RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Inpres Gunung Sari Baru
Mata
Pelajaran : Tematik (Matematika dan Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester : III/I
Tema Pembelajaran : Kegiatan
Alokasi
Waktu : 3 x 35 menit
Tanggal :
17 oktober 2013
I.
Standar Kompetensi
Matematika
Bilangan
1. Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
II.
Kompetensi Dasar
Matematika
1.5
Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
Bahasa Indonesia
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan.
III. Indikator
o Kognitif
· Produk : - Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan uang.
·
Proses : - Memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang.
-
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan.
o Psikomotor
·
Memecahkan masalah berdasarkan petunjuk.
o Afektif
1.
Karakter
·
Teliti
·
Tanggungjawab
2. Keterampilan sosial
·
Bertanya
·
Menjadi pendengar
yang baik.
IV.
Tujuan Pembelajaran
o Kognitif
· Produk : - Melalui
penugasan, siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan
uang.
·
Proses : - Melalui penjelasan guru, siswa dapat memecahkan
masalah yang
berkaitan
dengan uang.
-
Melalui penjelsan guru, siswa dapat melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
o Psikomotor
·
Melalui penjelsan guru, siswa dapat terampil memecahkan
masalah berdasarkan petunjuk.
o Afektif
1.
Karakter
·
Teliti,siswa
dapat teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
·
Tanggungjawab,
siswa dapat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya baik dalam kelompok
maupun individu.
2. Keterampilan sosial
·
Bertanya,siswa
aktif bertanya mengenai materi yang diberikan.
·
Menjadi
pendengar yang baik, siswa mendengar dengan baik saat guru menjelaskan.
V.
Materi pembelajaran
o Matematika :
Nilai mata uang dan nilai tukar
o Bahasa
Indonesia : Melakukan sesuatu berdasarkan
petunjuk.
VI.
Model dan Metode
Pembelajaran
o Model pembelajaran
·
Model
pembelajaran tematik.
o Metode pembelajaran
·
Ceramah.
·
Tanya-jawab.
·
Pemberian
tugas.
VII. Sumber
dan Media Pembelajaran
o
Sumber
belajar
·
Buku
Matematika SD kelas III
o
Media
pembelajaran
·
Gambar
·
Uang mainan
VIII. Proses
Belajar Mengajar / Skenario Pembelajaran
·
Kegiatan
awal
Kegiatan
|
waktu
|
1.
Guru
menyiapkan siswa untuk belajar.
2.
Berdoa.
3.
Guru
melakukan absensi.
4.
Guru
melakukan apersepsi.
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
± 15 menit
|
·
Kegiatan
inti
Kegiatan
|
waktu
|
1. Guru
menjelaskan materi pembelajaran.
2. Kemudian
guru memberikan perintah secara lisan untuk mengambil amplop yang telah
disediakan secara satu per satu.
3. Setelah
itu, siswa disuruh untuk mengerjakan soal tersebut.
4. Kemudian
dikumpulkan dan dinilai.
5. Guru
membagikan lembar evaluasi.
|
± 85 menit
|
·
Kegiatan
akhir
Kegiatan
|
waktu
|
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.
2.
Guru
memberikan pesan-pesan moral.
3.
Menutup
pembelajaran.
|
±5 menit
|
IX.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian : Tertulis
2.
Bentuk
Instrumen :
LKS dan Evaluasi
3.
Instrumen : lampiran 2 dan 3
4.
Kunci
jawaban : lampiran 2 dan 3
5.
Pedoman
penskoran : lampiran 2 dan 3
Daftar
Pustaka
Suharyanto, Jacob, C. 2008. Matematika untuk
SD/MI Kelas III. Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Makassar. 17 Oktober
2013
Mengetahui,
Guru Pembimbing Mahasiswa
Darmaniar Hasmidar
NIP : 19801117200801 2 014 Nim
: 104704267
Menyetujui,
Dosen Pembimbing
Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd.
NIP : 19620310 198703 2 002
trima kasih bisa terbantu
ReplyDeleteSama-sama
DeleteTerima kasih sudah mampir