TUGAS AKHIR
MODUL:
STRATEGI PEMBELAJARAN
Setelah Saudara mendalami materi mata kegiatan:
model-model pembelajaran, media pembelajaran, pengembangan bahan ajar, dan
terakhir perencanaan pembelajaran, kemampuan memahami kompetensi pedagogik
hampir purna. Untuk mengukur tingkat kepurnaan tersebut, kerjakan tugas-tugas
berikut:
1. Menyusun
perangkat pembelajaran mata pelajaran yang Saudara ampu untuk semua kompetensi
dasar. Adapun perangkat pembelajaran yang dimaksud terdiri dari:
a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengaktifkan
peserta didik
b. Bahan Ajar yang relevan
c. Mendesain atau membuat media pembelajaran yang
relevan (minimal media presentasi dengan powerpoint).
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : Sd Inpres
Kelapa Tiga I
Kelas / semester
: 4 / 1
Tema /
topik
: Peduli Terhadap Lingkungan Hidup
Petemuan
ke
: 4
Semester
: 2 (dua)
Alokasi
waktu :
70 Menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
4.1
Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan
tumbuhan serta fungsinya
PKN
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
C.
INDIKATOR
IPA
1.
Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
2.
Menggali informasi melalui teks tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya.
PKN
1.
Memberikan contoh kewajiban manusia terhadap tumbuhan
D.
TUJUAN
1.
Setelah kegiatan diskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan bagian-bagian
tumbuhan dan fungsinya.
2.
Setelah pengamatan dan diskusi kelas, siswa mampu menggali informasi
berdasarkan teks tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya dengan tepat.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh kewajiban manusia terhadap
tumbuhan dengan tepat.
E.
MATERI
IPA
1.
Bagian-bagian Tumbuhan
2.
Bagian bagian Bunga
PPKn
1.
Kewajiban Manusia Terhadap Tumbuhan dan Hewan
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi
: Cooperative Learning
Teknik
: Group Investigation
Metode
: Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Mengajak semua siswa berdo’a bersama
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran) 2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa 3. Mengajak semua siswa menyanyi lagu
“Lihat Kebunku” 4. Dilanjutkan dengan bertanya jawab
tentang tanaman yang terdapat pada syair lagu. 5. Menginformasikan Tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang “Peduli Terhadap Lingkungan Hidup” |
10 menit |
Inti |
1. (OBSERVING) siswa melakukan kegiatan diskusi
kelompok, mengamati tumbuhan dalam pot. (sesuai dengan LKS) eksplorasi,
mengamati) Bagian-bagian tumbuhan : · Akar · Batang · Daun · Bunga 2. Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas. 3. Guru menilai kerjasamanya, tanggung
jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb). 4. Guru menilai dengan lembar pengamatan
perilaku 5. Guru dan siswa bersama-sama membahas
hasil diskusi kelompok. 6. (EKSPERIMENTING) Siswa mengamati
gambar bunga. 7. Guru menugaskan siswa menempelkan nama
bagian-bagian bunga beserta fungsinya pada gambar bunga. · Memberikan
kesempatan kepada seluruh siswa yang bersedia menempelkan bagian-bagian bunga
pada gambar di papan tulis. · Pemerataan
siswa dalam melaksanakan tugas menempelkan bagian-bagian bunga pada gambar · Memperhatikan
siswa lain yang tidak berani maju ke depan kelas untuk menempel bagian-bagian
bunga. |
45 menit |
8. (QUESTIONING) Siswa dan guru melakukan
kegiatan tanya jawab tentang bagian bagian bunga beserta fungsinya. · Mendengarkan jawaban siswa tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya,
serta bagaimana cara merawat tumbuhan bunga. · Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab. · Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa
saja). · Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban. · Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban. |
||
9. (ASSOCIATING) Siswa dan guru bertanya jawab
tentang Teks bacaan (menalar), melalui pengamatan terhadap gambar dan tabel
tentang bagian-bagian bunga serta fungsinya. (eksplorasi dan elaborasi,
menyimak dan menalar). |
||
10. (NETWORKING)
Guru membuat
peta konsep tentang bagian-bagian bunga. 11. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberi komentar tentang peta konesep bagian-bagian bunga. |
||
Penutup |
1. Siswa bersama guru bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan materi pembelajaran bahwa bagian bagian bunga lengkap terdiri
dari putik, benangsari, mahkota, kelopak, dan tangkai bunga. 2. Guru
memberikan refleksi bahwa : bunga merupakan bagian tumbuhan yang banyak di
sukai dan memiliki beribu makna bagi manusia dan
manusia berkewajiban untuk merawatnya. 3. Siswa
melaksanakan post test. 4. Guru
memberikan tindak lanjut berupa PR. |
15 menit |
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Tumbuhan
dalam pot
·
Buku Tematik
Pegangan Siswa Kelas 4 tema Peduli Terhadap Lingkungan Hidup.
·
Buku Tematik
Pegangan Guru Kelas 4 Tema Peduli Terhadap Lingkungan Hidup.
