menentukan nama provinsi yang terbentuk pada tahun 2012.

Ø Peserta didik dapat mengingat kembali nama Gubernur Provinsi Sulawesi.

Ø Peserta didik dapat menyebutkan nama Deklarasi penetapan batas laut Indonesia.

Ø Peserta didik dapat mengingat kembali batas zona eksklusif laut Indonesia.

L 1

 

 

 

L 2

 

 

 

 

L 1

 

 

 

L 1

 

 

L 1

1

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

5

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

2.

1.3. Mengidentifikasi benua-benua.

VI / I

·   Nama-nama benua dan samudera di dunia.

 

 

·   Kenampakkan alam dan kenampakkan buatan yang ada di dunia.

Ø Peserta didik dapat mengingat kembali Negara yang menempati satu benua.

Ø Peserta didik dapat mengingat kembali jumlah benua dan samudera yang ada di dunia

Ø Peserta didik dapat menyebutkan nama sungai terpanjang di dunia.

Ø Peserta didik dapat mengingat kembali nama Gunung tertinggi di dunia.

Ø Peserta didik dapat menyebutkan nama julukan dari Negara China.

L 1

 

 

L 1

 

 

 

L 1

 

 

L 1

 

 

L 1

6

 

 

7

 

 

 

8

 

 

9

 

 

10

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

SOAL.

Petunjuk:

1.    Setiap nomor terdiri dari 5 (lima ) jawaban.

2.    Pililah salah satu jawaban yang paling tepat.

3.    Berilah tanda silang ( X ) di depan jawaban yang dianggap paling tepat.

 

 

1.    Provinsi di Indonesia pada awal kemerdekaan berjumlah . . . .

A.      2 Provinsi.

B.      4 Provinsi.

C.      6 Provinsi.

D.      8 Provinsi.

E.       10 Provinsi.

2.    Perhatikan nama-nam provinsi berikut!

1.       Provinsi Bali.

2.       Provinsi Kalimantan Utara.

3.       Provinsi Gorontalo.

4.       Provinsi Papua Barat.

5.       Provinsi Sulawesi Barat.

Provinsi yang terbentuk pada tahun 2012 adalah provinsi . . . .

A.      Bali.

B.      Kalimantan Utara.

C.      Gorontalo.

D.      Papua Barat.

E.       Sulawesi Barat.

3.    Gubernur Provinsi Sulawesi pada awal kemerdekaan dijabat oleh . . . .

A.      Dr. G S S J. Ratulangi

B.      Mr. Teuku Muh. Hassan.

C.      Mr. J. Latuharhari.

D.      Ir. Pangeran Moh. Noor.

E.       R. Pandji Soeroso.

4.    Deklarasi yang menetapkan batas laut Indonesia menjadi 12 mil adalah deklarasi . . . .

A.      Bangkok.

B.      Juanda.

C.      Meja Bundar.

D.      Hayam Wuruk.

E.       Hokum Laut.

5.    Batas laut yang ditarik sejauh 200 mil dari garis datar pantai ke arah laut bebas adalah zona . . . .

A.      Perairan bebas.

B.      Samudera luas.

C.      Ekonomi Eksklusif.

D.      Perdagangan bebas.

E.       Laur yang luas.

6.    Negara yang menempati satu benua adalah Negara . . . .

A.      Australia.

B.      Belanda.

C.      Indonesia.

D.      Inggeris.

E.       Jerman.

7.    Jumlah benua dan Samudera yang ada di dunia adalah . . . .

A.      3 Benua dan 2 Samudera.

B.      4 Benua dan 3 Samudera.

C.      5 Benua dan 4 Samudera.

D.      6 Benua dan 5 Samudera.

E.       7 Benua dan 6 Samudera.

8.    Sungai terpanjang di dunia adalah sungai . . . .

A.      Nil.

B.      Amason.

C.      Gangga.

D.      Mekong.

E.       Kapuas.

9.    Gunung tertinggi di dunia adalah gunung . . . .

A.      Kalimanjoro.

B.      Himalaya.

C.      Jaya Wijaya.

D.      Everest.

E.       Bromo.

10.   Negara yang dijuluki sebagai Negara “Tirai Bambu” adalah Negara . . . .

A.      China.

B.      Belanda.

C.      Inggeris.

D.      Amerika.

E.       Jepang dan Korea.

 

 

Kunci Jawaban.

