Langkah - langkah pembelajaran yang
menerapkan Teori Behavioristik di Kelas IV :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi : Menulis Pengumuman
Tujuan Pembelajaran : Melalui penugasan,
siswa dapat menulis pengumuman dengan bahasa
yang baik dan benar serta memperhatikan ejaan.
Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal :
- Guru menyiapkan siswa untuk belajar.
- Berdoa.
- Guru melakukan absensi.
- Guru melakukan apersepsi.
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
Kegiatan
Inti :
1.
Membentuk
kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin, suku, dll).
- Guru menyajikan
pelajaran mengenai topik pembelajaran menulis pengumuman.
- Disela-sela guru
menyajikan bahan ajar sesekali guru melempar pertanyaan kepada murid yang
berkaitan dengan materi pelajaran.
(Stimulus)
- Kemudian siswa
menjawab pertanyaan dari guru (respon).
Jika jawaban siswa benar maka diberi penguatan
baik berupa tepuk tangan, jempol, dll. Dan apabila jawaban siswa kurang
tepat diberi juga penguatan atau motivasi untuk menjawab dengan benar.
- Guru memberi tugas
kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya
tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok
itu mengerti.
- Guru memberi
kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh
saling membantu.
- Memberi evaluasi.
Kegiatan
Penutup :
1. Guru
bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.
2. Guru
memberikan pesan-pesan moral.
3. Menutup
pembelajaran.
No comments:
Post a Comment