STANDAR
ISI
KURIKULUM MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH
(BAHASA MAKASSAR) SD/MI
DI
SULAWESI SELATAN
Oleh
Dr.Hj.Kembog
Daeng, M.Hum.
Dosen
Fakultas Bahasa dan Sastra UNM
A.
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
Sikap |
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu,
percaya diri, jujur, dan bertanggung jawab dalam berinteksi secara efektif
dengan lingkungan |
Pengetahuan |
Memiliki
pengetahuan faktual dan konseptual
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain |
Keterampilan |
Memilki
kemampuan berpikir dan bertindak yang produktif, kreatif, dan inovatif dalam
ranah abstrak dan konkret sesuai dengan
tugas dan peran yang dibebankan
kepadanya |
B.
STANDAR
ISI
KELAS
1 SEMESTER 1
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
|
3.1 Mengenal
aksara lontarak dan latin, nama-nama
benda yang ada di lingkungan sekitar , dan
nama bilangan dalam bahasa Makassar melalui permainan aksara, gambar, dan cerita
anak 3.2 Mengetahui kata kerja dan kata sifat dalam bahasa
Makassar melaui kalimat sederhana dan teks cerita anak 3.3
Memahami makna kata dan pesan-pesan dalam teks kelong dan dondo 3.4
Memahami pesan-pesan moral dalam teks pappasang dan teks cerita anak |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menyimak
pelafalan aksara lontarak, kosakata, kalimat,
puisi, dan teks cerita anak dalam bahasa Makassar 4.2 Menirukan,
melafalkan aksara, kosakata, kalimat, bercakap-cakap, bercerita, dan melantunkan
kelong 4.3 Mengeja dan membaca
nyaring teks nonsastra dan sastra Makassar baik yang ditulis lontarak maupun
latin 4.4 Menjiplak,
merangkai, dan menulis huruf, kosakata, kalimat, teks nonsastra dan sastra
Makassar dengan aksara lontarak dan
latin |
KELAS
1 SEMESTER 2
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mengenal aksara
, bunyi bahasa Makassardan anggota keluaga dan kata kekerabatan dalam bahasa
Makassar melalui kalimat sederhana,
teks percakapan, dan teks ceritaanak 3.2 Mengenal
kosakata bahasa Makassar dalam teks kelong dan teks percakapan 3.3 Memahami makna kata dan nasihat dalam bahasa Makassar melalui teks pappasangdan teks cerita anak 3.4 Memahami makna
kalimat dan pesan-pesan moral dalam teks cerita anak |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Memperkenalkan
diri dan keluarga dengan menggunakan bahasa Makassar 4.2 Membaca nyaring
dan menulis kalimat sederhana,
dan teks cerita pendek dalam bahasa
Makassar 4.3 Merangkai suku
kata, kata, menulis kalimat sederhana, dan teks cerita pendek 4.4 Menceritakan
kegiatan sehari-hari dalam bahasa Makassar |
KELAS
II SEMESTER 1
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mengenal nama
warna dan kosakata bahasa Makassar melalui
gambar dan teks kelong
anak-anak 3.2 Mengetahui
nama-nama hari dan kegiatan sehari-hari dalam bahasa Makassar 3.3 Memahami arti kosakata dan pesan-pesan moral dalam
teks cerita anak 3.4 Memahami tokoh dan sifat-sifat tokoh dalam teks
cerita Makassar |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menyimak
cerita anak, melantunkan syair kelong
dan menulis lontarak dan latin syair kelonganak-anak 4.2 Menulis
nama-nama hari dan menceritakan kegiatan sehari-hari dalam
bahasa Makassar 4.3 Membacakan
dan menyusun kalimat sederhana dalam bahasa
Makassar berdasarkan gambar atau benda di lingkungan sekitar 4.4 Membaca
nyaring teks cerita anak dan menulis
sifat tokoh dalam teks cerita anak |
KELAS
II SEMESTER 2
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mengetahui
nama-nama benda yang ada di lingkungan sekolah dan rumah 3.2 Mengenal
contoh perbuatan baik melalui teks cerita anak atau pappasang 3.3 Memahami kata
