Tugas
Kemampuan berbahasa pesrta didik dapat dinilai dari aspek yaitu kompetensi aktif reseptif dan kompetensi aktif produktif. Kompetensi aktif reseptif lebih ditujukan untuk mengungkap pemahaman wacana lisan maupun tulisan, sedangkan kompetensi aktif produktif adalah kemampuan peerta didik untuk menghasilkan bahasa untuk disampaikan kepada pihak lain secara lisan (berbicara) maupun tertulis (menulis). Kedua kompetensi ini menuntut dilaksanakan penilaian unjuk kerja bahasa atau praktik mepergunakan bahasa. Khusus untuk kompetensi aktif produktif yaitukompetensi berbicara dan menulis sangat tepat dinilai menggunakan penilaian otentik.
Tugas
Identifikasi tugas-tugas belajar yang berkaitan dengan kompetensi berbicara.
Siswa melakukan percakapan yang mengandung ungkapan dengan temannya di depan kelas
Identifikasi tugas-tugas belajar yangb berkaitan dengan kompetensi menulis.
Siswa menuliskan teks percakapan yang mengandung ungkapan dan menuliskan artinya
Rancangkan program pembelajaran yang menggunakan penilaian otentik untuk menilai kompetensi berbicara.
Penilaian kinerja
Setelah siswa menuliskan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa secara berpasang-pasangan maju ke depan untuk membacakan / melakukan percakapan.
Instrunmen yang digunakan untuk merekam hasil belajar ini adalah skala penilaian.
NO |
NAMA SISWA |
ASPEK YANG DINILAI |
|
||
|
|
LAFAL |
INTONASI |
EKSPRESI |
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rancangkan program pembelajaran yang menggunakan penilaian otentik untuk menilai kompetensi menuis.
Menulis sampel teks
Siswa menuliskan teks
percakapan yang mengandung ungkapan dan menuliskan maknanya.
NO |
NAMA SISWA |
ASPEK YANG DINILAI |
|
||||
|
|
KOSAKATA |
KOMPOSISI |
GAYA BAHASA |
KONSTRUKSI KALIMAT |
PROSES PENULISAN |
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment