Monday, March 29, 2021

 

TUGAS AKHIR

MODUL: STRATEGI PEMBELAJARAN

 

Setelah Saudara mendalami materi mata kegiatan: model-model pembelajaran, media pembelajaran, pengembangan bahan ajar, dan terakhir perencanaan pembelajaran, kemampuan memahami kompetensi pedagogik hampir purna. Untuk mengukur tingkat kepurnaan tersebut, kerjakan tugas-tugas berikut:

1.    Menyusun perangkat pembelajaran mata pelajaran yang Saudara ampu untuk semua kompetensi dasar. Adapun perangkat pembelajaran yang dimaksud terdiri dari:

a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik

b. Bahan Ajar yang relevan

c. Mendesain atau membuat media pembelajaran yang relevan (minimal media presentasi dengan powerpoint).

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan pendidikan    :  Sd Inpres Kelapa Tiga I

Kelas / semester         :  4 / 1

Tema / topik               :  Peduli Terhadap Lingkungan Hidup

Petemuan ke              :  4

Semester                     :  2   (dua)

Alokasi waktu            :  70 Menit

 

 

A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     KOMPETENSI DASAR

 IPA 

4.1    Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya

PKN

4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.

 

C.    INDIKATOR

 IPA

1.      Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.

2.      Menggali informasi melalui teks tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya.

 

PKN

1.      Memberikan contoh kewajiban manusia terhadap tumbuhan

 

D.    TUJUAN

1.      Setelah kegiatan diskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.

2.      Setelah pengamatan dan diskusi kelas, siswa mampu menggali informasi berdasarkan teks tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya dengan tepat.

3.      Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh kewajiban manusia terhadap tumbuhan dengan tepat.

 

E.   MATERI

IPA

1.      Bagian-bagian Tumbuhan

2.      Bagian bagian Bunga

PPKn

1.      Kewajiban Manusia Terhadap Tumbuhan dan Hewan

 

F.       PENDEKATAN & METODE

Pendekatan          : Scientific

Strategi                 : Cooperative Learning

Teknik                  : Group Investigation

Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

 

 

 

G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.      Mengajak semua siswa berdo’a bersama (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa

3.      Mengajak semua siswa menyanyi lagu  “Lihat Kebunku”

4.      Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang tanaman yang terdapat pada syair lagu.

5.      Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang  “Peduli Terhadap Lingkungan Hidup”

10 menit

Inti

1.      (OBSERVING) siswa melakukan kegiatan diskusi kelompok, mengamati tumbuhan dalam pot. (sesuai dengan LKS) eksplorasi, mengamati)

Bagian-bagian  tumbuhan :

·         Akar

·         Batang

·         Daun

·         Bunga

2.      Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.

3.      Guru menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb).

4.      Guru menilai dengan lembar pengamatan perilaku

5.      Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok.

6.      (EKSPERIMENTING)  Siswa mengamati gambar bunga.

7.      Guru menugaskan siswa menempelkan nama bagian-bagian bunga beserta fungsinya pada gambar bunga.

·      Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa yang bersedia menempelkan bagian-bagian bunga pada gambar di papan tulis.

·      Pemerataan siswa dalam melaksanakan tugas menempelkan bagian-bagian bunga pada gambar

·      Memperhatikan siswa lain yang tidak berani maju ke depan kelas untuk menempel bagian-bagian bunga.

45 menit

8.      (QUESTIONING) Siswa dan guru melakukan kegiatan tanya jawab tentang bagian bagian bunga beserta fungsinya.

·         Mendengarkan jawaban siswa tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya, serta bagaimana cara merawat tumbuhan bunga.

·         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.

·         Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).

·         Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.

·         Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.

9.      (ASSOCIATING) Siswa dan guru bertanya jawab tentang Teks bacaan (menalar), melalui pengamatan terhadap gambar dan tabel tentang bagian-bagian bunga serta fungsinya. (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar).

10.  (NETWORKING) Guru membuat peta konsep tentang bagian-bagian bunga.

11.  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberi komentar tentang peta konesep bagian-bagian bunga.

Penutup

1.  Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan materi pembelajaran bahwa bagian bagian bunga lengkap terdiri dari putik, benangsari, mahkota, kelopak, dan tangkai bunga.

2.  Guru memberikan refleksi bahwa : bunga merupakan bagian tumbuhan yang banyak di sukai dan memiliki beribu makna bagi manusia dan manusia berkewajiban untuk merawatnya.

3.  Siswa melaksanakan post test.

4.  Guru memberikan tindak lanjut berupa PR.

15 menit

 

H.      SUMBER DAN  MEDIA

·         Tumbuhan dalam pot

·         Buku Tematik Pegangan Siswa Kelas 4 tema Peduli Terhadap Lingkungan Hidup.

·         Buku Tematik Pegangan Guru Kelas 4 Tema Peduli Terhadap Lingkungan Hidup.

