RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Mata
Pelajaran : Tematik (Matematika dan Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester : I/I
Tema Pembelajaran : Kegiatan
Alokasi
Waktu : 3 x 35 menit
Waktu Pelaksanaan :
sabtu , 9 november 2013
I.
Standar Kompetensi
Matematika
1. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan.
II.
Kompetensi Dasar
Matematika
1.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai
20.
Bahasa Indonesia
1.2 Melaksanakan sesuatu dengan perintah atau petunjuk
sederhana.
III. Indikator
o Kognitif
·
Produk : - Memecahkan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan
Pengurangan
sampai 20.
·
Proses : - Melakukan perhitungan penjumlahan dan
pengurangan sampai 20.
-
Melakukan sesuatu berdasarkan perintah atau petunjuk
sederhana.
o Psikomotor
·
Mendemonstrasikan perhitungan penjumlahan dan
pengurangan sampai 20.
o Afektif
1.
Karakter
·
Teliti
·
Tanggungjawab
2. Keterampilan sosial
·
Bertanya
·
Menjadi
pendengar yang baik.
IV.
Tujuan Pembelajaran
o Kognitif
·
Produk : - Melalui
penugasan, siswa dapat memecahkan soal cerita yang
berkaitan
dengan penjumlahan sampai 20.
-
Melalui penugasan, siswa dapat memecahkan soal cerita
yang
berkaitan
dengan pengurangan sampai 20
·
Proses : - Melalui penjelasan guru, siswa dapat melakukan
operasi hitungan
penjumlahan
sampai 20.
-
Melalui penjelasan guru, siswa dapat melakukan operasi
hitungan
pengurangan
sampai 20.
-
Melalui penjelasan guru, siswa dapat melakukan sesuatu
berdasarkan perintah atau petunjuk sederhana.
o Psikomotor
·
Melalui penjelasan guru, siswa dapat terampil mendemonstrasikan
operasi hitungan sampai 20.
o Afektif
1.
Karakter
·
Teliti,siswa
dapat teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
·
Tanggungjawab,
siswa dapat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya baik dalam kelompok
maupun individu.
2. Keterampilan sosial
·
Bertanya,siswa
aktif bertanya mengenai materi yang diberikan.
·
Menjadi
pendengar yang baik, siswa mendengar dengan baik saat guru menjelaskan.
V.
Materi pembelajaran
o Matematika
: Penyelesaian masalah
operasi hitung
o Bahasa
Indonesia : Melakukan sesuatu berdasarkan
petunjuk atau petunjuk
sederhana
VI.
Model dan Metode
Pembelajaran
o Model pembelajaran
·
Model
pembelajaran tematik.
o Metode pembelajaran
·
Ceramah.
·
Tanya-jawab.
·
Pemberian
tugas.
VII. Sumber
dan Media Pembelajaran
o
Sumber
belajar
·
Buku
Matematika kelas I semester 1 halaman 62-63
o
Media
pembelajaran
·
Gambar
·
Kartu angka 1-20
VIII. Proses
Belajar Mengajar / Skenario Pembelajaran
·
Kegiatan
awal
Kegiatan
|
waktu
|
1. Guru menyiapkan siswa
untuk belajar.
2. Berdoa.
3. Guru melakukan absensi.
4. Guru melakukan
apersepsi.
5. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
± 15 menit
|
·
Kegiatan
inti
Kegiatan
|
waktu
|
1. Guru
menjelaskan materi pembelajaran.
2. Setelah
selesai menjelaskan materi pembelajaran , guru menempelkan kartu angka pada
lantai kelas secara berurut sampai 20 hingga membentuk deretan angka.
3. Setelah
itu guru memanggil salah satu murid untuk mendemonstrasikan operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan dengan cara melompat di atas kartu angka sesuai
soal yang dibacakan oleh guru / perintah guru. Rambu-rambu dari permainan ini
adalah melangkah maju jika penjumlahan dan mundur jika pengurangan.
4. Kemudian
guru membagikan setiap siswa LKS
5. Dan
yang telah selesai mengerjakan LKSnya akan diberikan tugas evaluasi.
|
±85 menit
|
·
Kegiatan
akhir
Kegiatan
|
waktu
|
1. Guru bersama siswa
menyimpulkan pembelajaran.
2. Guru memberikan
pesan-pesan moral.
3. Menutup pembelajaran.
|
±5 menit
|
IX.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian : Tertulis
2.
Bentuk
Instrumen :
LKS dan Evaluasi
3.
Instrumen : lampiran 2 dan 3
4.
Kunci
jawaban : lampiran 2 dan 3
5.
Pedoman
penskoran : lampiran 2 dan 3
Daftar
Pustaka
Djaelani, Haryono. 2008. Matematika untuk
SD/MI untuk Kelas I.
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Makassar. 9 November
2013
Mengetahui,
Guru Pembimbing Mahasiswa
Lampiran
1
FORMAT
BUKU/ BACAAN SISWA
Mata
Pelajaran : tematik (bahasa
ondonesia dan matematika)
Kelas/
Semester : I/ I
Hari/
Tanggal :
Sabtu / 9 November 2013
Uraian Materi
Lampiran 2
LEMBAR KERJA SISWA
(Individu)
Nama :
Kelas/semester :
I/I
Hari/tanggal :
Sabtu / 9 november 2013
Mata Pelajaran :
Tematik (matematika dan Bahasa Indonesia)
Lampiran
3
EVALUASI
Jawablah
pertanyaan berikut !
Jawab :
Pemecahannya
Banyak gelang = -
=
Jawab :
Pemecahannya
Banyak laying-layang = +
=
KUNCI JAWABAN
1.
Pemecahannya
Banyak gelang = 12 - 6
= 6
2.
Pemecahannya
Banyak laying-layang = 14 + 5
=19
Pedoman penskoran
Nomor soal
|
Jenis soal
|
Skor
|
1 dan 2
|
Esai
|
Skor
3 jika jawaban lengkap dan benar.
Skor
2 jika jawaban kurang lengkap dan benar.
Skor
1 jika jawaban kurang lengkap dan salah.
|
Nilai
X 100
No comments:
Post a Comment