Thursday, May 7, 2020

RPP SIMBIOSIS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SD Negeri
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IV/I
Materi Pembelajaran            : Hubungan antar makhluk hidup

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit
                                                                                                                                                           
I.                    Standar kompetensi
Memahami hubungan sesama makhluk  hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya            .

II.                  Kompetensi Dasar
5.1   Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)  dan  hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan).

III.                Indikator
o   Kognitif
·         Produk :
-          Menjelaskan beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) antar makhluk hidup.
·         Proses : 
-          Memberikan minimal satu  contoh dari ketiga hubungan khas (simbiosis).

o   Psikomotor
·         Mengoreksi tugas teman.
o   Afektif
1.      Karakter
·         Jujur
·         Teliti
2.      Keterampilan sosial
·         Bertanya
·         Berkomunikasi

IV.               Tujuan Pembelajaran
o   Kognitif
·         Produk :
Melaui penjesan guru :
-       Siswa dapat menjelaskan mengenai simbiosis mutualisme .
-       Siswa dapat menjelaskan mengenai simbiosis komensalisme.
-       Siswa dapat menjelaskan mengenai simbiosis paratisme.

·         Proses :
-       Siswa dapat memberikan minimal satu contoh dari hubungan simbiosis mutualisme.
-       Siswa dapat memberikan minimal satu contoh dari hubungan simbiosis komensalisme.
-       Siswa dapat memberikan minimal satu contoh dari hubungan simbiosis paratisme.

o   Psikomotor
-       Siswa dapat terampil  mengoreksi tugas teman.
o   Afektif
1.      Karakter
·         Jujur, siswa jujur dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
·         Teliti, siswa teliti dalam mengerjakan tugasnya.
2.      Kerampilan sosial
·         Bertanya, siswa bertanya tentang perintah yang diberikan.
·         Berkomunikasi, siswa aktif dalam melakukan Tanya jawab di kelas.

V.                 Materi Pembelajaran
·         Hubungan antar makhluk hidup.

VI.               Model  dan Metode Pembelajaran
o   Model pembelajaran
·         Pembelajaran langsung
o   Metode Pembelajaran
·         Tanya-jawab
·         Pemberian tugas

VII.             Sumber dan Media Pembelajaran
o   Sumber belajar
Sulistyanto, heri  & Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
o   Media
-          Gambar

VIII.           Proses Belajar Mengajar / skenario Pembelajaran

o   Kegiatan Awal
Kegiatan
Waktu
1.      Guru menyiapkan siswa untuk belajar
2.      Guru melakukan absensi
3.      Guru melakukan apersepsi
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

o   Kegiatan Inti
Kegiatan
Waktu
1.    Guru menjelaskan megenai hubungan antar makhluk hidup(simbiosis ).
2.    Kemudian guru menunjuk salah satu dari murid untuk menyebutkan contoh dari simbiosis.
3.    Guru membagikan LKS.
4.    Kemudian guru bersama murid lainnya mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik.
5.    evaluasi

o   Kegiatan akhir
Kegiatan
Waktu
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran
2.      Guru memberikan pesan-pesan moral
3.      Menutup pembelajaran.




IX.                Penilaian
1.      Teknik Penilaian                      : Tulisan
2.      Bentuk Instrumen                   : LKS Terlampir
3.      Instrument                               : Terlampir
4.      Kunci Jawaban                        : Terlampir
5.      Pedoman Penskoran                : Terlampir

Daftar Pustaka
Sulistyanto, heri  & Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.


Mengetahui                                                                             Makassar,   Oktober 2012
Dosen Pembimbing                                                                Simulator,


Kelompok 1
NIP:                                                                                                    NIM:














TABEL SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN
Ranah
Indikator
LP dan Butir soal
Kunci LP dan butir soal
Kognitif
Produk
Melalui penjelasan guru ;
-      Siswa dapat menjelaskan mengenai simbiosis mutualisme .
-      Siswa dapat menjelaskan mengenai simbiosis komensalisme.
-      Siswa dapat menjelaskan mengenai simbiosis paratisme.






Proses
-       Siswa dapat memberikan minimal satu contoh dari hubungan simbiosis mutualisme.
-      Siswa dapat memberikan minimal satu contoh dari hubungan simbiosis komensalisme.
-      Siswa dapat memberikan minimal satu contoh dari hubungan simbiosis paratisme.








Psikomotor
-      Siswa mengoreksi tugas teman.








Afektif
Karakter
·         Jujur dan teliti.


Jujur
Teliti
Ket:
B:  jika siswa menguasai karakter jujur dan teliti
C:  jika hanya menguasai satu dari dua karakter afektif yang dicapai
K:  jika tidak menguasai karakter afektif yang dicapai


Keterampilan sosial
·         Bertanya dan berkomunikasi.

Bertanya
Berkomunikasi
Ket:
B:  Jika siswa menguasai keterampilan bertanya dan berkomunikasi dengan baik
C:  Jika siswa hanya menguasai satu dari aspek afektif yang dicapai
K:  Jika siswa tidak meguasai karakter afektif yang dicapai





















Lampiran 3
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IV/ 1
Hari/ Tanggal                        :
Alokasi Waktu                       : 30 menit
Nama Kelompok                   :
Nama Anggota Kelompok    :
1.      ……………………………………
2.      ……………………………………
3.      ……………………………………
4.      ……………………………………
5.      ……………………………………

                                      
JUDUL : hubungan antar makhluk hidup

Kupu-kupu                            ?                          Bunga
Jelaskan hubungan antar keduanya!

