Monday, March 29, 2021

Contoh RPP Tematika Kelas 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SD Inpres Kelapa Tiga I

Mata Pelajaran                      : Tematik (Matematika dan Bahasa Indonesia)

Kelas/Semester                       : II/Genap

Tema Pembelajaran               : Lingkungan

 

Alokasi Waktu                                    : 2 x 35 menit

                                                                                                                                                           

I.             Standar Kompetensi

Matematika

Bilangan

Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.

Bahasa indonesia

Berbicara

Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.

 

II.          Kompetensi Dasar

Matematika

Melakukan operasi bilangan campuran.

Bahasa Indonesia

Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain.

 

III.       Indikator

Matematika

1.      Menjelaskan aturan pengerjaan operasi hitung campuran.

2.      Melakukan operasi bilangan campuran dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia

1.      Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.

2.      Menjelaskan ciri-ciri tumbuhan dan bintang secara rinci baik itu nama-nama, cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata yang runtut.

 

IV.        Tujuan Pembelajaran

Matematika

1.      Melalui metode Tanya jawab, siswa dapat menjelaskan aturan pengerjaan operasi hitung campuran.

2.      Melalui metode penugasan, siswa dapat melakukan operasi bilangan campuran dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia

1.      Melalui metode demonstrasi, siswa dapat menirukan gerak binatang tertentu

2.      Melalui metode demonstrasi, siswa dapat menirukan suara binatang tertentu.

3.      Melalui metode Tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri tumbuhan secara rinci baik itu nama-nama, ciri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata yang runtut.

4.      Melalui metode Tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri bintang secara rinci baik itu nama-nama, ciri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata yang runtut.

 

V.           Materi pembelajaran

o  Bahasa Indonesia                        : Mendeskripsikan ciri  tumbuhan dan hewan

o  Matematika                     : Perkalian dan pembagian.

 

VI.        Model dan Metode Pembelajaran

o  Model pembelajaran

·         Model pembelajaran tematik.

 

o  Metode pembelajaran

·         Ceramah.

·         Tanya-jawab.

·         Pemberian tugas.

·         Demonstrasi

 

VII.     Sumber dan Media Pembelajaran

o   Sumber belajar

·      Buku Bahasa Indonesia SD kelas II.

·      Buku Matematika SD kelas II

o   Media pembelajaran

·      Stik es krim, gambar binatang, gambar tumbuhan.

VIII.  Proses Belajar Mengajar / Skenario Pembelajaran

 

·      Kegiatan awal

Kegiatan

waktu

1.      Guru menyiapkan siswa untuk belajar.

2.      Berdoa.

3.      Guru melakukan absensi.

4.      Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya-jawab dengan siswa mengenai  uang saku siswa.

5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

± 10 menit

 

·      Kegiatan inti

Kegiatan

waktu

1.      Guru menjelaskan materi pembelajaran mengenai aturan pengerjaan operasi hitung campuran.

2.      Guru memberikan contoh cara menyelesaikan soal operasi hitung campuran.

3.      Guru bersama siswa memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran.

4.      Guru bertanya kepada siswa mengenai ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang ada pada soal operasi hitung campuran baik itu nama-nama, ciri khasnya, suaranya, maupun tempat hidupnya.

5.      Guru membagikan Lembar Kerja Kelompok.

6.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

7.      Setelah itu guru memberikan tugas individu.

±50 menit

 

·      Kegiatan akhir

Kegiatan

waktu

1.      Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.

2.      Guru memberikan pesan-pesan moral.

3.      Menutup pembelajaran.

 

±10 menit

 

 

IX.        Penilaian

1.   Teknik penilaian              : Tertulis

2.   Bentuk Instrumen             : LKK dan tugas individu

3.   Instrumen                         : lampiran 2 dan 3

4.   Kunci jawaban                 : lampiran 2 dan 3

5.   Pedoman penskoran         : lampiran 2 dan 3

               Daftar Pustaka

Purnomosidi, dkk.2008.Matematika 2 untuk kelas II SD/MI.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suripto, dkk.2007. Terampil berhitung matematika untuk SD kelas II. Jakaerta : Erlangga.

 

                                                                                                Makassar.     Maret 2017  

Mengetahui,                                                                                                    

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas II B

 

 

Hj. Nahidha Mallapiang, S.Pd                                                  Hasmidar, S.Pd

NIP.                                                                                         NIP.



No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...