Lampiran
3
LEMBAR KERJA KELOMPOK (LKK)
Mata pelajaran : Tematik
(Matematika dan Bahasa Indonesia)
Kelas/semester : II/Genap
Hari/tanggal : Jumat / 10 Maret
2017
Alokasi waktu :
Nama Kelompo k :
Nama Anggota Kelompok :
I.
Tujuan
: Melakukan operasi hitung campuran.
II.
Alat
dan bahan : gambar – gambar tumbuhan dan hewan, lem kertas,
III.
Petunjuk
:
1.
Diskusikanlah
bersama teman kelompokmu !
2.
Lakukan
kegiatan sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditentukan !
IV.
Langkah
kegiatan :
1.
Sediakan
alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan !
2.
Kemudian
letakkan semua alat dan bahan di atas meja !
3.
Pilihlah
gambar tumbuhan dan hewan sesuai soal yang diberikan !
4.
Tempelkan
gambar tumbuhan dan hewan sesuai dengan penyelesaian soal operasi hitung campuran
yaitu pada kotak yang telah disediakan !
V.
Pertanyaan
Tatik membawa 3 ikat bunga mawar. Tiap
ikat berisi 5 tangkai mawar. Sebanyak 5 tangkai diberikan kepada adiknya.
Berapa banyak bunga mawar Tatik ? ….
Penyelesaian :
1.
Ambillah
gambar bunga mawar sebanyak 3 X
5 = …..
2.
3.
Kemudian
sebanyak 5 tangkai diberikan kepada adiknya, sehingga bunga mawar Tatik sisa ……
VI.
Kesimpulan
Soal tersebut diubah
ke bentuk kalimat matematika.
3 x 5 – 5 = …..
Jadi, sisa bunga mawar Tatik ada
……
Lampiran
3
LEMBAR KERJA KELOMPOK (LKK)
Mata pelajaran : Tematik
(Matematika dan Bahasa Indonesia)
Kelas/semester : II/Genap
Hari/tanggal : Jumat / 10 Maret
2017
Alokasi waktu :
Nama Kelompo k :
Nama Anggota Kelompok :
I.
Tujuan
: Melakukan operasi hitung campuran.
II.
Alat
dan bahan : gambar – gambar tumbuhan dan hewan, lem kertas,
III.
Petunjuk
:
1.
Diskusikanlah
bersama teman kelompokmu !
2.
Lakukan
kegiatan sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditentukan !
IV.
Langkah
kegiatan :
1.
Sediakan
alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan !
2.
Kemudian
letakkan semua alat dan bahan di atas meja !
3.
Pilihlah
gambar tumbuhan dan hewan sesuai soal yang diberikan !
4.
Tempelkan
gambar tumbuhan dan hewan sesuai dengan penyelesaian soal operasi hitung
campuran yaitu pada kotak yang telah disediakan !
V.
Pertanyaan
Bu Guru membagikan 16 ekor burung
kepada 4 siswa sama banyak. Salah satu siswa yang menjadi juara pertama yaitu
Amel diberi tambahan 3 ekor burung lagi. Berapa ekor burung yang diterima oleh Amel
? …
Penyelesaian :
1.
Ambillah
gambar burung sebanyak 16 , lalu kelompokkan menjadi 4 kelompok sama banyak !
2.
Lalu
tempelkan gambar tersebut pada kotak
yang telah disediakan !
16 : 4 = ….
3.
VI.
Kesimpulan
Soal tersebut diubah
ke bentuk kalimat matematika.
16 : 4 + 3 = …..
Jadi, banyak burung
yang diterima Amel ……
Lampiran
3
LEMBAR KERJA KELOMPOK (LKK)
Mata pelajaran : Tematik
(Matematika dan Bahasa Indonesia)
Kelas/semester : II/Genap
Hari/tanggal : Jumat / 10 Maret
2017
Alokasi waktu :
Nama Kelompo k :
Nama Anggota Kelompok :
I.
Tujuan
: Melakukan operasi hitung campuran.
II.
Alat
dan bahan : gambar – gambar tumbuhan dan hewan, lem kertas,
III.
Petunjuk
:
1.
Diskusikanlah
bersama teman kelompokmu !
2.
Lakukan
kegiatan sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditentukan !
IV.
Langkah
kegiatan :
1.
Sediakan
alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan !
2.
Kemudian
letakkan semua alat dan bahan di atas meja !
3.
Pilihlah
gambar tumbuhan dan hewan sesuai soal yang diberikan !
4.