dan sapan santun dalam bahasa Makassar 3.4 Memahami pesan /nasihat dalam teks rupama |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menulis nama
benda yang terdapat di lingkungan sekitar dan di rumah 4.2 Membaca
nyaring teks cerita anak atau teks pappasang 4.3 Menulis
tekspercakapan bahasa Makassar dan bercakap-cakap dengan sopan 4.4 Menceritakan
pesan dalam cerita dan menulis pesan-pesan dari orang tua |
KELAS
III SEMESTER 1
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mengenal nama-nama bendayang ada di
lingkungan sekitar dan memahami nama binatang dalam bahasa Makassar 3.2 Mengetahui
nama bulan Hijriah dan peristiwapenting
yang terjadi 3.3 Memahami arti
kata dan isi teks cerita
pengalaman 3.4 Mendeskripsikan
nama peristiwa dalam bahasa Makassar
berdasarkan gambar |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menulis lontarak
dan latin nama binatang yang ada dalam gambar dan membacakan cerita pendek 4.2 Melafalkan
nama-nama bulan Hijriah dan menceritakan kembali isi teks dengan kalimat
sendiri 4.3 Menulis dan menceritakan
kegiatan sehari-hari dalam bahasa Makassar 4.4 Menyusun
kalimat bahasa Makassar dan membaca nyaring
teks cerita anak |
KELAS
III SEMESTER 2
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki perilaku
jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam menjalankan
aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mendeskripsikan
nama-nama tumbuhan yang ada dalam tekscarita 3.2 Memahami
arti dan pesan yang terdapat
dalam paruntuk kana 3.3 Mendeskripsikan
persamaan dan lawan kata dalam teks rupama 3.4 Memahami makna
kata sifat dan makna teks kelong |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menulis nama-nama
tumbuhan dan bagian-bagiannya dalam bahasa Makassar 4.2 Menulis indah
dan membacakan paruntuk kana 4.3 Membacakan
teks rupama dan menyimpulkan pesan-pesan dalam teks rupama 4.4 Melantunkan
teks kelong dan mempraktikkan
contoh sifat yang baik |
KELAS
IV SEMESTER 1
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mengetahui
nama suara, nama bagian binatang, manfaatnya bagi manusia 3.2 Mengenal kata
khusus dari kata umum yang digunakan dalam teks percakapan 3.3 Mengenal r
rumah adat Makassar dan nama-nama bagian
rumah dalam bahasa Makassar 3.4 Mendeskripsikan
contoh paruntuk kana dalam teks cerita anak |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menirukan
suara binatang ,menuli kalimat sederhana, dan membacakan teks cerita anak 4.2 Membaca
nyaring teks cerita anak dan mnulis kalimat dengan menggunakan kata khusus 4.3 Menceritakan
rumah adat Makassar dan menuliskan bagian-bagian rumah dengan ejaan lontarak
dan latin 4.4 Menulis paruntuk kana dan menggunakannya
dalam kalimat |
KELAS
IV
SEMESTER 2
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mengenal objek
wisata yang ada di lingkungan sekitar 3.2 Mengetahu nama-nama
ikan , bagian-bagian ikan dan nama alat penangkap ikan tradisional/moderen
dalam bahasa Makassar 3.3 Mendeskripsikan
contoh kata ulang dan maknanya 3.4 Mengenal
nama-nama permainan tradisional Makassar dan hal-hal yang dihindari dalam
permainan |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menulis dan
membacakan cerita pengalaman dalam bahasa Makassar 4.2 Menulis
kalimat dan ceritakan isi gambar dalam bahasa Makassar yang komunikatif 4.3 Menuliskan
kata ulang dan menggunakannya dalam teks cerita anak 4.4 Menuliskan
langkah-langkah salah satu permainan tradisional Makassar dan mempraktikkannya |
KELAS
V SEMESTER 1
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mengenal
sifat-sifat manusia dan karakter
tokoh dalam teks cerita anak 3.2 Mengetahui
berbagai jenis pekerjaan dalam bahasa Makassar dan nama alat yang digunakan 3.3 Memahami makna