·         Gambar bagian-bagian bunga

 

I.         PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian

a.      Penilain Proses

Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar

Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

 

  1. Instrumen Penilaian

a.      Penilaian Proses

1)   Penilaian Kinerja

2)   Penilaian Produk

b.      Penilaian Hasil Belajar

·       Pilihan ganda

·       Esai atau uraian

 

                                                            Makassar,        2018

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas

 

 

 

Hj. Nahidha Mallapiang, S.Pd                                    Hasmidar, S.Pd

Nio.                                                                             Nip.

 

 

 

2. Anda telah mempelajari beberapa model pembelajaran berpusat pada peserta didik yang juga relevan dengan pendekatan saintifik. Silakan Anda memilih satu model  dan catatlah sintaknya (langkah-langkah pembelajarannya). Kemudian, bukalah YouTube dan temukan video tentang penerapan model pembelajaran tersebut. Amati dengan cermat bagaimana sintak model pembelajarannya tersebut dilaksanakan, kemudian jelaskan:

a.       Apakah sintak model dalam video tersebut sesuai dengan catatan sintak model pembelajaran Anda? Ya. Menurut saya sudah sesuai

b.      Menurut pengamatan Anda, apakah para siswa dalam video tersebut lebih senang dan antusias mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran tersebut? Siswa lebih senang dan antusias Mengapa? Karena semua siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran

c.       Hasil-hasil belajar apa saja yang dapat dicapai oleh siswa ketika mereka terlibat aktif dalam pembelajaran dengan model pembelajaran tersebut? Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya; siswa mampu menggali informasi berdasarkan teks tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya dengan tepat; siswa mampu memberikan contoh kewajiban manusia terhadap tumbuhan dengan tepat. Siswa dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan bekerja sama dalam kelompok

 

 

 

 

 

3.Buatlah bahan ajar hand-out (HO) dan Power Point (PPt) sebagai bahan ajar terutama bagi siswa-siswa Anda.

 

Hand-out

 

 

Bunga merupakan tanaman yang banyak disukai oleh kaum wanita, selain bentuknya yang indah, warnanya menarik dan juga memiliki aroma yang wangi. Bagi pecinta bunga, biasanya mereka memelihara bunga sebagai hiasan ruangan, selain sebagai hiasan ruangan mereka juga meelihara bunga sebagai tanaman untuk mempercantik halaman rumah. Selain untuk mempercantik ruangan, bunga juga bisa memberikan aroma wangi jika ditempatkan didalam ruangan.

Bunga atau kembang (bahasa Latin: flos) adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, “tumbuhan berbiji tertutup”). Pada bunga terdapat organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik.

Bagian – bagian bunga dapat muncul secara tunggal maupun bersama-sama dalam satu rangkaian. Bunga yang muncul secara bersama-sama disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence. Pada beberapa spesies, bunga majemuk dapat dianggap awam sebagai bunga (tunggal), misalnya pada Anthurium dan bunga matahari. Satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret. Baca juga mengenai struktur anatomi bunga.

Bagian Bagian Bunga

Secara botani, bagian – bagian bunga adalah bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji.

Bunga memiliki beberapa fungsi yaitu :

  • Fungsi biologi bunga yaitu sebagai organ seksual, yaitu sebagian wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji.
  • Bunga merupakan analog dengan organ seksual pada hewan baru didasari secara ilmiah pada abad ke-17 di Eropa.
  • Pada bunga yang memiliki warna cerah befungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan.
  • Bunga yang menghasilkan panas dan mengeluarkan aroma yang khas bertujuan memikat hewan untuk membantu penyerbukkan.
  • Bunga dianggap sebagai organ yang bertahan pada kondisi yang kurnag beruntung bagi pertumbuhan. Sejumlah tumbuhan akan segera membentuk bunga apabila mengalami kekurangan air atau bersuhu rendah. Baca juga mengenai ciri ciri bunga sempurna.

Itulah sedikit pengertian tentang bagian – bagian bunga dan fungsi dari bunga, pada artikel kali saya akan menjelaskan tentang bagian bagian bunga dan juga fungsinya. Berikut penjelasannya :


1. Benang Sari

Benang sari adalah organ reproduksi jantan pada bunga Setiap benang sari umumnya terdiri dari tangkai sari, dan, pada ujung tangkai sari, kepala sari atau bungaBunga biasanya terdiri dari empat kotak sari, disebut mikrosporangia. Perkembangan mikrosporangia dan spora haploid yang terkandung di dalamnya yaitu serbuk sari) mirip dengan mikrosporangia pada tumbuhan gymnospermae seperti pinus dan lumut. Serbuk sari dilepaskan dari anter, lalu jatuh, atau terbawa oleh agen eksternal angin, air, atau hewan ke putik bunga yang sama maupun bunga lain sehingga terjadi penyerbukan. Baca juga mengenai morfologi bunga melati.

