Monday, March 29, 2021

 

Pilih dua Kompetensi Dasar sesuai mata pelajaran yang Anda ajarkan. Kembangkan soal tes tertulis bentuk uraian untuk mengukur penguasaan siswa terhadap materi kedua KD tersebut,

khususnya pada aspek Pengetahuan. Kembangkan soal sesuai langkah-langkah penulisan soal tes uraian.

 

 

Bahasa Indonesia Kelas 2  tema 1

3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

 

 

Matematika Kelas 2 tema 1

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

 

 

Tujuan Pembelajaran

 

1. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.

2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.

3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.

4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI – KISI PENULISAN SOAL.

                                                Jenis Pendidikan     : Sekolah Dasar.

                                                Tema                          : Hidup rukun

                                                Kurikulum                 : 2013

                                                Bentuk Soal              : uraian

                                                Tahun Pelajaran      : 2018/2019

 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

KELAS

MATERI

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

NO. SOAL

BENTUK SOAL

1.

3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

 

2

Hidup rukun di rumah

Disajikan satu kalimat yang mengandung ungkapan , peserta didik dapat mengungkapkan arti dari ungkapan tersebut.

L1

1, 2

uraian

2

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

 

2

Hidup rukun di rumah

Disajikan kumpulan kubus lebih dari seratus, siswa dapat menghitung jumlah kumpulan kubus tersebut dan menuliskan lambing bilangannya

L1

3

uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal

Petunjuk :

Isilah titik-titik berikut dengan tepat !

 

1.    Ayah dan ibu bahagia melihat buah hati mereka selalu rukun. Arti dari uangkapan buah hati adalah …

2.    Suatu hari ayah membawakan buah tangan kepada Umar. Arti dari ungkapan buah tangan adalah …

3.    Hitunglah jumlah kubus berikut !

 

                               

 

 

 


                                    +                                  +                                  =

 

Banyak kubus ada …

Dibaca …

 

 

 

Kunci jawaban

1.    Buah hati = anak

2.    Buah tangan = oleh-oleh

3.    100 + 20 + 2 = 122

Banyak kubus ada 122

Dibaca seratus dua puluh dua

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...