RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Inpres Kelapa Tiga I
Mata
Pelajaran : Tematik (Matematika dan Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester : II/Genap
Tema Pembelajaran : Lingkungan
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar Kompetensi
Matematika
Bilangan
Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
Bahasa indonesia
Berbicara
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan
benda dan bercerita.
II.
Kompetensi Dasar
Matematika
Melakukan operasi bilangan campuran.
Bahasa Indonesia
Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar
sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain.
III. Indikator
Matematika
1. Menjelaskan
aturan pengerjaan operasi hitung campuran.
2. Melakukan
operasi bilangan campuran dalam kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia
1. Menirukan
gerak dan suara binatang tertentu.
2. Menjelaskan
ciri-ciri tumbuhan dan bintang secara rinci baik itu nama-nama, cirri khasnya,
suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata yang runtut.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Matematika
1. Melalui
metode Tanya jawab, siswa dapat menjelaskan aturan pengerjaan operasi hitung
campuran.
2. Melalui
metode penugasan, siswa dapat melakukan operasi bilangan campuran dalam
kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia
1. Melalui
metode demonstrasi, siswa dapat menirukan gerak binatang tertentu
2. Melalui
metode demonstrasi, siswa dapat menirukan suara binatang tertentu.
3. Melalui
metode Tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri tumbuhan
secara rinci baik itu nama-nama, ciri khasnya, suaranya, tempat hidupnya,
dengan pilihan kata yang runtut.
4. Melalui
metode Tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri bintang
secara rinci baik itu nama-nama, ciri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan
pilihan kata yang runtut.
V.
Materi pembelajaran
o Bahasa
Indonesia : Mendeskripsikan ciri tumbuhan dan hewan
o Matematika : Perkalian dan pembagian.
VI.
Model dan Metode
Pembelajaran
o Model pembelajaran
·
Model
pembelajaran tematik.
o Metode pembelajaran
·
Ceramah.
·
Tanya-jawab.
·
Pemberian
tugas.
·
Demonstrasi
VII. Sumber
dan Media Pembelajaran
o
Sumber
belajar
·
Buku
Bahasa Indonesia SD kelas II.
·
Buku Matematika SD kelas II
o
Media
pembelajaran
·
Stik es krim, gambar binatang, gambar tumbuhan.
VIII. Proses
Belajar Mengajar / Skenario Pembelajaran
·
Kegiatan
awal
Kegiatan |
waktu |
1.
Guru
menyiapkan siswa untuk belajar. 2.
Berdoa. 3.
Guru
melakukan absensi. 4.
Guru
melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya-jawab dengan siswa
mengenai uang saku siswa. 5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. |
± 10 menit |
·
Kegiatan
inti
Kegiatan |
waktu |
1. Guru
menjelaskan materi pembelajaran mengenai aturan pengerjaan operasi hitung
campuran. 2. Guru
memberikan contoh cara menyelesaikan soal operasi hitung campuran. 3. Guru
bersama siswa memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung
campuran. 4. Guru
bertanya kepada siswa mengenai ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang ada pada
soal operasi hitung campuran baik itu nama-nama, ciri khasnya, suaranya,
maupun tempat hidupnya. 5. Guru
membagikan Lembar Kerja Kelompok. 6. Setiap
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. 7. Setelah
itu guru memberikan tugas individu. |
±50 menit |
·
Kegiatan
akhir
Kegiatan |
waktu |
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan pembelajaran. 2.
Guru
memberikan pesan-pesan moral. 3.
Menutup
pembelajaran. |
±10 menit |
IX.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian : Tertulis
2.
Bentuk
Instrumen :
LKK dan tugas individu
3.
Instrumen : lampiran 2 dan 3
4.
Kunci
jawaban : lampiran 2 dan 3
5.
Pedoman
penskoran : lampiran 2 dan 3
Daftar Pustaka
Purnomosidi, dkk.2008.Matematika 2 untuk kelas II SD/MI.Jakarta
: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Suripto, dkk.2007. Terampil
berhitung matematika untuk SD kelas II. Jakaerta : Erlangga.
Makassar. Maret 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas II B
Hj. Nahidha
Mallapiang, S.Pd Hasmidar,
S.Pd
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment