RANGKUMAN MODUL 3 KB 2
KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK
- Kemampuan awal adalah pemahaman, pengalaman,
pengetahuan prasyarat, dan segala sesuatu yang dimiliki oleh peserta didik
sebagai pengetahuan awal (prior knowledge) dan disusun secara
hirarkis sebagai basis data pengalaman (experiential data base) di
dalam diri peserta didik.
- Identifikasi pengetahuan tentang kemampuan awal peserta
didik sangat penting karena berguna untuk memberikan dosis pelajaran yang
tepat kepada peserta didik, mengambil langkah-langkah yang diperlukan oleh
guru, mengukur apakah peserta didik memiliki prasyarat yang dibutuhkan,
dan memilih pola-pola pembelajaran yang lebih baik
- Beberapa teknik mendeteksi kemampuan awal peserta didik
dapat dilakukan diantaranya dengan: menggunakan catatan atau dokumen yang
tersedia, menggunakan tes prasyarat (prerequisite test) dan
tes awal (pre-test), mengadakan konsultasi individual, dan
menggunakan angket atau kuesioner kepada peserta didik untuk memperoleh
informasi terkait bagaimana karakteristik peserta didik khususnya
kemampuan awal ataupun pengalaman yang sudah dimiliki oleh peserta didik.
- Klasifikasi pembelajaran menurut Gagne (1977) meliputi
lima jenis kemampuan atau ranah belajar, yakni: keterampilan intelektual,
strategi kognitif, informasi verbal, sikap, dan psikomotor.
RANGKUMAN M3 KB 3 GAYA BELAJAR
Guru yang efektif harus mempertimbangkan gaya belajar yang berbeda dari para peserta didik mereka, menyadari bahwa setiap peserta memiliki kekuatan dan kelemahan tiap area tersebut. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah merancang pembelajaran yang secara aktif meliputi kekuatan dan preferensi konseptual, kebiasaan memproses informasi, kecerdasan majemuk, faktor motivasi, serta faktor fisiologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk belajar.
No comments:
Post a Comment