Tugas individu
Nama : Hasmidar
Kelas : kependidikan 2
Nim : 104704267
Masalah belajar :
Learning Disabilities atau ketidakmampuan
belajar mengacu pada gejala dimana siswa tidak mampu belajar atau menghindari
belajar, sehingga hasil belajar di bawah potensi intelektualnya.
Permasalahan
ini dapat kita analisis dengan menggunakan teori belajar behaviorisme. Teori
belajar behaviorisme sering disebut sebagai Stimulus-Respon (S-R) psikologis
artinya bahwa tingkah laku seseorang dikendalikan oleh penghargaan/reward dan
penguatan /reinforement dari lingkungan.
Kajian dalam
teori ini adalah benda-benda atau hal-hal yang dapat diamati secara langsung
yaitu rangsangan/stimulus dan gerak bebas/respon.Teori belajar behaviorisme ini
didasarkan pada pemikiran dari beberapa tokoh diantaranya Ivan Petrovich
Pavlov, Edward Lee Thorndike, Skinner dan Albert Bandura.
Jika terdapat
suatu kasus seperti lerning disabilities atau ketidakmampuan belajar,maka ada
beberapa hal yang menjadi penyebabnya antara lain :pelajarannya sulit,kurang
motivasi,ada rasa malas,dan lain sebagainya.
Berdasarkan
teori behaviorisme,permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan cara guru
memberikan rangsangan-rangsangan tertentu guna membangkitkan semangat siswa,
misalnya guru merancang pembelajarannya menjadi semenarik mungkin agar anak
tersebut dapat termotivasi ,semangat , dan berpikiran bahwa mata pelajaran
tersebut tidak sulit. Sehingga siswa akan aktif dalam pembelajaran dan jangan
lupa guru juga harus memberikan penghargaan kepada setiap murid yang telah aktif
dalam pembelajaran agar murid tersebut dan murid yang lainnya terus terpacu
untuk belajar (termotivasi).
Pembelajaran
yang menarik dan pemberian penghargaan tersebut dapat memunculkan respon yang
diinginkan yaitu siswa menjadi suka belajar. Cara ini juga sesuai dengan teori
Pavlov.Menurut teori Pavlov, siswa belajar dengan caraa responden yaitu
pemberian suatu rangsangan atau stimulus. Setelah guru memberikan suatu
rangsangan , siswa akan menangkap rangsangan tersebut sehingga akhirnya terjadi
perubahan tingkah laku.
Jika siswa yang
mengacu pada tidak mampu belajar atau menghindari belajar terus diberi
motivasi,penguatan,dan kondisi belajar yang menyenangkan dan menarik, maka
siswa tersebut cenderung akan menjadi senang belajar.Teori behaviorisme
menjelaskan bahwa perubahan tingkah laku seseorang merupakan hasil dari
pengalaman yang dilakukan seseorang tersebut.
No comments:
Post a Comment