Tuesday, January 29, 2013

rpp rantai makanan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SD Negeri
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IV/I
Materi Pembelajaran            : Hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup.

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit
                                                                                                                                                           
I.                    Standar kompetensi
Memahami hubungan sesama makhluk  hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya            .

II.                  Kompetensi Dasar
5.1   Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)  dan  hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan).

III.                Indikator
o   Kognitif
·         Produk :
-          Menjelaskan pengertian rantai makanan.
-          Memberikan contoh rantai makanan.
-          Menjelaskan pengertian jaring-jaring makanan.
-          Memberikan contoh jaring-jaring makanan.
·         Proses :
-          Menyusun gambar rantai makanan.
-          Menyusun gambar jaring-jaring makanan.
o   Psikomotor
·         Membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen, konsumen 1, konsumen 2, konsumen 3, dst) pada rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
o   Afektif
1.      Karakter
·         Jujur
·         Teliti
2.      Keterampilan sosial
·         Bertanya
·         Berkomunikasi

IV.               Tujuan Pembelajaran
o   Kognitif
·         Produk :
Melaui penjelasan guru :
-          Siswa dapat menjelaskan pengertian rantai makanan.
-          Siswa dapat memberikan minimal satu contoh rantai makanan.
-          Siswa dapat menjelaskan pengertian jaring-jaring makanan.
-          Siswa dapat memberikan minimal satu contoh jaring-jaring makanan.
·         Proses :
-          Melalaui kerja kelompok , siswa dapat menyusun gambar rantai makanan.
-          Melalui kerja kelompok, siswa dapat menyusun gambar jaring-jaring makanan.
o   Psikomotor
-       Siswa dapat terampil dalam membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen,konsumen 1,konsumen 2,konsumen 3,dst) pada rantai makanan.
-       Siswa dapat terampil dalam membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen,konsumen 1,konsumen 2,konsumen 3,dst) pada jaring-jaring makanan.

o   Afektif
1.      Karakter
·         Jujur, siswa jujur dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
·         Teliti, siswa teliti dalam mengerjakan tugasnya.
2.      Kerampilan sosial
·         Bertanya, siswa bertanya tentang perintah yang diberikan.
·         Berkomunikasi, siswa aktif dalam melakukan Tanya jawab di kelas.

V.                 Materi Pembelajaran
·         Hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup.
VI.               Model  dan Metode Pembelajaran
o   Model pembelajaran
·         Pembelajaran koperatif tipe STAD
o   Metode Pembelajaran
·         Tanya-jawab
·         Pemberian tugas

VII.             Sumber dan Media Pembelajaran
o   Sumber belajar
Sulistyanto, heri  & Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
o   Media
-          Gambar

VIII.           Proses Belajar Mengajar / skenario Pembelajaran

o   Kegiatan Awal
Kegiatan
Waktu
1.      Guru menyiapkan siswa untuk belajar
2.      Guru melakukan absensi
3.      Guru melakukan apersepsi
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

o   Kegiatan Inti
Kegiatan
Waktu
1.    Membentuk kelompok yang anggotanya + 4 orang secara  heterogen (prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2.    Guru menyajikan pelajaran
3.    Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
4.    Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5.    Memberi evaluasi
6.    Kesimpulan



o   Kegiatan akhir
Kegiatan
Waktu
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran
2.      Guru memberikan pesan-pesan moral
3.      Menutup pembelajaran.

IX.                Penilaian
1.      Teknik Penilaian                      : Tulisan
2.      Bentuk Instrumen                   : LKS Terlampir
3.      Instrument                               : Terlampir
4.      Kunci Jawaban                        : Terlampir
5.      Pedoman Penskoran                : Terlampir

Daftar Pustaka
Sulistyanto, heri  & Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional



Mengetahui                                                                             Makassar,   Oktober 2012
Dosen Pembimbing                                                                Simulator,


Kelompok 1
NIP:                                                                                                    NIM:








FORMAT BUKU/ BACAAN SISWA
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester         : IV/ 1
Hari/ Tanggal            :
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

A.    Judul : Hubungan Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup.
B.      Tujuan Pembelajaran
o   Kognitif
·         Produk :
Melaui penjelasan guru :
-          Siswa dapat menjelaskan pengertian rantai makanan.
-          Siswa dapat memberikan minimal satu contoh rantai makanan.
-          Siswa dapat menjelaskan pengertian jaring-jaring makanan.
-          Siswa dapat memberikan minimal satu contoh jaring-jaring makana.
·         Proses :
-          Melalaui kerja kelompok , siswa dapat menyusun gambar rantai makanan.
-          Melalui kerja kelompok, siswa dapat menyusun gambar jaring-jaring makanan.
o   Psikomotor
-       Siswa dapat terampil dalam membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen,konsumen 1,konsumen 2,konsumen 3,dst) pada rantai makanan.
-       Siswa dapat terampil dalam membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen,konsumen 1,konsumen 2,konsumen 3,dst) pada jaring-jaring makanan.

o   Afektif
3.      Karakter
·         Jujur, siswa jujur dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
·         Teliti, siswa teliti dalam mengerjakan tugasnya.
4.      Kerampilan sosial
·         Bertanya, siswa bertanya tentang perintah yang diberikan.
·         Berkomunikasi, siswa aktif dalam melakukan Tanya jawab di kelas.

