Monday, March 29, 2021

 

RANGKUMAN MODUL 3 KB 2

KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK

  • Kemampuan awal adalah pemahaman, pengalaman, pengetahuan prasyarat, dan segala sesuatu yang dimiliki oleh peserta didik sebagai pengetahuan awal (prior knowledge) dan disusun secara hirarkis sebagai basis data pengalaman (experiential data base) di dalam diri peserta didik.
  • Identifikasi pengetahuan tentang kemampuan awal peserta didik sangat penting karena berguna untuk memberikan dosis pelajaran yang tepat kepada peserta didik, mengambil langkah-langkah yang diperlukan oleh guru, mengukur apakah peserta didik memiliki prasyarat yang dibutuhkan, dan memilih pola-pola pembelajaran yang lebih baik
  • Beberapa teknik mendeteksi kemampuan awal peserta didik dapat dilakukan diantaranya dengan: menggunakan catatan atau dokumen yang tersedia,  menggunakan tes prasyarat (prerequisite test) dan tes awal (pre-test), mengadakan konsultasi individual, dan menggunakan angket atau kuesioner kepada peserta didik untuk memperoleh informasi terkait bagaimana karakteristik peserta didik khususnya kemampuan awal ataupun pengalaman yang sudah dimiliki oleh peserta didik.
  • Klasifikasi pembelajaran menurut Gagne (1977) meliputi lima jenis kemampuan atau ranah belajar, yakni: keterampilan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap, dan psikomotor.

RANGKUMAN M3 KB 3 GAYA BELAJAR

Guru yang efektif harus mempertimbangkan gaya belajar yang berbeda dari para peserta didik mereka, menyadari bahwa setiap peserta memiliki kekuatan dan kelemahan tiap area tersebut. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah merancang pembelajaran yang secara aktif meliputi kekuatan dan preferensi konseptual, kebiasaan memproses informasi, kecerdasan majemuk, faktor motivasi, serta faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk belajar.

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...