Monday, March 29, 2021

 

Tugas M3 KB3.1: Analisis Video Konstruktivistik Task: Submit to complete this assignment

Setelah Bapak/Ibu melihat video bagaimana teacher Toni menyelesaikan masalah belajar dengan teori Konstruktivistik, cobalah Bapak/Ibu membuat simpulan sebanyak 1 halaman tentang bagaimana cara teacher Toni menerapkan teori Konstruktivistik dalam pembelajaran? Berikan pula komentar Bapak/Ibu terhadap penerapan strategi tersebut.

            Masalah di kelas teacher Tony adalah teacher Toni kesulitan melibatkan siswanya belajar tentang keberlanjutan sumber daya. Kebanyakan siswanya bersikap pasif, dan tidak berpikir kritis atau tingkat tinggi dalam pemecahan masalah. Kemudian teacher Toni mengunakan teori konstruktivistik untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Teori konstruktivistik membantu mentrasnformasikan pengajaran sehingga siswa secara aktif terlibat dengan pemecahan masalah dalam konteks yang bermakna.

            Teori konstruktivime adalah sebuah teori belajar yang menyamakan pembelajaran dengan menciptakan makna dari pengalaman Pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa dapat berinteraksi dengan masalah atau konstruktivisme dapat membantu melibatkan dan memotivasi siswa dengan membuat mereka menerima lebih banyak peran aktif dalm proses pembelajaran, peran aktif dalm proses pembelajaran konstruktivisme memanfaatkan interaktif  strategi mengajar untuk menciptakan makna konteks yang membantu siswa membangun pengetahuan berdasarkan pengalaman mereka sendiri.

            Cara teacher Toni memecahkan masalahnya dengan menggunakan teori konstruktivisme adalah pertama, teacher Toni harus memutuskan cara aktif melibatkan siswa, dengan memanfaatkan gagasan pembelajaran berbasis masalah untuk melibatkan muris-muridnya dengan menantang mereka untuk menjawab dunia nyata yaitu Bagaimana kita bisa mengurangi limbah untuk membantu mempertahankan sumber daya bumi ?, teacher Toni merencanakan kegiatan untuk membantu siswa menjawab pertanyaan, pertama siswa akan diajak tur limbah dan daur ulang tanaman local untuk belajar langsung bagaimana limbah dan bahan daur ulang di komunitas mereka ditangani. Siswa selanjutnya akan menimbang dan mecatat berapa kilogram sisa makanan keluarga mereka yang ditempatkan dalam tempat sampah biasa setiap hari. Kemudian dalam kelompok siswa akan berpikir  kritis dalam memberikan solusi penelitian untuk masalah ini dengan memanfaatkan internet, buku, mewawancarai para ahli di sekitar mereka, komunitas, dan Negara menggunakan telepon dan skype. Kemudian siswa membuat slide show mengenai solusi yang ditawarkan dan membuat layanan public tentang daur ulang dan 4R ini. Belajar artefak dapat ditampilkan pada anggota komunitas dan orang tua di malam daur ulang keluarga. Setelah menerapkan prinsip-prinsip konstruktivisme siswa teacher Toni menjadi lebih aktif  terlibat dalam pembelajaran dengan terlibat dalam pemecahan masalah, keterampilan berpikir tinggi, dan kerja kolaboratif .

            Strategi yang digunakan teacher tony sudah tepat dalam menyelesaikan masalah pembelajaran di kelasnya, dimana siswa dikelasnya yang awalnya pasif dan tidak berpikir kritis, akhirnya menjadi aktif, berpikir kritis, dan kolaboratif dalam pembelajaran.

            Jadi, dengan menggunakan teori konstruktivisme dapat membantu siswa berpikir kritis dalam pemecahan masalah yang diberikan , karena siswa terlibat langsung, aktif dan kolaboratif dalam kegiatan untuk memecahkan masalah tersebut serta siswa dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri, sehingga siswa dapat berpikir tingkat tinggi dalam memberikan solusi dari suatu masalah yang diberikan.

Hasmidar

No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...