C.      Uraian Materi
D.     Contoh Soal / latihan
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan rantai makanan !
2.      berikan satu contoh rantai makanan !
3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan !
4.      berikan satu contoh jaring-jaring makanan !
5.      Apa yang akan terjadi jika tidak ada pengurai ?
E.      Kunci jawaban
1.      Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup.
2.      Rumput dimakan oleh belalang. Kemudian belalang yang memakan rumput akan dimakan oleh ular. Selanjutnya ular akan dimakan oleh elang. Dan elang yang mati akan menjadi bangkai kemudian diuraikan oleh bakteri atau jamur sehingga menjadi humus. (Padi           Tikus           Elang            Pengurai )
3.      Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan dalam satu lingkungan.
4.      Padi           Tikus           Elang            Pengurai
Padi           Tikus            Musang             Elang           Pengurai
Padi           Burung            Musang           Elang            Pengurai
Padi           Burung           Elang            Pengurai
5.      Jika dalam suatu ekosistem tidak ada pengurainya tentu saja keseimbangan, kelestarian lingkungan, dan kegiatan simbiosis di dalamnya tidak dapat berlangsung secara baik.

F.       Pedoman penskoran
Nomor soal
Jenis soal
skor
1 s/d 5
Esai
Skor 3 jika jawaban lengkap dan benar.
Skor 2 jika jawaban kurang lengkap dan benar.
Skor 1 jika jawaban kurang lengkap dan salah.
Skor 0 jika tidak ada jawaban.
Nilai  X 100
             Nilai tertinggi = 100
Nilai terendah = 0
G.     Daftar Pustaka
Sulistyanto, heri  & Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Lampiran 2
EVALUASI
Jawablah pertanyaan berikut !
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan rantai makanan !
2.      berikan satu contoh rantai makanan !
3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan !
4.      berikan satu contoh jaring-jaring makanan !
5.      Apa yang akan terjadi jika tidak ada pengurai ?
















Lampiran 3
Kunci Jawaban
1.      Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup.
2.      Rumput dimakan oleh belalang. Kemudian belalang yang memakan rumput akan dimakan oleh ular. Selanjutnya ular akan dimakan oleh elang. Dan elang yang mati akan menjadi bangkai kemudian diuraikan oleh bakteri atau jamur sehingga menjadi humus. (Padi           Tikus           Elang            Pengurai )
3.      Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan dalam satu lingkungan.
4.      Padi           Tikus           Elang            Pengurai
Padi           Tikus            Musang             Elang           Pengurai
Padi           Burung            Musang           Elang            Pengurai
Padi           Burung           Elang            Pengurai
5.      Jika dalam suatu ekosistem tidak ada pengurainya tentu saja keseimbangan, kelestarian lingkungan, dan kegiatan simbiosis di dalamnya tidak dapat berlangsung secara baik.

Pedoman penskoran
Nomor soal
Jenis soal
skor
1 s/d 5
Esai
Skor 3 jika jawaban lengkap dan benar.
Skor 2 jika jawaban kurang lengkap dan benar.
Skor 1 jika jawaban kurang lengkap dan salah.
Skor 0 jika tidak ada jawaban.
Nilai  X 100
             Nilai tertinggi = 100
Nilai terendah = 0







Lampiran 1
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IV/ 1
Hari/ Tanggal                        :
Alokasi Waktu                       : 30 menit
Nama Kelompok                   :
Nama Anggota Kelompok    :
1.      ……………………………………
2.      ……………………………………
3.      ……………………………………
4.      ……………………………………
5.      ……………………………………

                                      
JUDUL : Menyusun Rantai Makanan dan Jaring-jaring makanan.

A.     Kompetensi Dasar
5.1   Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)  dan  hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan).

