TUGAS AKHIR MODUL 4
Di suatu kelas terdapat 30
siswa dengan rincian :
- Jumlah laki-laki 20 orang, jumlah
perempuan 10 orang
- Status sosial 60% adalah anak dari pekerja buruh
pabrik, 20 % PNS, dan 10 % adalah pedagang, 20% adalah pegawai swasta/BUMN
- Minat siswa 50% pada kegiatan olahraga, 10% pada aspek
akademis, 20% pada kegiatan seni, dan 20% pada aspek ketrampilan
- Kemampuan siswa 40% pada batas bawah, 40% pada batas
menengah, dan 20% pada batas tinggi
- Preferensi belajar 40% kinestetik, 30% visual, 30%
auditory
Pertanyaan
- Bagaimana cara mengelola kelas dan mengakomodasi
pembelajaran dengan karakteristik tersebut diatas (ambil 1sub tema
pembelajaran/ 1 mapel)
Kelas 2 Subtema 1 Hidup rukun di
rumah
Kegiatan awal (10 menit)
1. Guru
menyiapkan siswa untuk belajar.
2. Berdoa.
3. Guru
melakukan absensi.
4. Guru
melakukan apersepsi.
5. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti (50 menit)
1.
Guru menjelaskan nilai tempat pada bilangan tiga angka
dan semua siswa dapat bertanya jika ada yang kurang dipahami tanpa membeda-bedakan
status sosial.
2.
Guru membagi kelompok secara heterogen yang terdiri
dari 4 laki-laki dan 2 perempuan, dan juga pada tiap-tiap kelompok terdiri dari
2 anak dari pekerja buruh, 1 anak pns, 1 anak pedagang, dan 1 anak pegawai
swasta/BUMN serta tiap kelompok terdiri dari 1 siswa kemampuan batas tinggi, 2
atau 3 batas menengah, 2 atau 3 batas bawah.(Hal ini dilakukan agar siswa dapat
berinteraksi dengan semua kalangan status social tanpa membeda-bedakan gender
dan status social, dan tingkat kemampuan kecerdasan)
3.
Guru membagikan lembar kegiatan pada masing-masing
kelompok.
4.
Menentukan nilai tempat pada bilangan tiga
angka.
5.
Menuliskan bilangan tiga angka dengan
memperhatikan nilai tempat.
6.
Melengkapi kalimat percakapan dengan bilangan
tiga angka.
7.
Bermain game mengenai nilai tempat pada bilangan tiga
angka (karena 50 persen minatnya olahraga dan preferensi kinestetik)
8.
Menyanyikan satu lagu daerah dengan memperhatikan kuat
lemah bunyi.
9.
Membedakan kuat lemah bunyi pada lagu.
Kegiatan
penutup (10 menit)
1. Guru
bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.
2. Guru
memberikan pesan-pesan moral.
3. Menutup
pembelajaran.
- Bagaimana mengembangkan kecerdasan majemuk dengan
karakteristik diatas (ambil 1sub tema pembelajaran/ 1 mapel)
Karena 50 % minat olahraga dan 40% kinestetik maka cara
mengembangkan kecerdasan majemuknya dengan kecerdasan kinestetis.
Contoh dalam pembelajaran guru membimbing siswa dalam
bermain tebak-tebakan nama hewan yang diperagakan oleh siswa lainnya. Jika
jawabannya benar guru meminta siswa menanggapinya dengan mengangguk atau
tersenyum. Siswa bergantian dalam menebak dengan cara lari atau menggunakan
waktu.
Guru mengajarkan siswa untuk menghitung cepat perkalian
dengan menggunakan ruas-ruas jari.
No comments:
Post a Comment