Tanaman jeruk                         ?                            Benalu
Jelaskan hubungan antar keduanya !

Ikan hiu                           ?                          ikan remora
Jelaskan hubungan antar keduanya !













Lampiran  1
EVALUASI
Nama                          :
Mata pelajaran          :
Kelas / Semester        :
Hari / Tanggal           :

Jawablah pertanyaan berikut ini !
1.      Apa yang dimaksud dengan simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme ?
Jawab: ..................................................................................................................
2.      Berikan contoh masing-masing simbiosis tersebut !
Jawab : ..................................................................................................................
KUNCI JAWABAN
1.         
-            Simbiosis mutualisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan.
-            Simbiosis komensalisme adalah hubungan antarmakhluk hidup dimana yang satu diuntungkan sedang yang lainnya tidak diuntungkan atau dirugikan.
-            Simbiosis parasitisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang salah satunya dirugikan .
2.       
-          Simbiosis mutualisme : burung jalak yang memakan kutu di punggung kerbau.
-          Simbiosis komensalisme : ikan hiu dengan ikan remora.
-          Simbiosis parasitisme : pohon mangga yang ditempeli benalu.









PEDOMAN PENSKORAN
No. Soal
Jenis soal
Skor
1
esai
Skor  4 jika menjelaskan 3 simbiosis dengan benar
Skor  3 jika menjelaskan 2 simbiosis dengan benar
Skor  2 jika menjelaskan 1 simbiosis dengan benar
Skor  1 jika tidak ada penjelasan simbiosis yang  benar
Skor  0 jika tidak ada jawaban
2
esai
Skor  4 jika menyebutkan 3 contoh  simbiosis dengan benar
Skor  3 jika menyebutkan 2 contoh  simbiosis dengan benar
Skor  2 jika menyebutkan 1 contoh  simbiosis dengan benar
Skor  1 jika tidak ada contoh  simbiosis yang  benar
Skor  0 jika tidak ada jawaban

Nilai  X 100
         
            Nilai tertinggi = 100
Nilai terendah = 0











Lampiran  4
FORMAT BUKU/ BACAAN SISWA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester         : V/ 1
Hari/ Tanggal            :
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

A.    Judul             
B.      Tujuan Pembelajaran
o   Kognitif
·         Produk :
Melalui penjelasan guru :
-       Siswa dapat menjelaskan mengenai simbiosis mutualisme .
-       Siswa dapat menjelaskan mengenai simbiosis komensalisme.
-       Siswa dapat menjelaskan mengenai simbiosis paratisme.

·         Proses :
-       Siswa dapat memberikan minimal satu contoh dari hubungan simbiosis mutualisme.
-       Siswa dapat memberikan minimal satu contoh dari hubungan simbiosis komensalisme.
-       Siswa dapat memberikan minimal satu contoh dari hubungan simbiosis paratisme.

o   Psikomotor
-       Siswa dapat terampil mengoreksi tugas teman.
o   Afektif
§  Karakter
·         Jujur, siswa jujur dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
·         Teliti, siswa teliti dalam mengerjakan tugasnya.
§  Kerampilan sosial
·         Bertanya, siswa bertanya tentang perintah yang diberikan.
·         Berkomunikasi, siswa aktif dalam melakukan Tanya jawab di kelas.

C.      Uraian Materi
     
                 
                 





D.     Contoh soal / latihan
1.      Apa yang dimaksud dengan simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme ?
2.      Berikan contoh masing-masing simbiosis tersebut !

E.      Kunci jawaban
1.         
-            Simbiosis mutualisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan.
-            Simbiosis komensalisme adalah hubungan antarmakhluk hidup dimana yang satu diuntungkan sedang yang lainnya tidak diuntungkan atau dirugikan.
-            Simbiosis parasitisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang salah satunya dirugikan .
2.       
-          Simbiosis mutualisme : burung jalak yang memakan kutu di punggung kerbau.
-          Simbiosis komensalisme : ikan hiu dengan ikan remora.
-          Simbiosis parasitisme : pohon mangga yang ditempeli benalu.

F.       Pedoman penskoran
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
ü  semua benar
ü  sebagian besar benar
ü  sebagian kecil benar
ü  semua salah
4
3

2

1
           
              2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.





2.
Kerjasama





Partisipasi
ü  bekerjasama
ü  kadang-kadang kerjasama
ü  tidak bekerjasama


ü  aktif  berpartisipasi
ü  kadang-kadang aktif
ü  tidak aktif
4
2

1


4
2
1

            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.











 

·         Skor 4 : jika jawaban tepat, lengkap, dan jelas
·         Skor 3 : jika jawabannya sebagian besar benar
·         Skor 2 : jika jawaban sebagian kecil benar, kurang tepat
·         Skor 1 : jika jawabannya salah
·         Skor 0 : jika tidak ada jawaban

kriteria penilaian =   x 100

G.     Daftar Pustaka
Sulistyanto, heri  & Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.


No comments:

Post a Comment

REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...