No.

Kunci

Skor

No.

Kunci.

Skor.

1

D

1,5

6

A

9.0

2

B

3,0

7

C

10,5

3

A

4,5

8

A

12

4

B

6,0

9

D

13,5

5

C

7,5

10

A

15

 

CATATAN:

Jumlah benar x 100

Jumlah skor maksimum

 

                                        

 

 

 

 

 

 

Menurut pendapat saya

Soal nomor 1

1.       Sudah sesuai dengan indicator yang ditetapkan

2.       Pilihan jawaban disusun berdasarkan urutan karena berbentuk angka.

3.       Menggunakan bahasa sesuai dengan kaodah bahasa Indonesia

4.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah

Soal nomor 2

1.       Sesuai dengan indicator yang ditetapkan.

2.       Menggunakan bahasa sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia

3.       menurut saya pokok soal dengan disajikan beberapa nama provinsi di Indonesia tidak terlalu berguna atau tidak diperlukan.

4.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat yang lebih tinggi yaitu level penerapan atau L2

 

Soal nomor 3

1.       Sesuai dengan indicator yang ditetapkan

2.       Menggunakan bahasa dengan kaidah bahasa Indonesia

3.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah

4.       Pilihan jawaban homogen dan logis sesuai dengan materi

Soal nomor 4

1.       Sesuai dengan indicator yang ditetapkan

2.       Menggunakan bahasa dengan kaidah bahasa Indonesia

3.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah

4.       Pilihan jawaban tidak homogen karena ada pilihan hayam wuruk yang bukan merupakan deklarasi

Soal nomor 5

1.       Sesuai dengan indicator yang ditetapkan

2.       Menggunakan bahasa dengan kaidah bahasa Indonesia

3.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah

4.       Pengecoh perdagangan bebas tidak berfungsi atau tidak homogeny

Saol nomor 6

1.       ditetapkan

2.       bahasa yang digunakan tidak komunikatif dan susah dimengerti

3.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah

Soal nomor 7

1.       Sesuai dengan indicator yang ditetapkan

2.       Menggunakan bahasa dengan kaidah bahasa Indonesia

3.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah

4.       Pilihan jawaban disusun berdasarkan urutan karena berbentuk angka.

Soal nomor 8

1.       Sesuai dengan indicator yang ditetapkan

2.       Menggunakan bahasa dengan kaidah bahasa Indonesia

3.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah

4.       Pengecoh tidak berfungsi yaitu Mekong.

Soal nomor 9

1.       Sesuai dengan indicator yang ditetapkan

2.       Menggunakan bahasa dengan kaidah bahasa Indonesia

3.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah

4.       Pilihan jawaban sudah homogeny dan logis sesuai dengan materi.

Soal nomor 10

1.       Sesuai dengan indicator yang ditetapkan

2.       Menggunakan bahasa dengan kaidah bahasa Indonesia

3.       Analisis level kognitif menunjukkan tingkat kemampuan yang rendah

4.       Panjang rumusan pilihan jawaban tidak sama yaitu Jepang dan Korea

 

Menurut saya tes hasil belajar tersebut tergolong mudah, karena 9 dari 10 soalnya berada pada tingkat L1 yaitu tingkat kemampuan yang rendah meliputi pengetahuan dan pemahaman. Menurut saya level kognitif pada pilihan  ganda seharusnya sama karena scoring pada pilihan ganda juga sama, berbeda dengan uraian ataupun esai yang skor soalnya berdasarkan tingkat kesukaran soal atau level kognitgnya.

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...