· Gambar
bagian-bagian bunga
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan
ganda
· Esai atau
uraian
Makassar, 2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
Hj. Nahidha
Mallapiang, S.Pd Hasmidar,
S.Pd
Nio. Nip.
2. Anda telah mempelajari beberapa model pembelajaran
berpusat pada peserta didik yang juga relevan dengan pendekatan saintifik.
Silakan Anda memilih satu model dan
catatlah sintaknya (langkah-langkah pembelajarannya). Kemudian, bukalah YouTube
dan temukan video tentang penerapan model pembelajaran tersebut. Amati dengan
cermat bagaimana sintak model pembelajarannya tersebut dilaksanakan, kemudian
jelaskan:
a.
Apakah sintak model dalam video
tersebut sesuai dengan catatan sintak model pembelajaran Anda? Ya. Menurut saya sudah sesuai
b.
Menurut pengamatan Anda, apakah para
siswa dalam video tersebut lebih senang dan antusias mengikuti pembelajaran
dengan model pembelajaran tersebut? Siswa lebih
senang dan antusias Mengapa? Karena
semua siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran
c.
Hasil-hasil belajar apa saja yang
dapat dicapai oleh siswa ketika mereka terlibat aktif dalam pembelajaran dengan
model pembelajaran tersebut? Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya; siswa mampu menggali informasi
berdasarkan teks tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya dengan tepat; siswa
mampu memberikan contoh kewajiban manusia terhadap tumbuhan dengan tepat. Siswa
dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan bekerja sama dalam kelompok
3.Buatlah bahan ajar hand-out (HO)
dan Power Point (PPt) sebagai bahan ajar terutama bagi siswa-siswa Anda.
Hand-out
Bunga merupakan tanaman yang banyak disukai oleh kaum wanita,
selain bentuknya yang indah, warnanya menarik dan juga memiliki aroma yang
wangi. Bagi pecinta bunga, biasanya mereka memelihara bunga sebagai hiasan
ruangan, selain sebagai hiasan ruangan mereka juga meelihara bunga sebagai
tanaman untuk mempercantik halaman rumah. Selain untuk mempercantik ruangan,
bunga juga bisa memberikan aroma wangi jika ditempatkan didalam ruangan.
Bunga atau kembang (bahasa Latin: flos) adalah alat
reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae,
“tumbuhan berbiji tertutup”). Pada bunga terdapat organ reproduksi, yaitu
benang sari dan putik.
Bagian – bagian bunga dapat muncul secara tunggal
maupun bersama-sama dalam satu rangkaian. Bunga yang muncul secara bersama-sama
disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence. Pada beberapa spesies, bunga
majemuk dapat dianggap awam sebagai bunga (tunggal), misalnya pada Anthurium
dan bunga matahari. Satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret.
Baca juga mengenai struktur anatomi bunga.
Bagian Bagian Bunga
Secara botani, bagian – bagian bunga adalah bagian
tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada
bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah.
Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji.
Bunga memiliki beberapa fungsi yaitu :
- Fungsi
biologi bunga yaitu sebagai organ seksual, yaitu sebagian wadah menyatunya
gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji.
- Bunga
merupakan analog dengan organ seksual pada hewan baru didasari secara
ilmiah pada abad ke-17 di Eropa.
- Pada
bunga yang memiliki warna cerah befungsi sebagai pemikat hewan pembantu
penyerbukan.
- Bunga
yang menghasilkan panas dan mengeluarkan aroma yang khas bertujuan memikat
hewan untuk membantu penyerbukkan.
- Bunga
dianggap sebagai organ yang bertahan pada kondisi yang kurnag beruntung
bagi pertumbuhan. Sejumlah tumbuhan akan segera membentuk bunga apabila
mengalami kekurangan air atau bersuhu rendah. Baca juga mengenai ciri ciri bunga sempurna.
Itulah sedikit pengertian tentang bagian – bagian
bunga dan fungsi dari bunga, pada artikel kali saya akan menjelaskan tentang
bagian bagian bunga dan juga fungsinya. Berikut penjelasannya :
1. Benang Sari
Benang sari adalah organ reproduksi jantan pada bunga
Setiap benang sari umumnya terdiri dari tangkai sari, dan, pada ujung tangkai
sari, kepala sari atau bungaBunga biasanya terdiri dari empat kotak sari,
disebut mikrosporangia. Perkembangan mikrosporangia dan spora haploid yang
terkandung di dalamnya yaitu serbuk sari) mirip dengan mikrosporangia pada
tumbuhan gymnospermae seperti pinus dan lumut. Serbuk sari dilepaskan dari
anter, lalu jatuh, atau terbawa oleh agen eksternal angin, air, atau hewan ke
putik bunga yang sama maupun bunga lain sehingga terjadi penyerbukan. Baca juga
mengenai morfologi bunga melati.