Tempelkan
gambar tumbuhan dan hewan sesuai dengan penyelesaian soal operasi hitung
campuran yaitu pada kotak yang telah disediakan !
V.
Pertanyaan
Nunik membawa 3 kantong buah rambutan. Tiap kantong
berisi 4 buah rambutan. Sebanyak 2 buah rambutan diberikan kepada adiknya.
Berapa banyak buah rambutan Tatik ? ….
Penyelesaian :
1.
Ambillah
gambar buah rambutan sebanyak 3 X 4 = …..
2.
3.
Kemudian
sebanyak 2 buah rambutan diberikan kepada adiknya, sehingga buah rambutan Nunik
sisa ..
VI.
VII.
Kesimpulan
Soal tersebut diubah
ke bentuk kalimat matematika.
3 x 4 – 2 = …..
Jadi, sisa buah rambutan Nunik ada
……
Lampiran
3
LEMBAR KERJA KELOMPOK (LKK)
Mata pelajaran : Tematik
(Matematika dan Bahasa Indonesia)
Kelas/semester : II/Genap
Hari/tanggal : Jumat / 10 Maret
2017
Alokasi waktu :
Nama Kelompo k :
Nama Anggota Kelompok :
I.
Tujuan
: Melakukan operasi hitung campuran.
II.
Alat
dan bahan : gambar – gambar tumbuhan dan hewan, lem kertas,
III.
Petunjuk
:
1.
Diskusikanlah
bersama teman kelompokmu !
2.
Lakukan
kegiatan sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditentukan !
IV.
Langkah
kegiatan :
1.
Sediakan
alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan !
2.
Kemudian
letakkan semua alat dan bahan di atas meja !
3.
Pilihlah
gambar tumbuhan dan hewan sesuai soal yang diberikan !
4.
Tempelkan
gambar tumbuhan dan hewan sesuai dengan penyelesaian soal operasi hitung
campuran yaitu pada kotak yang telah disediakan !
V.
Pertanyaan
Bu Guru membagikan 12 ekor ikan kepada
4 siswa sama banyak. Salah satu siswa yang menjadi juara pertama yaitu Amel
diberi tambahan 5 ekor ikan lagi. Berapa ekor burung yang diterima oleh Amel ?
…
Penyelesaian :
1.
Ambillah
gambar ikan sebanyak 12 , lalu kelompokkan menjadi 4 kelompok sama banyak !
2.
Lalu
tempelkan gambar tersebut pada kotak
yang telah disediakan !
12 : 4 = ….
3.
VI.
Kesimpulan
Soal tersebut diubah
ke bentuk kalimat matematika.
12 : 4 + 5 = …..
Jadi, banyak burung
yang diterima Amel ……
Lampiran
3
LEMBAR KERJA KELOMPOK (LKK)
Mata pelajaran : Tematik
(Matematika dan Bahasa Indonesia)
Kelas/semester : II/Genap
Hari/tanggal : Jumat / 10 Maret
2017
Alokasi waktu :
Nama Kelompo k :
Nama Anggota Kelompok :
I.
Tujuan
: Melakukan operasi hitung campuran.
II.
Alat
dan bahan : gambar – gambar tumbuhan dan hewan, lem kertas,
III.
Petunjuk
:
1.
Diskusikanlah
bersama teman kelompokmu !
2.
Lakukan
kegiatan sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditentukan !
IV.
Langkah
kegiatan :
1.
Sediakan
alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan !
2.
Kemudian
letakkan semua alat dan bahan di atas meja !
3.
Pilihlah
gambar tumbuhan dan hewan sesuai soal yang diberikan !
4.
Tempelkan
gambar tumbuhan dan hewan sesuai dengan penyelesaian soal operasi hitung
campuran yaitu pada kotak yang telah disediakan !
V.
Pertanyaan
Bu Guru membagikan 8 ekor ayam kepada 4
siswa sama banyak. Salah satu siswa yang menjadi juara pertama yaitu Amel
diberi tambahan 1 ekor ayam lagi. Berapa ekor ayam yang diterima oleh Amel ? …
Penyelesaian :
1.
Ambillah
gambar ayam sebanyak 8 , lalu kelompokkan menjadi 4 kelompok sama banyak !
2.
Lalu
tempelkan gambar tersebut pada kotak
yang telah disediakan !
8 : 4 = ….
3.
VI.
Kesimpulan
Soal tersebut diubah
ke bentuk kalimat matematika.
8 : 4 + 1 = …..
Jadi, banyak burung yang diterima
Amel ……
No comments:
Post a Comment