Tugas Akhir
M2: Pengembangan Profesi Guru
1.
Rumuskanlah kompetensi guru secara
utuh?
Kompetensi
guru ada 4 yaitu :
1.
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi
pedagogikmerupakan kemampuan guru yang berkenaan dengan pemahaman terhadap
peserta didik dan pengelolaan pembeajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan
sampai dengan mengevaluasi.
a. Pemahaman
wawasana atau landasan kependidikan
b.
Pemahaman terhadap peserta didik
c.
Pengembangan kurikulum/silabus
d.
Perancangan pembelajaran
e.
Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik
dan dialogis
f.
Pemanfaatan teknologi pembelajaran
g.
Evaluasi hasil belajar
h.
Pengembangan peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya
2.
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi
kepribadian merupakan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap,
stabil, dewasa, arif dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik dan
berakhak mulia.
a. Mantap
b. Berakhlak
mulia
c. Arif
dan bijaksana
d. Berwibawa
e. Stabil
f. Dewasa
g. Jujur
h. Menjadi
teladan bagi peserta didik dan masyarakat
i.
Secara objektif mengevaluasi kinerja
sendiri
j.
Mengembangkan diri secara mandiri dan
berkelanjutan
3.
Kompetensi
Sosial
Kompetensi
sosial berkenaan dengan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk
berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik,
tenaga kependidian, orang tua siswa, dan masyarakat sekitar.
a.
Berkomunikasi lisan, tulisan, isyarat
b.
Menggunakan teknologi komunikasi dan
informasi secara fungsional
c.
Bergaul secara efektif dengan peserta
didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang
tua/wali peserta didik
d.
Bergaul secara santun dengan masyarakat
sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku
e.
Menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan
sejati dan semangat kebersamaan
4.
Kompetensi
Profesional
Kompetensi
professional merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran
secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi
pembelajaran, dan substansi keilmuan yang menaungi materi dalam kurikulum,
serta menambah wawasan keilmuan.
Kemampuan guru dalam pengetahuan isi (content
knowledge) à penguasaan:
a.
Materi
pelajaran secara luas dan mendalam sesuai standar isi program satuan
pendidikan, mata pelajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu
b.
Konsep-konsep
dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan, yang secara
konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata
pelajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu
2.
Menghadapi abad 21 ini keterampilan
belajar apa yang harus dimiliki oleh guru dan siswa?
Abad 21 menuntut perubahan peran guru lebih
kepada kontekstualisasi informasi dan mengajarkan nilai nilai-nilai etika,
budaya, kebijaksanaan, pengalaman, empati sosial, sikap-sikap, dan keterampilan
esensial abad 21 yaitu kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreativitas
(4C). Guru harus terus belajar dalam konteks Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) meliputi pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya
inovatif. Penting bagi guru selalu melakukan refleksi pembelajaran,
mengidentifikasi masalah, merancang tindakan, melaksanakan mengevaluasi hasil
dan tindaklanjut sebagai bagian dari kebiasaaan pengembangan keprofesian
bekelanjutan. Perkembangan masif Teknologi Informasi dan Komunikasi membawa
perubahan pola-pola pembelajaran sehingga guru dituntut mampu menyesuaikan
mode-mode pembelajaran baru. Penting bagi guru memiliki ICT literacy dan
paket pengetahuan dalam mengintegrasikan kemampuan pedagogis, penguasaan
materi, dan cara pembelajarannya. Guru adalah pengembang gagasan dan ide bagi
transformasi pendidikan bukan sekedar pelaksana kurikulum.
Dan keterampilan yang harus dimiliki
oleh siswa yaitu siswa harus terus meningkatkan kemampuanmya, tidak cepat puas
dengan hasil capaiannya, harus lebih melek teknologi, dan senantiasa
memperbanyak minat baca dan memperkaya referensi pembelajaran, dan juga harus
memiliki kepribadian yang baik.
3.
Buatlah rancangan strategi
pengembangan guru berkelanjutan?
Rancangan
strategi penembangan guru berkelanjutan guru harus terus meningkatkan
kemampuannya, belajar sepanjang hayat oleh dan dari siapapun dan kapan pun,
melalui diklat-diklat fungsional, aktif mengikuti KKG, MGMP, diskusi, bedah
buku dan lain sebagainya. Guru membuat karya ilmiah yang berkaitan dengan
masalah sehari-hari dalam proses pembelajaran. Kemudian guru dapat membuat
karya inovatif dengan berdasarkan karya ilmiah tadi.
No comments:
Post a Comment