SILABUS
Nama Satuan Pendidikan : SDN... Kelas
/ Semester : IV / I
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Alokasi
Waktu : 2 X 35
menit
Standar Kompetensi : Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Sumber dan
Media
|
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan
khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk
hidup (rantai makanan).
|
o
Kognitif
· Produk :
-
Menjelaskan
pengertian rantai makanan.
-
Memberikan
contoh rantai makanan.
-
Menjelaskan
pengertian jaring-jaring makanan.
-
Memberikan
contoh jaring-jaring makanan.
· Proses :
-
Menyusun gambar
rantai makanan.
-
Menyusun gambar
jaring-jaring makanan.
o
Psikomotor
· Membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup
(produsen, konsumen 1, konsumen 2, konsumen 3, dst) pada rantai makanan dan
jaring-jaring makanan.
o
Afektif
1.
Karakter
· Jujur
· Teliti
2.
Keterampilan
sosial
· Bertanya
· Berkomunikasi
|
o
Kognitif
· Produk :
Melalaui penjelasan guru :
-
Siswa dapat
menjelaskan pengertian rantai makanan.
-
Siswa dapat
memberikan minimal satu contoh rantai makanan.
-
Siswa dapat
menjelaskan pengertian jaring-jaring makanan.
-
Siswa dapat
memberikan minimal satu contoh jaring-jaring makanan.
· Proses :
Melalui kerja
kelompok :
-
Siswa dapat
menyusun gambar rantai makanan.
-
Siswa dapat
menyusun gambar jaring-jaring makanan.
o
Psikomotor
-
Siswa dapat
terampil dalam membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup
(produsen,konsumen 1,konsumen 2,konsumen 3,dst) pada rantai makanan.
-
Siswa dapat
terampil dalam membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup
(produsen,konsumen 1,konsumen 2,konsumen 3,dst) pada jaring-jaring makanan.
o
Afektif
1.
Karakter
· Jujur, siswa jujur dalam melaksanakan tugas yang
diberikan.
· Teliti, siswa teliti dalam mengerjakan tugasnya.
2.
Kerampilan
sosial
·
Bertanya, siswa
bertanya tentang perintah yang diberikan.
·
Berkomunikasi,
siswa aktif dalam melakukan Tanya jawab di kelas.
|
· Hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup.
|
o
Kegiatan Awal
1.
Guru menyiapkan siswa untuk belajar
2.
Guru melakukan absensi
3.
Guru melakukan apersepsi
4.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
o Kegiatan Inti
1.
Membentuk kelompok yang anggotanya + 4 orang secara heterogen (prestasi, jenis kelamin, suku,
dll)
2.
Guru menyajikan pelajaran
3.
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh
anggota-anggota kelompok
4.
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh peserta didik. Pada saat
menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5.
Memberi evaluasi
6.
Kesimpulan
o
Kegiatan akhir
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan
pembelajaran
2.
Guru memberikan evaluasi (PR)
3.
Guru memberikan pesan-pesan moral
4.
Menutup pembelajaran.
|
1.
Teknik Penilaian: Tulisan
2.
Bentuk Instrume:Esai
3.
Instrument : soal - soal
|
o
Sumber belajar
Sulistyanto, heri & Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
o
Media
-
Gambar
|
No comments:
Post a Comment