2. Tangkai Bunga
Tangkai bunga merupakan bagian bunga yang berada pada
bagian bawah bunga. Bagian ini memiliki nama latin yaitu Pedicellus. Tangkai
Bunga mempunyai fungsi yang berbeda dengan bagian induk tangkai. Bagian tangkai
bunga adalah bagian yang berada di bawah bunga paling terakhir diantara
bagian-bagian yang lainnya. Tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan
penghubung antara tangkai bunga dengan ranting. Pada dasarnya bagian ini sering
sekali sebagai tempat untuk memetik sebuah bunga. sehingga tempatnya berada
dibawah bunga. Baca juga mengenai morfologi bunga matahari.
3. Dasar Bunga
Dasar bunga berada pada bunga bagian bawah yaitu di
atas tangkai bunga. Bagian ini merupakan bagian ujung bunga sesudah bagian
tangkai bunga. Dasar bunga mempunyai sebuah bahasa latin yaitu Receptacle.
Bagian dasar bunga mempunyai fungsi sebagai tempat meletakkan dan bertumpunya
mahkota dan bagian-bagia bunga lainnya. Baca juga mengenai morfologi bunga mawar
4. Kelopak Bunga
Kelopak bunga merupakan bagian bunga paling luar yang
menyelimuti mahkota ketika masih kuncup. Fungsi dari kelopak bunga adalah
melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota
mekar. Kelopak bunga biasanya warna dan bentuknya menyerupai daun. Bagian
ini merupakan bagian terpenting dari suatu tanaman. Ketika bunga sudah mulai
mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, dan membiarkan bunga tersebut
mekar. Ketika bunga sudah mekar sempurna, kelopak bunga akan membentuk seperti
bagian dasar dari sebuah bunga, dengan warna hijau daun.
5. Mahkota Bunga
Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang paling indah
dan berwarna-warni. Mahkota bunga sering disebut dengan perhiasan bunga.
Keindahan mahkota bunga sangat menarik bagi serangga untuk hinggap dan membantu
proses penyerbukan. Mahkota bunga atau nama lainnya corolla dengan corak beraneka
ragam menjadikannya sasaran utama bagi serangga untuk memperoleh benang sari.
Kemudian bagian selajutnya adalah tagkai daun bunga
atau dengan nama ilmiahnya brachteola. Adapun fungsi dari bagian tangkai bunga
yaitu sebagai daun pelindung. Letak tangkai bunga persis di pangkal tangkai
bunga.
6. Daun Pelindung (Brachtea)
Bagian pelingdung bunga (Brachtea), bagian ini berbeda
dengan kelopak bunga, karena Brachtea ialah daun terakhir yang menjadi tempat
tumbuhnya bunga. Jadi, pada bagian ketiak daun ini, sang bunga berkembang serta
tumbuh.
7. Kepala Putik (Stigma)
Kepala puti (stigma) berfungsi sebagai tempat
melekat dan masuknya polen yang berasal dari kepala sari untuk kemudian
ditransfer ke bagian ovarium/inti telur melalui tabung serbuk sari
8. Tangkai Putik (Stilus)
Tangkai putik (stilus) berfungsi untuk menyangga
kepala putik agar tetap berada pada posisi yang telah ditentukan. Tangkai putik
ini memiliki rongga atau saluran tabung serbuk sari yang merupakan tempat untuk
lewatnya polen yang berasal dari kepala sari yang kemudian akan diteruskan
menuju inti generatif (ovarium) untuk kemudian terjadinya pembuahan.
9. Bakal Buah (Ovarium)
Bakal buah (ovarium) berfungsi sebagai tempat
terjadinya pembuahan, dimana terjadi peleburan antara gamet jantan dengan gamet
betina, sehingga dimungkinkan terbentuknya bakal buah.
10. Bakal Biji (Ovulum)
Bakal biji (ovulum) berfungsi sebagai tempat
terjadinya proses pembentukkan biji untuk kemudian menghasilkan biji yang
matang. Ovulum sangat berperan akti dalam upaya pelestarian tanaman agar tetap
ada generasi berikutnya.
Itulah 10 bagian bagian dari bunga dan juga fungsinya,
bagian bagian ini sangat penting untuk perkembangan bunga, jika salah
satu bagian bunga ini tidak berfungsi maka kemungkinan bunga tidak akan
berkembang dengan baik, bahkan mati. Jika teman teman mempunyai tanaman bunga
dirumah, jangan lupa dirawat ya, siramlah tanaman bunga setiap pagi, jangan
ditempatkan ditempat yang terkena sinar matahari langsung karena bunga
merupakan tanaman yang mudah layu jika terkena panas.
Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai
bagian – bagian bunga, semoga dengan artikel ini kita tidak hanya mengetahui
jenis jenis bunga namun bisa menambah wawasan tentang bagian- bagian bunga.
Selamat membaca, sampai jumpa di lain kesempatan ya sobat.
Kewajiban
manusia terhadap tumbuhan
- Memilih bibit yang unggul untuk
pohon yang unggul.
- Menjaganya agar tumbuh dan
berkembang.
- Memberikannya air yang cukup
agar tetap hidup.
- Memberikannya pupuk agar tumbuh
dengan baik.
- Tidak menebangnya secara
ilegal.
Power
point
No comments:
Post a Comment