 

2. Tangkai Bunga

Tangkai bunga merupakan bagian bunga yang berada pada bagian bawah bunga. Bagian ini memiliki nama latin yaitu Pedicellus. Tangkai Bunga mempunyai fungsi yang berbeda dengan bagian induk tangkai. Bagian tangkai bunga adalah bagian yang berada di bawah bunga paling terakhir diantara bagian-bagian yang lainnya. Tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara tangkai bunga dengan ranting. Pada dasarnya bagian ini sering sekali sebagai tempat untuk memetik sebuah bunga. sehingga tempatnya berada dibawah bunga. Baca juga mengenai morfologi bunga matahari.

3. Dasar Bunga

Dasar bunga berada pada bunga bagian bawah yaitu di atas tangkai bunga. Bagian ini merupakan bagian ujung bunga sesudah bagian tangkai bunga. Dasar bunga mempunyai sebuah bahasa latin yaitu Receptacle. Bagian dasar bunga mempunyai fungsi sebagai tempat meletakkan dan bertumpunya mahkota dan bagian-bagia bunga lainnya. Baca juga mengenai morfologi bunga mawar

4. Kelopak Bunga

Kelopak bunga merupakan bagian bunga paling luar yang menyelimuti mahkota ketika masih kuncup. Fungsi dari kelopak bunga adalah melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota mekar. Kelopak bunga biasanya warna dan bentuknya menyerupai daun.  Bagian ini merupakan bagian terpenting dari suatu tanaman. Ketika bunga sudah mulai mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, dan membiarkan bunga tersebut mekar. Ketika bunga sudah mekar sempurna, kelopak bunga akan membentuk seperti bagian dasar dari sebuah bunga, dengan warna hijau daun.

5. Mahkota Bunga

Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang paling indah dan berwarna-warni. Mahkota bunga sering disebut dengan perhiasan bunga. Keindahan mahkota bunga sangat menarik bagi serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan. Mahkota bunga atau nama lainnya corolla dengan corak beraneka ragam menjadikannya sasaran utama bagi serangga untuk memperoleh benang sari.

Kemudian bagian selajutnya adalah tagkai daun bunga atau dengan nama ilmiahnya brachteola. Adapun fungsi dari bagian tangkai bunga yaitu sebagai daun pelindung. Letak tangkai bunga persis di pangkal tangkai bunga.

6. Daun Pelindung (Brachtea)

Bagian pelingdung bunga (Brachtea), bagian ini berbeda dengan kelopak bunga, karena Brachtea ialah daun terakhir yang menjadi tempat tumbuhnya bunga. Jadi, pada bagian ketiak daun ini, sang bunga berkembang serta tumbuh.

7. Kepala Putik (Stigma)

Kepala puti (stigma)  berfungsi sebagai tempat melekat dan masuknya polen yang berasal dari kepala sari untuk kemudian ditransfer ke bagian ovarium/inti telur melalui tabung serbuk sari

8. Tangkai Putik (Stilus)

Tangkai putik (stilus) berfungsi untuk menyangga kepala putik agar tetap berada pada posisi yang telah ditentukan. Tangkai putik ini memiliki rongga atau saluran tabung serbuk sari yang merupakan tempat untuk lewatnya polen yang berasal dari kepala sari yang kemudian akan diteruskan menuju inti generatif (ovarium) untuk kemudian terjadinya pembuahan.

9. Bakal Buah (Ovarium)

Bakal buah (ovarium) berfungsi sebagai tempat terjadinya pembuahan, dimana terjadi peleburan antara gamet jantan dengan gamet betina, sehingga dimungkinkan terbentuknya bakal buah.

10. Bakal Biji (Ovulum)

Bakal biji (ovulum) berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembentukkan biji untuk kemudian menghasilkan biji yang matang. Ovulum sangat berperan akti dalam upaya pelestarian tanaman agar tetap ada generasi berikutnya.

Itulah 10 bagian bagian dari bunga dan juga fungsinya, bagian bagian  ini sangat penting untuk perkembangan bunga, jika salah satu bagian bunga ini tidak berfungsi maka kemungkinan bunga tidak akan berkembang dengan baik, bahkan mati. Jika teman teman mempunyai tanaman bunga dirumah, jangan lupa dirawat ya, siramlah tanaman bunga setiap pagi, jangan ditempatkan ditempat yang terkena sinar matahari langsung karena bunga merupakan tanaman yang mudah layu jika terkena panas.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai bagian – bagian bunga, semoga dengan artikel ini kita tidak hanya mengetahui jenis jenis bunga namun bisa menambah wawasan tentang bagian- bagian bunga. Selamat membaca, sampai jumpa di lain kesempatan ya sobat.

Kewajiban manusia terhadap tumbuhan

  1. Memilih bibit yang unggul untuk pohon yang unggul.
  2. Menjaganya agar tumbuh dan berkembang.
  3. Memberikannya air yang cukup agar tetap hidup.
  4. Memberikannya pupuk agar tumbuh dengan baik.
  5. Tidak menebangnya secara ilegal.

Power point

 

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...