Diskusi m6 kb3
KB 3. Menulis Tes hasil
belajar
Contains
unread posts
UNG
Dr Novri Youla Kandowangko MP posted Aug 3, 2018 9:35 AM
Bapak dan Ibu Guru, ada beberapa
Bentuk / Model Penilaian Autentik, antara lain: kinerja, tidak ada proyek, kesalahan portofolio,
pengukuran diri, jurnal, jurnal, eksperimen atau demonstrasi, pertanyaan
terbuka, menonton, menceritakan kembali, dan menulis sampel teks.
Diskusikanlah, apakah setiap bentuk autentik membutuhkan
rubrik No. Berikan argumentasi saudara, balikkan contohnya.
Menurut saya setiap bentuk auntentik
membutuhkan rubrik sebab rubrik digunakan sebagai patokan untuk menentukan
tingkat pencapaian peserta didik. Jika rubrik tidak ada maka tidak ada yang
menjadi patokan dari keberhasilan pencapaian peserta didik.
1.
Contoh
rubrik penilaian terhadap penilaian psikomotor peserta didik.
No |
Nama
kelompok/individu |
Aspek
yang dinilai |
Skor |
keterangan |
||
1 |
2 |
3 |
||||
1. 2. 3. 4. dst |
|
Melalui kerja kelompok, siswa dapat terampil membuat
garis lintasan planet-planet. |
|
|
|
|
Dengan kategori
1 : baik sekali
2 : baik
3 : cukup baik
2.
Contoh rubrik
penilaian psikomotor
No |
Nama siswa |
Aspek yang dinilai |
Jumlah nilai |
|||
Ketepatan |
Keberanian |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
|||
1. 2. 3. 4. 5. dst. |
|
|
|
|
|
|
Kriteria Pemberian Skor:
Ø Keterampilan dalam menyampaikan secara verbal hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu (kelelawar, cicak, dan
bebek) dengan lingkungan hidupnya dengan
tepat
a. - Skor 2 :
apabila siswa mampu menyampaikan
secara verbal hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu (kelelawar, cicak, dan
bebek) dengan lingkungan hidupnya dengan benar dan tepat
- Skor 1 : apabila siswa tidak
mampu menyampaikan secara verbal hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan
tertentu (kelelawar, cicak, dan bebek) dengan lingkungan hidupnya dengan benar dan tepat
b. - Skor 2 :
apabila siswa berani ke depan
kelas untuk melakukan perintah yang diberikan oleh guru
- Skor 1 : apabila siswa tidak berani ke depan kelas untuk melakukan
perintah yang diberikan oleh guru
3.
Contoh rubrik penilaian kognitif
Nomor soal |
Kunci
jawaban |
skor |
1
Mengapa uranus berwarna biru ? |
Atmosfer
uranus terdiri atas metana yang berwarna biru. Akibat gas alam ini, uranus
berwarna biru menakjubkan. |
5 |
2.
Mengapa mars dijuluki sebagai planet merah ? |
Planet
mars sering disebut sebagai planet merah karena tampak kemerahan. Warna merah
tersebut berasal dari debu yang banyak diterbangkan angin. |
5 |
3.
Mengapa mars dijuluki sebagai planet merah ? |
Karena
bumi memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen dan tersedia cukup air.
Suhu permukaan bumi rata-rata 22 C sehingga memungkinkan adanya makhluk
hidup. |
5 |
Nilai X
100
4.
Contoh rubrik penilaian afektif
No |
Nama kelompok/individu |
Karakter |
Keterampilan sosial |
||||||||||
Teliti |
bertanggungjawab |
Bertanya |
Menyumbang ide atau pendapat |
||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 : baik sekali
2 : baik
3 : cukup
No comments:
Post a Comment