Distribusi Frekuensi
A. Distribusi Frekuensi tunggal
Distribusi tunggal adalah satuan – satuan unit , urutan
setiap skor atau tiap varietas tertentu.
Contoh :
Dalam suatu penelitian tentang prestasi matematika siswa SD TIDUNG diperoleh data sebagai berikut
:
Mata pelajaran : matematika
Jumlah siswa : 18 orang
Tabel distribusi nilai prestasi matematika SD TIDUNG
Nilai (x)
|
Frekuensi (f)
|
7
|
6
|
6
|
9
|
5
|
3
|
Jumlah
|
18
|
B. Distribusi Frekuensi bergolong (Berkelompok)
Distribusi bergolong adalah susunan data yang terdiri atas
beberapa interval kelas dalam penyusunannya.
Contoh :
Data hasil pengukuran tinggi badan mahasiswa PGSD adalah
sebagai berikut :
165 171 174
181 169 166
174 176 180
183 167 172
176 165 173
168 172 175
173 176 167
170 175 168
166 172 173
177 178 177
Langkah pertama :
Urutkan data dari yang terkecil ke yang terbesar.
165 165 166
166 167 167
168 168 169
170 171 172
172 172 173
173 173 174
174 175 175
176 176 176
177 177 178
180 181 183
Langkah kedua :
Menentukan jagkauan (range) dari data.
Range (R) = batas atas – batas bawah
= 183 –
165
= 18
Langkah ketiga :
Menentukan banyaknya kelas (k)
k = 1 + 3,3 log n
Ket : k banyaknya kelas
n banyaknya
data
k = 1 +3,3 log 30
= 1+4,9 = 5,9 » 6
Langkah keempat :
Menentukan lebar interval kelas
Lebar interval kelas (i) =
=
= 3
Tabel distribusi
frekuensi Data hasil pengukuran tinggi badan mahasiswa PGSD
Nilai interval
|
Turus (Tally)
|
Frekuensi
|
183 – 185
|
I
|
1
|
180 – 182
|
II
|
2
|
177 – 179
|
III
|
3
|
174 – 176
|
IIII II
|
7
|
171 – 173
|
IIII II
|
7
|
168 – 170
|
IIII
|
4
|
165 – 167
|
IIII I
|
6
|
Jumlah
|
30
|
C. Membuat dan
menyajikan data
Penyajian data
dalam bentuk grafik bertujuan untuk memberikan gambaran sebaran data dalam
bentuk visualisasi.
Macam –macam
grafik
- Grafik Histogram
Histogram adalah grafik yang sering digunakan untuk menggambarkan
distribusi frekuensi.Histogram merupakan grafik batang dari distribusi
frekuensi pada histogram , batang-batangnya saling melekat atau berhimpitan.
Contoh :
Distribusi nilai matematika SDN 1
Nilai
|
Batas nyata
|
Frekuensi
|
8,5
|
||
8
|
7,5
|
8
|
7
|
6,5
|
22
|
6
|
5,5
|
10
|
5
|
4,5
|
4
|
4
|
3,5
|
1
|
Jumlah
|
45
|
Histogram nilai
matematika siswa SDN 1
Tabel distribusi
frekuensi Data hasil pengukuran tinggi badan mahasiswa PGSD
Interval
kelas
|
Titik tengah
|
Frekuensi
|
183 – 185
|
184
|
1
|
180 – 182
|
181
|
2
|
177 – 179
|
178
|
3
|
174 – 176
|
175
|
7
|
171 – 173
|
172
|
7
|
168 – 170
|
169
|
4
|
165 – 167
|
166
|
6
|
Jumlah
|
30
|
Histogram data
hasil pengukuran tinggi badan mahasiswa PGSD
2. Grafik
Poligon
Grafik poligon
disebut juga grafik poligon frekuensi , dibuat dengan menghubung-hubungkan titik-titik koordinat (pertemuan titk tengah
dengan frekuensi tiap kelas) secara berturut-turut.
Pebedaan
grafik poligon dengan grafik histogram :
A ) Grafik histogram
“lazimnya ‘’ dibuat dengan menggunakan batas nyata , sedangkan grafik poligon
selalu menggunakan titik tengah.
B) Grafik
histogram berwujud segiempat-segiempat , sedang grafik poligon berwujud
garis-garis atau kurve (garis-garis yang sudah dilicinkan)
Gambar poligon
data hasil pengukuran tinggi badan mahasiswa PGSD
3. Grafik
ogive
Grafik ogive
disebut juga dengan grafik frekuensi meningkat . Grafik ogive dapat dibuat ,
baik distribusi tunggal maupun distribusi bergolong. Hal yang perlu diketahui
bahwa grafik ogive dibuat dengan menggunakan batas nyata dan bukan titik tengah
sebagaimana grafik poligon.
Data prestasi
belajar siswa SDN 2
Interval
nilai
|
Batas Nyata
|
Frekuensi
|
Frekuensi
meningkat dari bawah
|
Frekuensi
meningkat dari bawah dalam %
|
74,5
|
||||
70 – 74
|
69,5
|
2
|
43
|
100
|
65 – 69
|
64,5
|
4
|
41
|
95
|
60 – 64
|
59,5
|
3
|
37
|
86
|
55 – 59
|
54,5
|
5
|
34
|
79
|
50 – 54
|
49,5
|
7
|
29
|
67
|
45 – 49
|
44,5
|
9
|
22
|
51
|
40 – 44
|
39,5
|
6
|
13
|
30
|
35 – 39
|
34,5
|
2
|
7
|
16
|
30 – 34
|
29,5
|
5
|
5
|
11
|
Jumlah
|
43
|
Grafik ogive data
prestasi belajar siswa SDN 2
Interval
nilai
|
Batas nyata
|
Frekuensi
|
Frekuensi
meningkat (cf)
|
38,5
|
|||
36 – 38
|
35,5
|
4
|
100
|
33 – 35
|
32,5
|
13
|
96
|
30 – 32
|
29,5
|
5
|
83
|
27 – 29
|
26,5
|
10
|
78
|
24 – 26
|
23,5
|
6
|
68
|
21 – 23
|
20,5
|
2
|
62
|
18 – 20
|
17,5
|
15
|
60
|
15 – 17
|
14,5
|
14
|
45
|
12 – 14
|
11,5
|
2
|
31
|
9 – 11
|
8,5
|
13
|
29
|
6 – 8
|
5,5
|
7
|
16
|
3 – 5
|
2,5
|
8
|
9
|
0 – 2
|
0,5
|
1
|
1
|
Jumlah
|
100
|
No comments:
Post a Comment