B.      Indikator
o   Kognitif
·         Produk :
-          Menjelaskan pengertian rantai makanan.
-          Memberikan contoh ranati makanan.
-          Menjelaskan pengertian jaring-jaring makanan.
-          Memberikan contoh jaring-jering makanan.
·         Proses :
-          Menyusun gambar rantai makanan.
-          Menyusun gambar jaring-jaring makanan.
o   Psikomotor
·         Membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen, konsumen 1, konsumen 2, konsumen 3, dst) pada rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
o   Afektif
1.      Karakter
·         Jujur
·         Teliti
2.      Keterampilan sosial
·         Bertanya
·         Berkomunikasi

C.      Tujuan Pembelajaran
o   Kognitif
·         Produk :
Melaui penjelasan guru :
-          Siswa dapat menjelaskan pengertian rantai makanan.
-          Siswa dapat memberikan minimal satu contoh rantai makanan.
-          Siswa dapat menjelaskan pengertian jaring-jaring makanan.
-          Siswa dapat memberikan minimal satu contoh jaring-jaring makanan.
·         Proses :
-          Melalaui kerja kelompok , siswa dapat menyusun gambar rantai makanan.
-          Melalui kerja kelompok, siswa dapat menyusun gambar jaring-jaring makanan.
o   Psikomotor
-       Siswa dapat terampil dalam membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen,konsumen 1,konsumen 2,konsumen 3,dst) pada rantai makanan.
-       Siswa dapat terampil dalam membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen,konsumen 1,konsumen 2,konsumen 3,dst) pada jaring-jaring makanan.

o   Afektif
1.      Karakter
·         Jujur, siswa jujur dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
·         Teliti, siswa teliti dalam mengerjakan tugasnya.
2.      Kerampilan sosial
·         Bertanya, siswa bertanya tentang perintah yang diberikan.
·         Berkomunikasi, siswa aktif dalam melakukan Tanya jawab di kelas.

D.     Tujuan                                    : Memahami Hubungan Makan dan Dimakan antar
  Makhluk  Hidup.

E.      Alat dan Bahan          : - Gambar berbagai jenis tumbuh-tumbuhan.
-  Gambar berbagai jenis hewan.
-  Spidol/pulpen.
-  Lem/solasi/alat perekat lainnya.
-  Karton.
F.       Langkah kerja                        :
Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok . Tiap kelompok dapat terdiri atas tiga sampai lima anak . Masing-masing kelompok melakukan kegiatan berikut :
1.      Tiap kelompok mendapatkan karton dan lem.
2.      Setiap kelompok mengambil amplop yang berisi gambar berbagai tumbuhan dan hewan .
3.      kemudian buatlah rantai makanan dan jaring-jaring makanan dengan menempelkan gambar tersebut di kertas karton yang telah disiapkan tadi !
4.      Buatlah sebanyak mungkin dan berilah anak panah beserta keterangannya dengan menggunakan spidol/pulpen !
5.      Buatlah kesimpulan berdasarkan kegiatan  ini !
6.      Kelompok yang membuat  rantai makanan terpanjang yang berhak menjadi pemenang.

G.     Pertanyaan
1.      Apa yang akan terjadi jika manusia atau kejadian alam memusnahkan produsen atau konsumen pertama dari salah satu rantai makanan ?










Lampiran 4
o   Tabel Penilain Psikomotor

No
Nama kelompok/Individu
Aspek yang dinilai
Skor
Skor Maksimum
Keterangan
1
2
3
1
2.
3.
4.
dst.

Membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen, konsumen 1, konsumen 2, konsumen 3, dst) pada rantai makanan dan jaring-jaring makanan.



100


Dengan kategori
1 : Baik sekali
2 : Baik
3 : Cukup

Penilaian Terakhir :









Lampiran 5
o   Tabel Penilain Afektif
No.
Nama kelompok/individu
Karakter
Keterampilan sosial




1.
2.
3.
Dst.








Jujur
Teliti
Bertanya

Berkomunikasi

1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5






















Ket :
1.        Sangat tidak baik
2.       Tidak baik
3.       Kurang baik
4.       Baik
5.       Sangat baik













TABEL SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN
Ranah
Indikator
LP dan Butir soal
Kunci LP dan butir soal
Kognitif
Produk
Melalui penjelasan guru ;
-      Menjelaskan pengertian rantai makanan.
-      Memeberikan satu contoh rantai makanan.
-      Menjelaskan pengertian jaring-jaring makanan.
-      Memberikan contoh jaring-jaring makanan.




LP 2




LP 3

Proses
-      Melalui kerja kelompok siswa dapat menyusun  gambar rantai makanan.
-      Melalui kerja kelompok siswa dapat menyusun gambar jaring-jaring makanan.




LP 1




Psikomotor
-      Membuat garis hubung yang tepat antar makhluk hidup (produsen,konsumen 1,konsumen 2,konsumen 3,dst) pada rantai makanan dan jaring-jaring makanan.




LP 4

Afektif
Karakter
·         Jujur dan teliti.
 
LP 5

Keterampilan sosial
·         Bertanya dan berkomunikasi.

LP 5



REKOMENDASI MASKER MEDIS

REKOMENDASI MASKER MEDIS MENURUT MIMIN 😊 yang ramah dikantong 😍  1. MASKER GOTO ENVIRO Temukan Goto Enviro 50 Pcs 3ply Facemask Masker Ear...