dan nilai-nilai dalam teks pappasang 3.4 Mendeskripsikan
kosakata dan arti kata dalam syair kelong
modern |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menulis dan
membacakan teks cerita anak 4.2 Menceritakan
pekerjaan orang tua dalam bahasa Makassar yang komunikatif 4.3 Membacakan dan
menulis contoh pappasang dengan
ejaan lontarak dan latin 4.4 Menulis dan
melantunklan kelong moderen |
KELAS
V SEMESTER 2
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mendeskripsikan kata dasar, kata berimbuhan, dan kata
majemuk dalam teks cerita anak 3.2 Mengetahui
struktur dasar kalimat bahasa Makassar 3.3 Memahami
fungsi dan bagian-bagian surat 3.4 Memahami
makna puisi dan amanat dalam teks cerita
Makassar |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menulis dan
membacakan teks cerita anak 4.2 Menulis
kalimat dan menerjemahkan kalimat bahasa Makassar 4.3 Membacakan
surat dan menulis surat bahasa Makassar dengan ejaan lontarak dan latin 4.4 Menulis dan membacakan
puisi dan prosa (cerita anak) dalam
bahasa Makassar |
KELAS
VI SEMESTER 1
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki perilaku
jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam menjalankan
aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Mengenal kata
ganti dan contoh pemakaiannya dalam kalimat/percakapan bahasa Makassar 3.2 Mengetahui perbedaan homograf, homofon, dan homonim 3.3 Memahami
perbedaan puisi lama dan dan puisi moderen 3.4 Mengenal kata
penghubung dalam bahasa Makassar dan fungsinya dalam kalimat |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menulis teks
percakapan dan bercakap-cakap dengan menggunakan kata
ganti diri dalam bahasa Makassar 4.2 Menggunakan
kata yang berhomograf, berhomofon, dalan berhonim dalam teks sastra maupun
nonsastra Makassar 4.3 Menulis dan
membacakan puisi bebas dalam bahasa Makassar 4.4 Menulis
kalimat dan teks cerita Makassar dengan menggunakan kata penghubung yang
tepat |
KELAS
VI SEMESTER 2
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dinautnya |
1.1 Menerima dan
mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esaberupa
bahasa Makassar sebagai bahasa ibu etnik Makassar 1.2 Menghargai
bahasa, sastra, dan budaya Makassar sebagai nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang
harus dibina dan dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat pendukungnya |
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun peduli, dan pervaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya |
2.1 Memiliki sikap
positif ( bangga dan cinta) terhadap bahasa, sastra, dan budaya Makassar 2.2 Memiliki
perilaku jujur,disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
menjalankan aktivitas sehari-hari 2.3 Mengungkapkan
keinginan, pendapat, dan gagasan
dengan menggunakan bahasa Makassar
yang santun dan beretika 2.4 Menjukkan
sikap, perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan karakter dan
kepribadian masyarakat Makassar |
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain. |
3.1 Memahami makna
konotasi dari paruntuk kana dalam kalimat bahasa Makassar dan teks aru 3.2 Mengenal
hakikat dan fungsi dowangang 3.3 Mendeskripsikan
istilah adai-istiadat Makassar, nama
makanan khas Makassar, pakaian adat, dan alat musik Makassar 3.4 Memahami
pengertian drama Makassar |
4.
Menyajikan pengetatuanfaktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
4.1 Menyimak
pembacaan teks aru dan melantunkan
teks aru 4.2 Membacakan dan
menerjemahkan teks dowangang 4.3 Munulis dan
membacakan laporan hasil pengamatan
yang berkaitan dengan adat-istiadat Makassar 4.4 Menulis naskah
drama Makassar dan memerankannya |
No comments:
Post a Comment