Monday, March 29, 2021

 

TUGAS AKHIR  MODUL 4

Di suatu kelas terdapat 30 siswa  dengan rincian :

  1. Jumlah laki-laki  20 orang,  jumlah  perempuan 10 orang
  2. Status sosial 60% adalah anak dari pekerja buruh pabrik, 20 % PNS, dan 10 % adalah pedagang, 20% adalah pegawai swasta/BUMN
  3. Minat siswa 50% pada kegiatan olahraga, 10% pada aspek akademis, 20% pada kegiatan seni, dan 20% pada  aspek ketrampilan
  4. Kemampuan siswa 40% pada batas bawah, 40% pada batas menengah, dan 20% pada batas tinggi
  5. Preferensi belajar 40% kinestetik, 30% visual, 30% auditory

Pertanyaan

  1. Bagaimana cara mengelola kelas dan mengakomodasi pembelajaran dengan karakteristik tersebut diatas  (ambil 1sub tema pembelajaran/ 1 mapel)

Kelas 2 Subtema 1 Hidup rukun di rumah

Kegiatan awal (10 menit)

1.    Guru menyiapkan siswa untuk belajar.

2.    Berdoa.

3.    Guru melakukan absensi.

4.    Guru melakukan apersepsi.

5.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan inti (50 menit)

1.    Guru menjelaskan nilai tempat pada bilangan tiga angka dan semua siswa dapat bertanya jika ada yang kurang dipahami tanpa membeda-bedakan status sosial.

2.    Guru membagi kelompok secara heterogen yang terdiri dari 4 laki-laki dan 2 perempuan, dan juga pada tiap-tiap kelompok terdiri dari 2 anak dari pekerja buruh, 1 anak pns, 1 anak pedagang, dan 1 anak pegawai swasta/BUMN serta tiap kelompok terdiri dari 1 siswa kemampuan batas tinggi, 2 atau 3 batas menengah, 2 atau 3 batas bawah.(Hal ini dilakukan agar siswa dapat berinteraksi dengan semua kalangan status social tanpa membeda-bedakan gender dan status social, dan tingkat kemampuan kecerdasan)

3.    Guru membagikan lembar kegiatan pada masing-masing kelompok.

4.    Menentukan nilai tempat pada bilangan tiga angka.

5.    Menuliskan bilangan tiga angka dengan memperhatikan nilai tempat.

6.    Melengkapi kalimat percakapan dengan bilangan tiga angka.

7.    Bermain game mengenai nilai tempat pada bilangan tiga angka (karena 50 persen minatnya olahraga dan preferensi kinestetik)

8.    Menyanyikan satu lagu daerah dengan memperhatikan kuat lemah bunyi.

9.    Membedakan kuat lemah bunyi pada lagu.

 

Kegiatan penutup (10 menit)

1.    Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.

2.    Guru memberikan pesan-pesan moral.

3.    Menutup pembelajaran.

 

  1. Bagaimana mengembangkan kecerdasan majemuk dengan karakteristik diatas (ambil 1sub tema pembelajaran/ 1 mapel)

Karena 50 % minat olahraga dan 40% kinestetik maka cara mengembangkan kecerdasan majemuknya dengan kecerdasan kinestetis.

Contoh dalam pembelajaran guru membimbing siswa dalam bermain tebak-tebakan nama hewan yang diperagakan oleh siswa lainnya. Jika jawabannya benar guru meminta siswa menanggapinya dengan mengangguk atau tersenyum. Siswa bergantian dalam menebak dengan cara lari atau menggunakan waktu.

Guru mengajarkan siswa untuk menghitung cepat perkalian dengan menggunakan ruas-ruas jari.


 

 

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...